icon
article-hero

Peta MRT Map Singapore dan 9 Tips Penting untuk Commuting di Singapura

avatar-name

Tiara Ismail •  Sep 17, 2022


Peta MRT Map Singapore adalah satu hal yang bakal mempermudah liburan kamu di Singapura. Mass Rapid Transit atau MRT adalah moda transportasi yang paling banyak digunakan, baik oleh warga lokal maupun wisatawan.

Nyaman, cepat, dan luas jangkauannya, rute MRT Singapore membuat perjalanan kamu selama di Singapura semakin lancar. Karenanya, kamu wajib tahu peta MRT Map Singapore dan mengikuti tips berikut ini!

Peta MRT Map Singapore

1. Membaca peta MRT Map Singapore

peta MRT map Singapore rute

Kredit: SMRT

Peta MRT Map Singapore memang cukup mudah dipahami, namun persiapan yang baik akan membuat perjalanan kamu lebih lancar. Kamu bisa melihat agenda perjalanan dari SMRT dan memasukkan lokasi asal, stasiun tujuan, serta destinasi kamu untuk mendapatkan rekomendasi rute terbaik.

Kamu juga bisa mengecek ongkos perjalanan, jadi kamu bisa mengisi ulang kartu MRT kamu sesuai kebutuhan.

2. Beli Singapore Tourist Pass (STP)

peta mrt map singapore STP

Kredit: @singaporetouristpass

Kalau kamu masih bingung membeli tiket MRT yang mana, beli saja Singapore Tourist Pass (STP). Tiket EZ-Link khusus ini sudah berisi saldo yang bisa kamu gunakan untuk naik MRT sepuasnya. Ada 3 pilihan masa berlaku STP, yaitu 1 hari (SGD 10), 2 hari (SGD 16), dan 3 hari (SGD 20).

Dengan STP, kamu bebas menjelajahi rute di peta MRT Map Singapore tanpa khawatir kehabisan saldo atau lupa mengambil sisa saldo di kartu saat perjalanan selesai.

Saat ini, STP belum bisa dibeli secara online. Namun, kamu bisa membeli STP di stasiun beberapa MRT. Salah satu tempat untuk membelinya adalah di MRT Changi Airport yang berada di Terminal 2 bandara mulai jam 8.00-21.00.

Psst.. Selagi masih di bandara, kamu bisa makan dulu di restoran halal di Changi Airport!

#HHWT Tip: Unduh peta MRT Map Singapore beresolusi tinggi dan tandai sebagai Favorit di galeri handphone kamu supaya mudah diakses saat dibutuhkan.

3. Perhatikan sisi lain gerbong

peta mrt map singapore

Kredit: MRT Singapore Service Information

Saat di dalam kereta, agak sulit untuk mengetahui pintu mana yang akan terbuka di stasiun tujuan. Hasilnya, kadang ada penumpang yang terdesak dan terdorong di jam sibuk untuk menuju pintu yang terbuka.

Untuk menghindari hal ini, perhatikan lampu oranye yang berada di panel bagian atas pintu gerbong. Jika lampunya menyala, artinya pintu itulah yang akan terbuka di stasiun selanjutnya. Satu hal yang paling penting, tetaplah berhati-hati saat melakukan perjalanan di jalur MRT Singapore.

4. Jangan khawatir soal baterai handphone

peta MRT map Singapore - charging point

Kredit: SMRT di Facebook

Baterai handphone adalah hal yang sangat krusial bagi wisatawan, terutama untuk mengakses Google Maps, navigasi, dan tentu media sosial. Akibatnya, baterai seringkali habis di perjalanan.

Namun, kamu tidak perlu khawatir jika baterai habis di rute yang berada di peta MRT Map Singapore karena stasiun MRT punya stasiun pengisi daya gratis.  Cukup cek stasiun mana saja yang punya charging station atau tanya langsung ke staff di stasiun MRT.

5. Stasiun MRT besar terhubung dengan mall

peta MRT map singapore - mall dekat MRT singapore

Kredit: Capitaland

Selain nyaman, satu hal yang membuat MRT menjadi favorit adalah karena beberapa stasiunnya terhubung dengan mall. Petunjuk untuk menuju mall bisa kamu temukan di gerbang keluar stasiun.

Tidak semua jalur di peta MRT Map Singapore terhubung langsung dengan mall. Namun, sebagian besar punya jalur kereta atau rute bus yang dapat mengantarkan kamu ke mall terdekat.

Contohnya, stasiun MRT Orchard terhubung dengan Wisma Atria dan stasiun MRT Somerset terhubung dengan pusat perbelanjaan [email protected]!

Jangan lupa kulineran! Cicipi restoran halal di Orchard pilihan HHWT untuk mengisi tenaga usai belanja.

6. Halte bus terintegrasi dengan stasiun MRT

peta mrt map singapore - halte bbus

Kredit: Zaqy Mohammad

Tak perlu khawatir jika kamu harus melanjutkan perjalanan dengan naik bus karena hampir di semua rute di peta MRT Map Singapore ada halte bus yang dekat. Lebih baik lagi, biasanya ada halte bus yang menempel dengan stasiun MRT.

Perlu diperhatikan bahwa halte bus di kawasan stasiun MRT biasanya lebih ramai oleh penumpang yang transit. Namun dengan sedikit kesabaran dan kehati-hatian, perjalanan kamu akan tetap lancar.

7. Tipa naik jalur Downtown dan Circle Line

peta MRT singapore

Kredit: @jia_xiu_baa

Cuaca Singapura kadang tak bisa diprediksi, tapi biasanya cukup panas dan lembab. Namun jangan khawatir, perjalanan kamu di jalur MRT Singapore bakal tetap nyaman karena keretanya full AC, terutama di jalur Downtown dan Circle Line.

Selain itu, MRT Singapura juga punya reputasi cepat dan tepat waktu, jadi kamu bisa commuting dengan nyaman.

8. Bayar ongkos MRT lebih murah

peta MRT map singapore

Kredit: @beautifullyjasime

Kalau kamu menggunakan kartu MRT yang dapat diisi ulang, maka semakin jauh kamu commuting, ongkos kamu bisa semakin murah!

Warga Singapura tahu betul rasanya membayar lebih dari SGD 1 hanya untuk transit ke satu stasiun. Misalnya saja rute MRT Singapore dari MRT Tampines ke MRT Pasir Ris yang hanya satu stasiun tapi ongkosnya SGD 1.09 sementara dari MRT Pasir Ris ke MRT Bugis yang 12 stasiun hanya SGD 1.64!

Jadi, jangan ragu untuk pergi ke tempat yang jauh dari tempat menginap kamu karena ongkosnya justru lebih ekonomis.

9. Ongkos lebih murah di pagi hari

peta MRT map singapore

Kredit: @j_kim_art

Semakin pagi kamu berangkat, maka semakin murah ongkosnya! Ongkos di sepanjang jalur peta MRT Map Singapore sebelum pukul 7.45 pagi di hari kerja bisa lebih murah hingga SGD 0.50. Selain menghemat ongkos, kamu pun bisa lebih cepat tiba di tempat yang ingin kamu kunjungi.

Bernagkat pagi-pagi dan nikmati udara segar di jalur hiking favorit warga lokal Singapura!

Commuting dengan mengitkuti peta MRT Map Singapore adalah salah satu cara terbaik untuk keliling negara ini. MRT menghubungkan berbagai tempat wisata dengan mall, pusat keramaian, hingga tempat belanja. Dengan MRT, kamu bisa jalan-jalan dengan cepat dan hemat!

Simak juga panduan wisata Singapura lainnya dalam artikel berikut ini: