icon
icon
article hero

5 Rekomendasi Jajanan Korea Halal untuk Teman Nonton Drakor, Ada Cemilan Kesukaan Vincenzo!

AvatarName

Auli Cinantya  •  Sep 16, 2021

icon

Jika kamu penggemar drama Korea Selatan, pastinya kamu sering melihat betapa asyiknya sang aktor dan aktris ketika menyantap jajanan khas negara mereka. Dari Hotteok manis yang berisi kombinasi gula merah, kayu manis, dan kacang-kacangan, sampai Tteokpokki gurih yang disantap bersama keju yang meleleh, terdengar menggiurkan bukan? Maraknya demam Korea Selatan mendorong bangkitnya UMKM lokal yang kini menawarkan pengalaman menyantap jajan korea. Jika kamu ingin mencari rekomendasi jajanan korea halal, kami telah merangkum 5 UMKM yang menawarkan sajian makanan dan jajanan korea halal yang bisa kamu santap. Beberapa ada yang menjual dalam bentuk frozen juga!

Apa Jajanan Korea Favoritmu?

Koreandaebakk

Kredit foto: @koreandaebakk Jika biasanya kamu mengenal hotteok yang disajikan manis, UMKM satu ini mempunyai kreasi Hotteok gurih yang unik! Selain mempunyai varian Hotteok dengan isi keju, salah satu kreasi lainnya ialah Hotteok Spicy Japchae dengan isian japchae (mie bening tumis) yang pedas. Sajian lain yang bisa kamu coba di tempat ini ialah Songpyeon! Songpyeon atau Sweet Korean Rice Cake ini menjadi makanan wajib orang Korea Selatan ketika merayakan perayaan besar seperti Chuseok, tahun baru, ataupun saat ulang tahun. Hadir dalam bentuk yang imut dan berbagai variasi rasa seperti Taro, dan juga Red Bean.

Cool Matjib

Kredit foto: @cool_matjib Saat kamu menonton drama Korea pastinya kamu sering melihat Pojangmacha. Tempat kecil bertenda di atas gerobak ataupun kios ini menyajikan jajan khas Korea Selatan seperti gimbap, tteokboki, dan juga odeng. Jika kamu ingin mendapatkan pengalaman bersantap layaknya di Pojangmacha, bisa mencoba sajian dari Cool Matjib! UMKM satu ini menghadirkan menu klasik layaknya di Pojangmacha seperti tteokpoki, kimbap, rapokki, dan juga maeun dakbal (ceker pedas tanpa tulang khas Korea Selatan). 

Meogja Lets Eat

Kredit foto: @meogja.lets.eat Mungkin kamu sudah sering menikmati hotteok klasik dengan isian kacang dan gula merah, tapi bagaimana dengan rasa lainnya? Meogja Lets Eat menghadirkan varian Hotteok yang berbeda dari lainnya, beberapa variannya yang unik termasuk Hotteok Melted Matcha, Hotteok Choco Lava! Toko satu ini juga menyediakan beberapa frozen food yang bisa kamu santap di rumah seperti eomuk (fish cake yang biasa disajikan pada tteokpokki ataupun sup), gimmari (japchae yang dibalut nori dan digoreng tepung), dan juga gochu twigim (cabai isi yang digoreng tepung)

Oma Kimchi

Kredit foto: @omakimchi Jika kamu menginginkan jajanan khas Korea Selatan yang lebih autentik, kamu bisa mendapatkannya di Oma Kimchi. Dibuat oleh orang Korea asli dengan resep turun temurun, tak hanya ragam kichi segar, tapi kamu juga bisa mencicipi kimbap, tteokpoki dengan isian keju, odeng, dan juga mandu. Toko ini juga bisa mengirim ke seluruh Indonesia loh! 

Cravemuch.jkt

Kredit foto: @cravemuch.jkt Pernah liat kue berbentuk ikan mas satu ini kan? Bungeoppang, kue imut berbentuk ikan ini  merupakan camilan kesukaan Vincenzo Cassano dan Hong Cha-young loh! Kue empuk yang menyerupai pancake ini biasa diisi dengan pasta kacang merah, dan kamu bisa dengan mudah menemukannya ketika berada di Korea Selatan. Jika kamu di Jakarta Cravemuch.jkt menghadirkan Bungeoppang empuk yang dibuat tanpa bahan pengawet. Untuk sekarang Cravemuch.jkt melakukan sistem pre order dan kamu bisa membelinya melalui akun Instagram resmi mereka. Ingin mencoba makanan Korea Selatan lainnya? Baca artikel di bawah ini untuk inspirasi!