Rasanya tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa Jewel Changi Airport sedang menjadi pembicaraan semua orang. Sejak peletakan batu pertamanya pada Desember 2014, destinasi ini menjadi salah satu pembangunan di Singapura yang dinantikan. Antusiasmenya semakin besar, terutama saat wahana ini dibuka secara resmi pada 17 April 2019 silam.

Apa itu Jewel Changi Airport?

Jewel Changi Airport merupakan mall sekaligus wahana atraksi di tengah Bandara Changi, tepatnya berada di antara Terminal 1,2, dan 3. Destinasi ini sebelumnya merupakan lahan parkir terbuka untuk T1, yang saat ini bertransformasi menjadi sebuah destinasi yang unik dan menarik. Wahana ini diperuntukkan untuk para wisatawan yang transit di Bandara Changi, dan tentunya juga untuk masyarakat Singapura yang ingin menikmati sarana hiburan ini 😉 Pembangunan yang menghabiskan biaya sebesar SGD 1.7 miliar ini tentunya menghadirkan berbagai hal yang menakjubkan. Mulai dari taman di dalam ruangan, berbagai atraksi wisata di canopy park, pusat perbelanjaan, restoran, hingga berbagai fasilitas bandara yang akan kita bahas secara mendetail di bawah ini!

Cara menuju kesana

Jewel terhubung langsung dengan T1 (area di depan ruang Kedatangan telah diperbesar agar terhubung langsung dengan Jewel). Kamu yang tiba di T2 dan T3 dapat menggunakan jembatan penghubung yang berada di ruang Keberangkatan di lantai 2 masing-masing terminal. Jika kamu datang menggunakan MRT, kamu bisa turun di stasiun MRT Changi Airport, lalu gunakan jembatan penghubung yang ada di T2 atau T3 – jembatan penghubung tersebut dilengkapi dengan AC dan travellator sehingga kamu bisa berjalan dengan nyaman, pun jarak yang ditempuh relatif dekat (sekitar 5-10 menit berjalan kaki) 🙂

Tampilan jembatan penghubung menuju T3 dari Jewel

Jika kamu datang dari T4, kamu bisa menggunakan shuttle bus gratis yang akan mengantarkanmu ke T2, dimana kamu bisa menggunakan jembatan penghubung menuju Jewel.

Layanan bus yang melewati T1 di antaranya adalah rute 24, 27, 34, 36, 53, 110, dan 858. Dari tempat pemberhentian bus di T1, kamu bisa mengikuti petunjuk menuju Jewel di lantai 1. Sebagai catatan, selama masa uji coba, Jewel juga menyediakan shuttle bus gratis dari Tampines, Bedok, dan Sengkang.

Bagi kamu yang transit di Changi, kamu harus melewati imigrasi terlebih dahulu untuk mengunjungi Jewel dan kembali ke pintu Kedatangan untuk menanti penerbanganmu yang selanjutnya.

Apa saja yang wajib dikunjungi?

Atraksi bernuansa alam yang menakjubkan tentunya menjadi pesona utama dari Jewel. Rancangan keseluruhan menawan yang dihadirkan oleh Jewel kian membawa Bandara Changi yang telah dikenal dengan konsep “taman” ini ke level tertinggi.

1. HSBC Rain Vortex

Hadir di tengah Jewel, terdapat HSBC Rain Vortex, air terjun dalam ruang setinggi 40 meter yang juga menjadi air terjun dalam ruang tertinggi di dunia 😯

Air terjun ini merupakan pemandangan yang begitu indah. Airnya turun dari kubah Jewel (terbuat dari gabungan 9,000 buah kaca) menuju ke tengah Jewel hingga lantai basement (B2), dimana terdapat penampungan yang juga terbuat dari kaca. Air terjun ini juga mengeluarkan kabut dalam interval waktu tertentu, melebur dalam nuansa hijau nan rimbun, membuat kita seakan berada di alam bebas.

Saat malam tiba, Rain Vortex pun tampil beda, bermandikan berbagai warna dari cahaya lampu yang begitu menawan. Di sana pun terdapat pertunjukan cahaya dan suara, dimana air terjun ini memancarkan cahaya yang diatur senada dengan alunan musik. Pertunjukan ini berlangsung selama beberapa menit pada pukul 20.30 dan 21.30 waktu setempat.

