icon
icon
article hero

5 Tempat di Singapura untuk Melihat Patung Merlion

AvatarName

Jean Tora Thosan •  Sep 17, 2022

icon

Selain tempat wisata di Singapura seperti Marina Bay Sands, Gardens by the Bay dan Universal Studios, salah satu ikon Singapura yang banyak dikenal dan dicintai oleh wisatawan adalah patung Merlion! Merlion adalah makhluk mitos dengan kepala singa dan tubuh ikan. Merlion bukan hanya menjadi maskot resmi Singapura, tetapi juga telah memikat hati banyak wisatawan dari seluruh dunia. P.S. Akan berkunjung ke Singapura? Simak itinerary ramah Muslim 3 hari 2 malam ala HHWT!

Patung Merlion Singapura

Sejarah patung Merlion Singapura

tempat wisata di singapura patung merlion
Kredit: Joshua Ang di Unsplash Bagi yang belum tahu, patung Merlion telah ada sejak abad ke-14 ketika Sang Nila Utama, seorang pangeran dari Sriwijaya, dilaporkan melihat seekor singa dan menamai pulau itu, "Singapura" yang berarti Kota Singa dalam bahasa Sansekerta. Namun, baru pada tahun 1964 patung Merlion secara resmi menjadi ikon bagi Singapore Tourism Board (STB). Hingga saat ini, Merlion telah menjadi bagian penting dari budaya dan identitas Singapura!

Patung Merlion dimana?

Icon wisata Singapura ini bisa kamu temukan di sejumlah titik, yakni sebagai berikut:

1. Merlion Park

Jika kamu berada di sekitar kawasan Marina Bay, tidak mungkin untuk tidak menemukan patung ini di Merlion Park. Ini adalah patung Merlion pertama yang dibangun pada tahun 1972. Kebanyakan orang mengingat patung ini dengan gambaran air yang keluar dari mulut patung dan mengalir ke Marina Bay. Alamat: 1 Fullerton Rd, Singapura 049213 (di depan The Fullerton Hotel dan Esplanade Bridge) Petunjuk arah: Untuk menuju Merlion Park dari Changi Airport, kamu bisa naik MRT dari Changi Airport dan turun di stasiun MRT Fort Canning. Dari sana, naik bus NR8 dari halte Bef Fort Canning Stn dan turun di halte Bef Tomlinson Rd, Orchard Blvd. #HHWT Tip: Jangan lupa cicipi makanan halal di sekitar Marina Bay!

2. Mount Faber

Patung Merlion di Mount Faber menghadap ke pelabuhan Singapura dengan pemandangan yang tidak kalah menakjubkan. Patung Merlion setinggi 3 meter ini terletak di titik tertinggi Gunung Faber (94 meter). Di sini tidak ada air yang keluar dari mulut Merlion, namun kamu dapat menikmati udara segar dan mendapatkan pemandangan kota yang indah di saat yang bersamaan. Alamat: 101 Mount Faber Loop, Singapura 099201 Petunjuk: Dari Changi Airport, kamu bisa naik MRT dan turun di stasiun MRT HarbourFront. Setelahnya, naik bus 131 atau 145 dari halte Vivocity (stasiun HarbourFront) dan turun di "Aft Telok Blangah Hts". Dari sana, berjalanlah menaiki tangga ke Gunung Faber dan ikuti petunjuk ke Faber Point.

3. Tourism Court, Kantor Pusat STB

Jika kamu  berada di area Orchard, kamu juga bisa sekalian mampir untuk melihat patung Merlion setinggi 3 meter yang terletak di Tourism Court di Kantor Pusat STB. Bosisinya berada di dekat titik penurunan taksi di kantor pusat. Fun fact: Patung Merlion ini buatan Filipina, lho! Alamat: 1 Orchard Spring Ln, Singapura 247729 Petunjuk: Dari stasiun MRT Orchard (halte bus Orchard Boulevard), naik bus 7, 106, 111, 123, atau 174, dan turun di halte bus Grange Residences. Seberangi jalan, berjalanlah melewati Cuscaden Rd hingga kamu tiba di kantor pusat STB. #HHWT Tip: Simak tips hemat jalan-jalan di Singapura sebelum berangkat!

4. Ang Mo Kio

Bagi kamu yang ingin sedikit jalan-jalan keluar jalur, mengapa tidak berburu Merlion di kawasan permukiman Singapura? Bukan hanya satu, ada dua patung Merlion yang terletak di kawasan pemukiman Ang Mo Kio. Sepasang patung Merlion ini terletak di pintu masuk tempat parkir blok 216-222 yang terlihat seakan-akan sedang berjaga! Tahukah kamu, patung-patung Merlion ini juga telah resmi disahkan oleh pemerintah Singapura. Alamat: Carpark Blk 216-222, Ang Mo Kio Ave 1 Petunjuk Arah: Naik MRT lalu turun di stasiun Ang Mo Kio, lalu naik bus 74 atau 88 dari halte "Opp Ang Mo Kio". Turun di Blk 304 dan berjalan sekitar 7 menit ke patung Merlion.

5. Woodlands

Kredit: Nadhirah Nur Azhar di Facebook Kawasan pemukiman lain yang dengan bangga memamerkan patung Merlion adalah Woodlands! Terletak di sekitar Blk 718 di Woodlands Ave 6, ada 3 patung Merlion di sini, yang mana jumlahnya lebih banyak dari tempat-tempat lain di Singapura. Selain itu, mereka juga hadir dalam berbagai desain dan ukuran - cobalah untuk mencari Merlion mini! Perburuan Merlion kamu di sini pasti akan memberikan suasana baru dan kamu pun dapat melihat sisi lain dari Singapura ☺️ Alamat: Blk 718, Woodlands Ave 6, Singapura 730718 Petunjuk: Naik MRT ke stasiun Admiralty dan berjalan sekitar 3 menit ke Blk 718. Jika kamu berencana mengunjungi Singapura dalam waktu dekat, pastikan untuk menambahkan tempat-tempat di atas ke dalam itinerary kamu untuk berburu maskot resmi negara ini. Simak juga rekomendasi wisata di Singapura lainnya dalam artikel berikut ini: