icon
icon
article hero

Bangga! Produk Kreatif Indonesia Dijual di Toko Merci Paris

AvatarName

Tiara  •  Jul 28, 2021

icon

Apa saja produk Indonesia yang mendunia?

Ada begitu banyak produk Indonesia yang mendunia, semua berkat kerja keras para pengrajin dan dukungan dari pihak lainnya. Kabar baik soal produk Indonesia yang mendunia datang dari Paris, Perancis. Sejumlah produk kreatif Indonesia dipromosikan di toko konsep Merci yang berada di kota Paris! Baca juga: Nabung dari Sekarang, 10 Merek ini Lebih Murah Kalau Kamu Beli di Jepang Promosi bertajuk Merci Beyond Bali ini dilakukan dalam rangka menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-76.  Pameran ini berlangsung selama 30 hari, mulai tanggal 21 Juli 2021 lalu.
Kredit: KBRI Paris “Indonesia tidak hanya kaya akan keanekaragaman hayati namun juga dipenuhi dengan bakat dan talenta yang modern dan inovatif dalam berkreasi,” demikian disampaikan Duta Besar RI Paris, Arrmanatha Nasir pada acara pembukaan Merci Beyond Bali, 23 Juli 2021.

Rindu liburan ke Indonesia

Tidak hanya bertujuan untuk memperomosikan produk kreatif Indonesia, Merci Beyond Bali juga menjadi obat kangen bagi warga Perancis yang rindu berkunjung ke Indonesia. Sebelum pandemi melanda, kunjungan wisatawan Perancis ke Indonesia mencapai hingga 285.000 orang.
Kredit: KBRI Paris “Merci Beyond Bali hadir mengobati rindu masyarakat Prancis yang tidak dapat berlibur menikmati keindahan budaya Indonesia dan hijaunya pemandangan di Zamrud Khatulistiwa, akibat pandemi COVID-19,” sebut Dubes RI. Hadirnya pameran produk Indonesia yang mendunia ini pun menjadi bukti ketangguhan masyarakat Indonesia yang terus berkarya meski dirundung pandemi. Baca juga: 7 Daerah Penghasil Oleh-oleh Jogja, Bisa Dapat Harga Lebih Murah!

Produk pilihan

Kredit: KBRI Paris Sebanyak 28 jenama asal Indonesia mengikuti perhelatan ini. Mulai dari produk fashion, busana, aksesoris dan pernak pernik, tas dan dompet, sampai dengan perabotan dan peralatan makan, semua bertuliskan “Made in Indonesia”. Uniknya, produk-produk jenama ini ditata dalam bentuk saung-saung yang dipasang di lobby toko Merci. Tidak tanggung-tanggung, dekorasinya pun menyerupai sawah berundak-undak dan pepohonan yang rimbun. Semua produk ini pun dikurasi dan dibeli oleh toko Merci dari Indonesia. Beberapa produk bahakn luder terjual di hari pertama. “CEO Merci menyampaikan kepada saya bahwa akan melakukan re-order untuk beberapa produk karena sudah sold out,” ungkap Armanatha. Untuk memperingati 76 tahun kemerdekaan Indonesia, toko Merci akan menjual kaos dengan desain eksklusif dan terbatas pada tanggal 17 Agustus 2021. “Walaupun design kaos masih di rahasiakan, CEO Merci memberi bocoran design yang dibuat diharapkan dapat memberi semangat untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” tambah Armanatha. Baca juga: Inilah 16 Merek yang Lebih Murah Jika Kamu Beli Di Paris

Pameran berlangsung meriah

 Acara pembukaan Merci Beyond Bali  dihadiri mitra KBRI Paris dari kalangan pengusaha, desainer, budayawan, media Prancis dan Indonesia, serta kalangan pemerintah dan parlemen Perancis. Acara dibuka dengan penampilan Tari Bali dan Tari Burung Enggang Kalimantan, serta sajian kuliner khas Indonesia. Acara pun dilaksanakan dengan  protokol kesehatan. Sebelum memasuki toko, para tamu harus menunjukkan bukti vaksinasi lengkap (Health Pass) sesuai dengan kebijakan otoritas setempat. 

Kolaborasi kreatif

Kredit: KBRI Paris KBRI Perancis terus mendorong produk Indonesia yang mendunia dengan melakukan kolaborasi bersama toko, desainer, restoran, hingga fashion house. Dalam satu tahun terakhir, KBRI Paris telah berkolaborasi  dengan Merci, Christian Dior, My Little Warung, dan Ithemba untuk mempromosikan berbagai produk Indonesia. Kerja sama ini memungkinan mitra di Prancis untuk melakukan kurasi dan secara langsung membeli dan mengurus semua proses impor dari Indonesia. Baca juga: Belanja Sambil Beramal dengan Membeli 5 Brand Lokal Ini