icon
icon
article hero

Mengenal Pulau Saipan, Pulau Dewata Barunya Warga Australia

AvatarName

Tiara •  Aug 10, 2021

icon

Pulau Saipan dimana?

Pulau Saipan adalah pulau terbesar dan ibukota Kepulauan Mariana Utara yang berada di Samudera Pasifik. Pulau Saipan termasuk dalam wilayah persemakmuran Amerika Serikat. Pulau seluas 19 kilometer persegi ini secara geografis berbatasan dengan Indonesia dan Guam. Dengan keindahan alam dan aksesnya yang lebih mudah, Pulau Saipan disebut-sebut sebagai destinasi pengganti Bali bagi warga Australia. Hal ini disebabkan oleh masih ditutupnya perbatasan internasional Indonesia.
Kredit: @maimilang Pulau Saipan telah mencapai herd immunity berkat program vaksinasi besar-besaran. Kini, Pulau Saipan pun hendak membuka kembali pariwisata dan menargetkan wisatawan Australia. Warga Australia memang sudah sangat haus liburan. Namun sayangnya, Bali yang dulu menjadi tujuan utama kini belum juga menunjukkan tanda-tanda bakal dibuka kembali. Sementara itu, menurut sumber ini otoritas kesehatan Australia pun tidak berencana mengizinkan perjalanan ke Bali dalam waktu dekat. Sedangkan jarak menuju Saipan kurang lebih sama jarak Brisbane ke Bali.
Kredit: @gyun_s Saipan juga memiliki fasilitas wisata yang mirip dengan Bali. Kualitas hotel, resor, dan tempat wisatanya mirip dengan Bali. Bahkan, wisatawan Australia pun bisa berkomunikasi di Pulau Saipan dengan lebih lancar karena penduduk Saipan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Soal harga pun tidak berbeda jauh dengan Bali, hanya saja Pulau Saipan menggunakan dollar AS sebagai mata uang resminya.
Kredit: @k._y_.j Pulau Saipan sendiri memang mengandalkan sektor pariwisata sebagai penghasilan utamanya. Saipan merupakan salah satu saksi peristiwa Perang Dunia II dan Perang Asia Timur Raya. Bahkan, Pulau Saipan pernah menjadi pangkalan militer Jepang selama Perang Dunia II. Karenanya, tidak heran jika terdapat beberapa peninggalan sejarah yang menjelma menjadi tempat wisata di Pulau Saipan.
Kredit: @jpoon7 Salah satunya adalah Old Japanese Lighthouse. Bangunan bersejarah ini berada di pesisir barat. Dulunya, mercusuar ini dibuat oleh Jepang untuk membantu kapal yang akan bersandar di Pulau Saipan. Kini, mercusuar ini menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Pulau Saipan
Kredit: @meisbaldo Tempat wisata sejarah di Saipan ini merupakan peninggalan suku Chamorro. Suku Chamorro adalah leluhur masyarakat penduduk Kepualauan Mariana Utara. Di sini, wisatawan bisa melihat berbagai lukisan peninggalan prosesi pemakaman dari ribuan tahun yang laly. Uniknya, tempat ini digunakan sebagai rumah sakit darurat dan tempat persembunyian tentara Jepang. Konon, dulu juga ditemukan kerangka para tentara Jepang di tempat ini.
Kredit: @mizuki_k215 Spot lain yang juga populer di Pulau Saipan adalah Last Command Post Park yang merupakan pusat pertahanan Jepang di Pulau Saipan. Di sini, kamu masih bisa melihat berbagai artileri dan tank yang digunakan tentara Jepang. Meski sudah tidak bisa digunakan lagi, artileri ini menjadi saksi Perang Dunia II dan digunakan oleh para tentara Jepang untuk mempertahankan wilayah ini
Kredit: @i.love.saipan Pulau Saipan bisa dibilang telah berhasil melewati pandemi dan hidup dengan kenormalan baru. Apakah kamu tertarik berlibur ke sini setelah pandemi nanti? Simak juga destinasi unik di dunia lainnya dalam artikel berikut ini:

6 Prediksi Tren Traveling yang Bakal Muncul Usai Pandemi Nanti

Olimpiade Selesai, Venue Penyelenggaraan Tetap Bisa Dikunjungi Ngga Ya?

Ini 6 Lokasi di Dunia yang Mengabadikan Nama Pahlawan Indonesia

7 Negara yang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Tes dan Tanpa Karantina