icon
icon
article hero

Punya Gochujang Nganggur di Kulkas? Buat Saja 5 Makanan Ini!

AvatarName

Tiara  •  Jan 28, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Siapa yang masih punya stok gochujang di rumah? 🙋🏻 Bumbu Korea halal satu ini memang jarang dijual dalam kemasan kecil. Alhasil, sisa gochujang pun sering menghuni lemari es dalam waktu lama. Namun jika disimpan dengan baik, gochujang bisa tahan lama. Sebelum gochujang kamu rusak karena tidak terpakai, kamu bisa membuat hidangan spesial dengan resep makanan Korea mudah ini. Hanya dengan tambahan gochujang, resep sederhana ini bisa menjadi masakan favorit untuk teman nonton drama Korea.
Budae jjigae
Resep makanan Korea satu ini sangat mudah dan bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Isian utamanya adalah protein seperti daging giling, sosis, ataupun tahu. Bumbunya hanya gochujang, bawang putih, kecap asin, dan kaldu ayam. Sisanya, terserah kamu! Ada yang suka menambahkan sayuran, telur, eomuk, atau bahkan mi instan. Simak resep dan cara membuat budae jjigae halal selengkapnya di halaman ini.
Teokbokki
Tteokbokki mungkin salah satu resep makanan Korea yang paling banyak dipraktekkan. Membuatnya memang mudah dan rasanya pun lezat. Jajanan Korea ini biasanya dijajakan di pinggir jalan di Korea. Meski kini sudah banyak yang menjual teokbokki dalam kemasan beku, kamu bebas berkreasi dengan membuatnya sendiri. Simak resep dan cara membuat teokbokki sederhana dalam video diatas.#HHWT Tip: Kamu pun bisa menyetok tteok siap pakai untuk diolah menjadi aneka resep tteokbokki yang tidak kalah lezat!
Bibimbap
Resep makanan Korea satu ini juga tidak kalah mudah dan bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Siapkan nasi putih dan bahan-bahan yang kamu suka. Biasanya, bibimbap berisi potongan wortel, mentimun, tumisan daging atau ayam, serta bahan lainnya. Tumis masing-masing bahan hingga matang secara terpisah. Untuk bumbunya, campurkan gochujang, bawang putih cincang, gula, cuka, kecap asin, lalu aduk rata. Letakkan nasi panas di tengah mangkuk, lalu susun sayuran dan daging di sekitarnya. Beru saus gochujang di tengah, lalu aduk rata saat disajikan. Biasanya, bibimbap disajikan di dalam pangkuk batu panas. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan rice cooker.
Kimchi bokkeumbap
Kimchi bokkeumbap alias nasi goreng kimchi adalah makanan Korea yang mengenyangkan. Bahan-bahannya pun mirip dengan nasi goreng pada umumnya, yakni nasi putih, kimchi, dan daun bawang. Bumbu-bumbu yang kamu butuhkan adalah air dari kimchi, gochujang, minyak wijen, dan biji wijen sebagai sentuhan akhir. Simak cara membuatnya dalam video di atas!
Maeun dakbal
Nah, gochujang juga bisa digunakan untuk memasak ceker ala Korea, alias maeun dakbal. Cara membuatnya kurang lebih sama dengan mengolah ceker pada umumnya, hanya saja bumbunya menggunakan gochujang. Untuk mendapatkan rasa maeun dakbal yang autentik, kamubisa mengikuti resep dan cara membuatnya dalam video di atas. Simak juga rekomendasi makanan Korea halal lainnya dalam artikel berikut ini: