icon
icon
article hero

Bikin "Meal Prep" di Rumah Lebih Mudah dengan 5 Resep Frozen Food Ini

AvatarName

Tiara  •  Jan 21, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Metode "meal prep" atau mempersiapkan makanan untuk satu minggu ke depan adalah cara cepat untuk memasak. Bukan hanya menyiapkan bahan-bahan makanannya, kamu pun bisa berkreasi dengan resep frozen food untuk menyetok makanan. Berbeda dengan yang dijual di pasaran, resep frozen food rumahan biasanya tidak mengandung bahan pengawet. Selain itu, kamu pun bisa memasukkan bahan-bahan bergizi atau kesukaan ke dalam resep frozen food yang kamu buat. Untuk memulai meal prep minggu depan, intip dulu saja beberapa resep frozen food sederhana berikut ini.
Dendeng ragi
Resep frozen food satu ini bisa memenuhi kebutuhan protein kamu. Untuk membuatnya, siapkan 500 gram daging sapi yang diiris tipis, lalu rebus hingga matang dan angkat. Panaskan air sisa rebusan daging lalu masukkan bumbu dasar putih, ketumbar, kunyit, cabai, gula merah, dan garam yang telah dihaluskan, dan masak hingga mendidih. Masukkan kembali daging, air asam jawa, dan kelapa parut, lalu masak hingga mengering dan simpan di wadah tertutup. Goreng dendeng sebelum disajikan.
Perkedel ayam
Inilah resep frozen foodpaling fleksibel dan serba guna karena kamu bisa menambahkan sayuran, keju, atau bahan apapun yang kamu suka. Cara membuatnya mudah. Masukkan fillet ayam, tepung panir, tepung terigu, tepung tapioka, telur ayam, bawang putih, kaldu bubuk,lada, dan garam ke dalamfood processor lalu lumatkan hingga halus. Setelahnya, kukus adonan hingga matang. Setelah dingin, potong-potong sesuai selera, lapisi dengan telur dan tepung panir, lalu simpan di freezer.
Dimsum siomay
Jika tidak ingin gorengan, kamu pun bisa menyetok siomay untuk meal prep. Selain dijadikan camilan, siomay juga bisa dijadikan sup! Cara membuatnya mirip dengan adonan perkedel ayam, namun tanpa tepung panir dan tepung terigu serta tambahkan putih telur. Setelah semua bahan rata, ambil sesendok adonan dan letakkan di atas kulit pangsit. Lipat-lipat tepiannya, lalu kukus hingga matang. Setelah dingin, simpan di dalam freezer  hingga saat akan digunakan.
Sambal goreng hati kentang
Jangan salah, makanan Indonesia seperti yang satu ini pun bisa disetok untuk meal prep. Siapkan bumbunya dengan menghaluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kemiri, gula, dan garam. Goreng kentang kupas dan hati ayam yang telah dipotong dadu. Tumis bumbu halus bersama lengkuas, daun salam, dan daun jeruk. Masukkan kentang dan hati ayam, kecap manis, gula, dan garam lalu koreksi rasa. Masak hingga matang dan bumbu mengering sesuai selera.
Ayam ungkep kuning
Kunci resep frozen foodini adalah bumbu ungkepnya. Bumbu dasarnya adalah bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, ketumbar, garam, dan lada. Jika suka, kamu bisa menambahkan kaldu ayam. Rebus ayam dan bumbu halusdengan air, daun salam, dan serai hingga matang. Simpan di freezer dan goreng sesuai kebutuhan. Simak juga resep mudah dan enak lainnya dalam artikel berikut ini: