icon
icon
article hero

Mengenal 4 Pulau Wakatobi, Destinasi Bali Baru Indonesia

AvatarName

Tiara  •  Aug 12, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan.  Beberapa waktu belakangan, nama Wakatobi tengah naik daun sebagai salah satu destinasi Bali baru Kemenpar. Selama ini Wakatobi memang telah menjadi salah satu destinasi wisata bahari unggulan di Indonesia, namun keunikannya lebih dari itu. Nama Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari 4 gugusan pulau yang ada di Kabupaten Wakatobi, yakni Pulau Wangi-wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko. Lokasinya berada di Provinsi Sulawesi Tenggara dan dapat dijangkau dengan 30 menit penerbangan dari Bandara Haluoleo Kendari menuju Bandara Matahora di Pulau Wangi-wangi. Tiketnya sendiri berkisar di harga Rp 500 ribuan.
Pulau Wangi-wangi
Pulau di Wakatobi ini juga dikenal dengan nama Pulau Wanci oleh warga setempat. Meski Wakatobi dikenal dengan wisata baharinya, di pulau ini kamu bisa menemukan keindahan alam lain berupa goa karang yang berisi air. Goa ini kini berfungsi sebagai pemandian umum sekaligis objek wisata di Pulau Wangi-wangi. Meski namanya pemandian umum, Goa kontamale jauh dari kesan kumuh. Sebaliknya, suasana di sini begitu asri dengan air yang bening berwarna kebiruan.
Pulau Kaledupa
 Berada di selatan Pulau Wangi-wangi, Pulau Kaledupa menyajikankeindahan alam di pantai dan hutan mangrovenya. Pantai Hoga, Pantai Sombano, dan Pantai Peropa adalah pantai dengan pasir putih yang bisa kamu kunjungi di pulau ini. Selain menikmati keindahan alamnya, jangan lupa untuk mampir dan menyapa masyarakat lokal suku Bajo di pulau ini, slah satunya di Pemukiman Tradisional Sampela. Konon, Suku Bajo adlah pengembara laut tertua yang ada di Wakatobi. Jadi, tidak heran jika rumah suku Bajo berada di atas laut. Di beberapa desa Bajo lainnya, kamu pun bisa melihat pembuatan kain tenun khas Wakatobi. 
Pulau Tomia
Pulau Tomia dikenal sebagai surga bawah laut di Wakatobi. Pulau ini adalah sebuah gugusan karang yang muncul ke permukaan dan menjelma penjadi sebuah pulau dengan vegetasi alami. Lokasinya pun berada di kawasan segitiga terumbu karang dunia, sehingga kehidupan bawah lautnya begitu sehat dengan perairan yang jernih. Tapi, pesona di daratan Tomia pun tidak kalah menarik. Salah satunya di Puncak Kahyangan, sebuah bukit dengan padang rumput yang ideal untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.
Pulau Binongko
 Pulau di Wakatobi ini adalah yang paling tenang karena berada di ujung selatan Pulau Wangi-wangi. Sisi positifnya, keindahan alam di pulau ini sungguh masih terjaga karena sebagian masyarakatnya masih tradisional. Pulau ini juga dikenal dengan keahlian pandai besinya yang membuat gugusan Wakatobi juga dikenal sebagai Kepulauan Tukang Besi. Di pulau ini pun terdapat 14 titik menyelam yang bisa kamu eksplor. Meski butuh 5-6 jam perjalanan laut dan belum ada hotel di pulau ini, perjalanan ke Pulau Binongko patut kamu coba saat berkunjung ke Wakatobi. Penetapan 10 Bali baru oleh Kemenpar ini bisa menjadi sebuah arena baru untuk kamu yang ingin mengeksplor keindahan Nusantara. entah itu wisata gunung, laut, ataupun budaya lokal, selalu ada hal yang menarik dari Indonesia raya. Simak juga rekomendasi wisata domestik lainnya dalam artikel berikut ini: