icon
icon
article hero

Prediksi Puasa Ramadan 2021 dan 9 Tips untuk Mempersiapkan Diri

AvatarName

Tiara  •  Feb 18, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Berdasarkan kalender Islam 1442 Hijriyah, bulan Ramadan 2021 akan jatuh pada tanggal 13 April 2021 mendatang. Salah satu organisasi keagamaan, yakni Muhammadiyah, pun telah mengumumkan hal tersebut. Sayangnya, Ramadan 2021 pun masih harus kita jalani di bawah bayang-bayang pandemi. Meskipun demikian, bukan berarti hal itu mengurangi semangat kita untuk menyambut bulan penuh ampunan. Agar puasa bulan Ramadan 2021 ini semakin berkah dan lancar, berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri.
Persiapan spiritual
Bertaubat dan berdoa
Mari buka lembaran baru di Ramadan 2021. Bertaubat bukan hanya dilakukan karena dosa besar, namun dilakukan sesering mungkin. Bertaubat bisa dimulai dengan langkah sederhana, seperti shalat taubat, memperbanyak istigfar, dan berdoa untuk memohon ampunan. Semakin dekat dengan bulan Ramadan, maka akan semakin baik jika kita bertaubat dan banyak berdoa.
Memperbaiki kualitas ibadah
Ketika Ramadan tiba, kita langsung bersemangat untuk mengerjakan ibadah sunnah. Terkadang, kita lupa bahwa kita pun perlu memperbaiki ibadah wajib yang kita lakukan sehari-hari. Salah satu yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan shalat di awal waktu. Jangan lagi menunda-nunda shalat, membaca surat yang lebih panjang, atau sekedar meningkatkan kekhusyukan saat shalat bisa menjadi langkah yang baik untuk meningkatkan kualitas ibadah.
Memperbanyak ibadah
Sambil memperbaiki kualitas ibadah, jangan lupa untuk jugamenambah kuantitasnya. Selain ibadah wajib, kita pun bisa mulai mengerjakan sunnah dari sekarang. Mulailah dengan lebih banyak membaca Al Quran, berzikir, dan menjalankan shalat sunnah dua rakaat sebelum atau sesudah shalat wajib. Masa pandemi seperti ini pun waktu yang tepat untuk memperbanyak sedekah.
Persiapan fisik
Membiasakan diri berpuasa
Kita pun bisa membayar puasa atau menjalankan puasa sunnah dari sekarang untuk membiasakan diri berpuasa di Ramadan 2021 nanti. Dengan demikian, tubuh kita tidak terlalu kaget ketika harus berpuasa selama 30 hari berturut-turut.
Makan sehat dan secukupnya
Pola makan kita akan berubah di bulan Ramadan nanti dan setiap orang pun memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Namun satu hal yang pasti, kebiasaan makan sehat dan secukupnya baik dilakukan dari sekarang. Dengan demikian, kebiasaan ini akan terbawa hingga Ramadan 2021 dan kita bisa menghadapi perubahan jam makan ini dengan lebih baik.
Perbaiki pola tidur
Saat puasa Ramadan nanti, kita harus bangun dini hari untuk sahur. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi kamu yang terbiasa begadang. Kita masih punya waktu sekitar dua bulan untuk memperbaiki pola tidur. Jika kini kamu terbiasa tidur sekitar jam 12 malam, pelan-pelan cobalah untuk memajukan jam tidur satu atau dua jam lebih cepat. Dengan demikian, kamu akan terbiasa tidur lebih cepat ketika bulan Ramadan 2021 tiba nanti dan bisa bangun sahur lebih mudah.
Periksa ke dokter jika kamu punya kondisi medis tertentu
Meski puasa Ramadan wajib dilakukan, lain cerita jika kamu punya kondisi medis tertentu. Jangan lupa konsultasikan dulu dengan dokter apakah kamu boleh berpuasa. Atau, mintalah rekomendasi agar kamu bisa berpuasa dengan aman.
Persiapan mental
Luruskan niat dan tujuan
Meski berpuasa memang bisa menurunkan berat badan, ingatlah bahwa esensi utama dari puasa Ramadan adalah beribadah. Tidak ada salahnya juga jika kamu memasang target tertentu secara fisik, namun jangan lupa untuk memasang target spiritual di bulan penuh berkah ini. Mulailah dengan target yang sederhana dan bisa kamu capai, seperti target sehari membaca satu lembar Al Quran, menambah hafalan surat pendek, ataupun tarawih setiap hari.
Atur jadwal kerja dan kegiatan
Jadwal aktivitas yang sama bisa terasa berbeda ketika dijalani sambil berpuasa di bulan Ramadan. Karenanya, pastikan kamu mengatur jadwal dan kegiatan dengan baik. Jika ada pekerjaan besar yang harus kamu lakukan di bulan Ramadan, pastikan kamu membaginya ke dalam beberapa hari agar bisa terlaksana. Jangan sampai kegiatan yang padat justru mengalihkan kamu dari esensi Ramadan yang sesungguhnya, yakni mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga puasa Ramadan 2021 bisa dijalani dengan lancar dan memberikan keberkahan bagi kita semua!