icon
icon
article hero

Mengingat Kembali Perjalanan ke Pakistan, Negeri Seribu Cahaya

AvatarName

Anida Yuniati  •  Jul 22, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Pakistan, biasa disebut sebagai Negeri Seribu Cahaya, bukanlah negara tujuan mainstream bagi turis Indonesia. Namun, negara yang berlokasi di Asia Tengah ini menyuguhkan ragam wisata yang tak ada duanya. Apalagi, Asia Tengah adalah salah satu wilayah yang terlebih dahulu memulai peradaban dunia. Berikut beberapa foto perjalanan ke Pakistan yang saya lakukan dengan semi-backpacking. Foto-foto ini diambil di wilayah Hunza, Provinsi Gilgit-Baltistan, Pakistan Utara. Rasanya tidak sabar ingin kembali lagi, dan kembali menjelajah dunia usai pandemi COVID-19 nanti :)
pakistan
Kredit: Anida Yuniati Kondisi jalan menuju Hunza yang juga disebut Korakoram Highway. Jalan ini dijuluki killer road karena hanya terdapat satu jalan untuk dua jalur, dengan jurang di kedua sisinya. Pada beberapa lokasi, mobil atau bus yang melintas harus bergantian terutama ketika ada longsor dari sisi pegunungan. Kamu bisa menemukan banyak video tentang ekstremnya jalur ini di Youtube! :)
pakistan
Kredit: Anida Yuniati View pegunungan sekitar Korakoram Highway Hotel , Karimabad, Hunza. Saya berkunjung ke sini pada Maret 2020, di penghujung musim dingin. Namun, suhu udara masih dingin dan menggigit kulit.
pakistan
Kredit: Anida Yuniati Panorama dari Altit Fort, salah satu benteng yang sempat dikunjung di wilayah Hunza.
pakistan
Kredit: Anida Yuniati Foto bersama lokal tur yang didominasi WN Pakistan. Hanya saya dan seorang teman yang merupakan WNA, alias turis dari Indonesia.