2. Shisheido Forest Valley

Area hijau dimana Rain Vortex berada dikenal sebagai Shisheido Forest Valley, penuh dengan tanaman dan suasana hijau yang begitu indah. Dirancang sedemikian rupa agar pengunjung dapat berjalan-jalan dengan nyaman, area ini memiliki dua jalur (Timur dan Barat) untuk berkeliling di sekitar perimeter, dimana kedua rute tersebut dapat mengantarkanmu hingga ke Lantai 4. Di sana pun terdapat banyak bangku dan tempat duduk sehingga kamu dapat beristirahat dan menikmati air terjun kapanpun kamu mau 😍

Hal menarik lain dari  Shisheido Forest Valley adalah suhunya diatur secara konsisten di 23 derajat Celcius, membuat area ini memiliki iklim yang nyaman dan pas untuk berjalan-jalan di dalamnya.

3. Canopy Park 

Canopy Park berada di lantai teratas Jewel, tepatnya di Lantai 5. Area rekreasi seluas 14,000 meter persegi memiliki beragam atraksi dan aktivitas yang dapat dilakukan.

Canopy Bridge

Canopy Bridge adalah jembatan gantung setinggi 23 meter yang terbentang di sepanjang Shisheido Forest Valley (tepat di samping air terjun Rain Vortex!). Jembatan ini memiliki lantai yang terbuat dari kaca di bagian tengahnya, dan mungkin tidak cocok untuk kamu yang takut ketinggian 😅

Manulife Nets

Manulife Nets memiliki dua atraksi – the walking net, dimana kamu bisa berjalan di atas jaring yang membentang setinggi 25 meter di atas permukaan, dan the bouncing net, yang merupakan trampolin raksasa!

Pengelola wahana ini memberitahu kalau kami (dan tentunya kamu juga!) bisa melompat-lompat hingga ketinggian 8 meter, sehingga bisa melihat seluruh area Canopy Park dari udara.

Hedge and Mirror Mazes

Taman ini juga memiliki dua labirin – yang pertama adalah Hedge Maze, labirin dengan dinding vertikal ini menjadi yang terbesar di Singapura. Kamu bisa menjelajahi labirin dengan dinding-dinding indah ini menuju menara yang ada di tengahnya.

Kemudian terdapat Mirror Maze, sesuai namanya, terbuat dari panel-panel kaca yang tentunya menyenangkan dan akan membuatmu seakan terhipnotis olehnya. Sayangnya, kedua labirin ini tidak dibuka saat masa uji coba, jadi kami tidak sempat mencobanya. Kami diberi tahu oleh pengelola bahwa diperlukan waktu sekitar 30 menit untuk menjelajah masing-masing labirin, tentunya hal ini tak boleh kamu lewatkan saat kamu mengunjungi Jewel!

Foggy Bowls

Atraksi dengan nama menggemaskan ini adalah area taman yang beralaskan rumput artifisial dan memiliki “kawah” dengan alas empuk yang bisa kamu duduki. Dalam rentang waktu tertentu, kawah tersebut akan mengeluarkan “kabut” yang tidak beracun, dan tentunya aman untuk anak-anak! Meski Foggy Bowls diperuntukkan untuk anak-anak, kami melihat beberapa orang dewasa pun ternyata menikmati wahana ini saat masa uji coba 😂

The Discovery Slides

The Discovery Slides merupakan sebuah instalasi seni yang juga dapat dinikmati sebagai seluncuran dan spot untuk menikmati pemandangan! Instalasi ini memiliki area yang bisa dinaiki oleh anak-anak untuk menikmati keindahan Shisheido Forest Valley dan berseluncur ria, menyenangkan pastinya!

Topiary Walk

Jika kamu belum mengetahuinya (karena begitupun kami sebelumnya 😂), topiary adalah seni memotong atau memangkas tanaman hingga berbentuk suatu figur atau dekorasi tertentu. Di Canopy Park, Topiary Walk ini memiliki tanaman dengan berbagai bentuk binatang seperti orangutan, burung merak, dan berbagai binatang lainnya! Kamu akan terkesima oleh berbagai tanaman berbentuk binatang dengan ukuran sebenarnya.

Pusat perbelanjaan di Jewel

Setelah kamu menikmati nuansa alam di Jewel, sekarang saatnya untuk berbelanja! Jewel memiliki lebih dari 100 toko dengan berbagai merek terkenal, mulai dari yang mewah seperti Kate Spade dan Coach hingga yang lebih terjangkau seperti Uniqlo dan Muji. Masih banyak toko-toko menarik lain yang begitu mengundang perhatian kami, dan pastinya menarik perhatianmu juga!

Pokemon Center

Mungkin kamu pernah mendengar tentang ini di media sosial karena begitu ramai dibicarakan. Pokemon Center ini adalah yang pertama dibuka di luar Jepang 😯 Saat kami sedang berada di masa uji coba, terlihat antrian panjang dan pegawai yang mengatur antrian tampak sangat sibuk!

