icon
icon
article hero

Resep Kimbab Halal, Cocok untuk Makan Siang atau Camilan Nonton Drakor

AvatarName

Tiara  •  Mar 25, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Kimbab merupakan salah satu makanan Korea sederhana yang menjadi favorit banyak orang. Perpaduan nasi dengan aneka sayur dan protein yang digulung ini memang praktis, dan rasanya juga lezat. Resep kimbab pun cukup sederhana dan bisa dikreasikan sesuai selera. Di negara asalnya, kimbap biasa dijajakan di pinggir jalan alias street food. 
Kimbab juga bisa ditemukan dengan mudah di restoran Korea yang ada di Indonesia. Namun ternyata, cara membuat kimbab cukup mudah. Satu hal yang paling penting adalah menyiapkan semua bahan sebelum mulai menyusunnya. Jika kamu ingin mencicipi kimbab namun enggan keluar rumah atau membelinya dengan layanan pesan antar, resep kimbab di bawah ini bisa kamu coba.
Bahan-bahan:
1 piring nasi hangat 2 sdt minyak wijen sejumput garam 5 lembar nori (rumput laut kering) Alas bambu untuk menggulung (jika tidak ada bisa menggunakan plastik wrap)
Bahan isian:
1 buah wortel ukuran sedang, kupas dan iris korek api 2 buah telur 1 ikat bayam, siangi dan bersihkan 2 buah sosis, rebus dan iris korek api 1 buah acar lobak Korea (opsional), iris korek api 1 buah mentimun, buang bijinya dan iris korek api
Cara membuat:
Siapkan dulu bahan isian kimbab. Rebus wortel dan bayam secara terpisah, sebentar saja agar wortel tetap renyah dan bayam tetap hijau warnanya.Buat telur dadar, lalu iris tipis. Letakkan semua bahan isi di wadah terpisah. Saatnya menyusun kimbab! Bentangkan alas bambu atau plastik wrap di atas permukaan datar, lalu letakkan selembar nori di atasnya. Beri nasi yang telah dibumbui secukupnya, lalu ratakan di atas nori. Jangan lupa, beri sedikit ruang kosong di salah satu tepi agar kimbab bisa tertutup rapat. Susun isian kimbab yang telah kamu siapkan. Mulailah dari bayam, wortel, irisan telur, acar, lalu beri sosis dan irisan mentimun di atasnya. Usahakan agar kamu meletakkan isian ini rapat-rapat dan tidak terlalu lebar. Dengan demikian, isiannya akan terbungkus nasi dengan sempurna. Tekan sedikit saat menggulung kimbab agar semua isinya terpadatkan dan tidak hancur saat dipotong-potong. Jadi, deh! Supaya lebih nikmat, kamu bisa menaburkan biji wijen di atas kimbab. Siapkan juga kecap asin dan gochugaru (bubuk cabe Korea) sebagai saus celupan supaya semakin enak. Kamu pun bebas berkreasi dalam membuat kimbab. Selain menggunakan sosis, kamu pun bisa mengisinya dengan bulgogi, dakgalbi, atau bahkan tuna kalengan yang praktis. Untuk sayurannya, kamu bisa menambahkan kimchi atau bahkan alpukat untuk rasa yang berbeda. Selamat mencoba! Simak juga rekomendasi resep mudah lainnya dalam artikel berikut ini: