icon
icon
article hero

Nikmatnya Sarapan Pho Halal di Ho Chi Minh, Vietnam

AvatarName

Nova Pohan  •  Jul 01, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Siapa yang tidak kenal dengan Pho, makanan khas Vietnam yang terdiri dari mie, daging, kuah yang ringan namun sangat gurih juga rempah dan dedaunan yang sangat khas harumnya. Pho dapat ditemukan di berbagai tempat di Vietnam, mulai dari penjaja makanan di pinggir jalan sampai restaurant di dalam pusat perbelanjaan. Tidaklah lengkap perjalanan ke Vietnam sebelum menyantap mie berkuah yang satu ini. Bagi orang lokal, Pho sudah menjadi makanan pokok sehari-hari, sama seperti nasi di Indonesia. Jadi, jangan heran kalau banyak kedai Pho yang sudah buka di pagi hari dan sudah penuh oleh penduduk lokal yang menyantap makanan pertama mereka di hari itu. P.S. Jika kamu ingin wisata kuliner #DiIndonesiaAja, beberapa info ini akan berguna :)
Kredit: Nova PohanSalah satu kedai Pho yang layak dikunjungi jika sedang berkunjung ke Vietnam khususnya ke Saigon (Ho Chi Minh) adalah Pho Muslim! Mungkin tidak sepopuler kedai-kedai makanan halal lainnya di Ho Chi Minh, namun sayang rasanya kalau dilewatkan. Mengapa? Karenadi tempat ini kita dapat merasakan suasananon-touristy atau layaknya sebagai orang lokal di Vietnam. Kedai sederhana ini terletak di sebuah gang kecil yang berdekatan dengan Nancy Mosque. Untuk mencapai tempat ini, kamu dapat menggunakan taxi atau layanan ojek online yaitu Grab Bike! Saya sendiri memilih menggunakan Grab Bike karena ingin merasakan sensasi naik motor di Ho Chi Minh. Lokasi kedai ini berdampingan dengan rumah-rumah penduduk lainnya, jadi pastikan sambil melihat kiri-kanan ya karena tidak ada plang bertuliskan nama kedainya.
Kredit: Nova Pohan Makanan yang saya pesan di sini adalah Bun Bo. Makanan khas Vietnam yang serupa tapi tak sama dengan Pho. Bedanya apa? Bun Bo dan Pho sama-sama menggunakan rice noodle,namun Pho menggunakan mie yang pipih dan Bun Bo menggunakan bihun. Selain itu, irisan daging di Bun Bo ada 2, satu irisan daging biasa dan satu lagi bentuknya lebih mirip dengan bakso gepeng di Indonesia. Perbedaan lainnya yang terlihat adalah pada kuah Bun Bo diberikan irisan cabai kering dan minyak cabai yang menjadi pembeda utama dengan Pho yang umumnya tidak menggunakan cabai. Umumnya, kaldu Bun Bo terbuat dari campuran tulang babi dan sapi, nah untuk traveler muslim tentunya bisa mencicipi Bun Bo di kedai Pho Muslim karena mereka menggunakan bahanhalal untuk meracik mie ini. Bagaimana rasanya? Umami tentunya!
Kredit: Nova Pohan Sensasi makan mie hangat di pagi yang cerah kala itu membuat memori tersendiri dalam perjalanan ke Vietnam. Ditemani dengan suara-suara penduduk lokal yang saling menyapa, mengobrol sambil menyeruput mie membuat sarapan pagi itu terasa lebih spesial. Rasanya jadi ingin kembali ke masa itu. Semoga pandemi ini cepat selesai dan kita bisa segera menjelajah bagian-bagian tersembunyi di sebuah kota dan menjadikannya memori spesial di hati :)
Pemilik Pho Muslim. Kredit: Nova Pohan Pho Muslim Alamat: TK25/18 Đ. Trần Hưng Đạo, Cầu Kho, Quận 1, Thành phố Hồ Chí Minh, Vietnam Jam buka: Setiap hari pukul: 6–11.30AM, 4–9PM

Yuk, bergabung dengan Tribes by HHWT!

Pandemi Covid-19 membuat kita tidak bisa bepergian, karena itulah kami meluncurkan Tribes. Tribes adalah sebuah platform di mana kamu berbagi foto, video, dan artikel tentang travel, kuliner, dan topik lainnya. Dengan bergabung dan mengirimkan konten, kamu berkesempatan mendapatkan hadiah voucher setiap bulannya, datang ke undangan media, berkolaborasi dengan brand, hingga jalan-jalan ke luar negeri. Caranya gampang banget, langsung saja upload tulisan, foto, atau video kamu ke halaman berikut ini: Travel: http://bit.ly/HHWTribesIDFoodStory Kuliner: http://bit.ly/HHWTTribesIDTravelStory