Kamu bisa mendapatkan berbagai macam hal berbau Pokemon seperti boneka, trading card Pokemon, tas Pikachu, hingga Nanoblock Pokemon.

Toko ini juga memiliki beberapa cinderamata ekslusif yang hanya ada di Singapura! Kami melihat boneka Pikachu dengan pakaian pilot dan pramugara yang begitu menggemaskan (boneka yang ada di gambar dijual seharga SGD 28, mereka juga memiliki versi gantungan kunci yang lebih kecil), juga topeng Pokemon (SGD 7.90) 😍

#Tips HHWT : Di sekitar depan toko (dekat patung Pikachu yang sedang menaiki Lapras), terdapat layar sentuh dimana kamu bisa mencari berbagai jenis Pokemon. Di sana, kamu bisa mencari dan mengetahui informasi lengkap mengenai Pokemon apapun, termasuk kekuatan dan kelemahannya. Hal ini menjadi salah satu hal yang menarik dari Pokemon Center di Jewel 😊

Nike

Meski Nike bukanlah hal yang baru di Singapura, tokonya yang berada di Jewel menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dan menghadirkan berbagai fitur yang menarik. Toko dengan dua lantai ini menawarkan banyak pilihan, mulai dari yang spesifik untuk berolahraga, hingga untuk sekedar bersantai dan bergaya. Bahkan di lantai atas, mereka punya tempat khusus dimana kamu bisa melakukan personalisasi untuk berbagai produk Nike sesuai dengan kreativitasmu.

Personalisasi yang tersedia diantaranya adalah mulai dari t-shirt printing, beragam set tali sepatu, berbagai patch yang dapat kamu tempel, dan masih banyak lagi 🙂

Kamu yang mencari hijab untuk berolahraga, toko Nike di sini pun menyediakannya dengan berbagai pilihan warna (SGD 34.90)!

Brand lokal

Jewel sangat mendukung perkembangan brand lokal, dan hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya berbagai toko dan desain lokal disana! Jika kamu tertarik untuk mencari produk lokal dan barang-barang bernuansa Singapura, kamu bisa mendapatkannya di Jewel. Kami mengunjungi beberapa toko seperti Miss Hosay (#02-214) (brand lokal yang menyediakan berbagai oleh-oleh dan cinderamata dari Singapura, serta dari luar negeri seperti KeepCup dan Scratch Map), dan Supermama (#02-207) (brand Singapura dengan terkenal dengan produk porselennya!). Naiise Iconic (#02-205/206) yang terkenal akan sajian produk-produk dengan desain yang terinspirasi oleh tema lokal pun hadir disini 😊

Shaw Theatres

Sebagai tambahan selain berbagai toko yang telah disebutkan di atas, di sana pun terdapat Shaw Theatre, aula bioskop pertama di Singapura yang didedikasikan khusus untuk anak-anak dan keluarga!  Aula ini memiliki tingkat pencahayaan dan volume suara yang cukup rendah, pun terdapat banyak kursi warna-warni serta bean bag di bagian depan untuk anak-anak. Bioskop ini akan menayangkan film-film yang ramah untuk anak-anak dan keluarga.

Shaw Theatres di Jewel juga memiliki IMAX generasi terkini yang memiliki fitur IMAX with Laser.

Restoran halal

Hal lain yang begitu dinantikan dari pembukaan Jewel adalah rangkaian kulinernya. Meskipun beberapa restoran ternama yang memulai debutnya di Jewel tidaklah halal (*menatap Shake Shack dengan sedih*), terdapat 16 restoran yang halal di Jewel.

Peringatan : Perlu diketahui jika restoran ini tersertifikasi halal dalam daftar materi promosi Jewel dan juga terdaftar halal dalam daftar yang ada di situs mereka. Akan tetapi, kami merekomendasikan untuk mengecek kembali sertifikat halal di restoran mereka jika kamu merasa ragu, dan kami kembalikan pertimbangan untuk makan di sana kepada pembaca.

1. A&W (#B2-209)

[Update] Berdasarkan tim humas A&W, mereka telah melakukan konsultasi untuk memastikan tim mereka paham apa saja yang dibutuhkan untuk memenuhi syarat halal. Mereka menyampaikan pada tim kami, bahwa semua bahan yang mereka gunakan sesuai dengan prasyarat makanan halal, tidak ada daging maupun lemak babi yang digunakan. Mereka sedang dalam proses pendaftaran sertifikasi halal. Akan tetapi berdasarkan keterangan dari MUIS, mereka belum secara resmi menerima pendaftaran dari A&W. HHWT sangat menanti peluncuran kembali dari A&W Singapura, tetapi kami memperingatkan bagi para pembaca mungkin belum merasa nyaman untuk makan di sana untuk saat ini.

A&W membuka restoran pertamanya di Singapura setelah sempat hiatus selama 10 tahun lamanya, dan antusiasme orang-orang sangatlah besar! Saat kami mampir kesana, antrian A&W begitu mengular hingga hampir keluar restoran, dan banyak orang (termasuk tim HHWT) harus menunggu hingga satu jam untuk mendapatkan makanannya 😵 Hal ini tentunya sepadan dengan lezatnya menu klasik favorit A&W yang tak kami lahap selama bertahun-tahun!

Baca lebih lengkap tentang apa saja yang kami coba di A&W di sini

2. Restoran halal lainnya

Jewel memiliki 15 restoran dan kedai makanan lain yang halal. Untuk memudahkanmu mencarinya, kamu membuat daftarnya di bawah ini (beserta lokasinya) :

  1. Burger King (B2-235/236)
  2. Jinjja Chicken (B1-247)
  3. KFC (B2-275/276/277)
  4. Subway (B2-223)
  5. Old Chang Kee (B2-247)
  6. Project Pizza (B2-260) – (dihadirkan oleh orang-orang yang ada di belakang Pezzo, kamu bisa membuat pizza-mu sendiri di sini dengan harga mulai dari SGD 5.90, dimana lebih dari 50 jenis topping tersedia disini!)
  7. Stuff’d (B2-256)
  8. Saap Saap Thai (B1-299)
  9. Sama Sama by Tok Tok (L3-225/226)
  10. Sankranti (L3-229)
  11. So Pho (B1-248)
  12. Commons (B1-289/290)
  13. Earle Swensen’s (L3-219)
  14. Elfuego by Collin’s (L2-216)
  15. O’tah (B2-241)
3. Beberapa makanan ramah muslim lainnya

*Untuk menjadi catatan bahwa restoran/makanan pada daftar di bawah ini belum tersertifikasi halal, tetapi berdasarkan pengecekan langsung kepada staf yang bertugas, mereka tidak menggunakan bahan baku yang tidak halal. Akan tetapi, kami menyarankanmu untuk konfirmasi langsung jika merasa ragu, dan kami kembalikan pertimbangan untuk makan di sana kepada pembaca.

Lavender (B2-253-254)

Lavender adalah toko roti populer yang berasal dari Johor Bahru, dan toko di Jewel pun menjadi yang pertama di Singapura! Toko ini telah buka saat masa uji coba dan kami menyempatkan untuk mampir kesana.

Berdasarkan keterangan dari manajemen mereka, Lavender berencana untuk mendaftar sertifikasi halal pada Juli mendatang! Saat ini, semua produknya ramah untuk muslim dan bahan bakunya berasal dari distributor yang memiliki sertifikasi halal kecial beberapa produk yang mengandung alkohol (terdapat label yang jelas). Kedepannya, toko roti ini memiliki rencana untuk berinovasi agar tidak perlu menggunakan bahan baku alkohol untuk pengajuan sertifikasi halalnya 😊

Produk-produk populer di sini antara lain adalah Kek Lapis (di bagian dingin) (mulai dari SGD 28 untuk separuh kue), Kaya Spread (SGD 4), Bamboo Charcoal Toast (SGD 3 per potong), dan Pandan Chiffon Cake (SGD 6).

#Tips HHWT: Produk-produk populer memiliki penanda kotak berwarna pink! 

Birds of Paradise

Kedai populer lain yang begitu ramai saat masa uji coba adalah kedai es krim Birds of Paradise. Kedai gelato yang berasal dari Singapura ini sebelumnya hanya memiliki satu toko di Katong, dan tentunya kami sangat antusias dengan pembukaan toko keduanya di Jewel! Kedai ini berada di depan toko In Good Company, brand lokal yang menjual pakaian.

Birds of Paradise membuat es krim yang terinspirasi oleh tanaman dan elemen-elemen alam. Beberapa rasa yang populer di antaranya adalah Spiced Pear dan White Chrysanthemum, bersama dengan Masala Chai. Harganya mulai dari SGD 4.70 untuk satu scoop, SGD 7.70 untuk dua scoop, dan kamu juga menambah satu dolar untuk mendapatkan cone dengan rasa thyme.

Peringatan : Berdasarkan pengecekan kami pada staf Birds of Paradise, semua rasa yang ditawarkan tidak menggunakan alkohol dan menggunakan bahan baku yang halal. Akan tetapi, kami menyarankan agar kamu mengecek langsung kepada staf yang bertugas dan jika merasa ragu, kami kembalikan pertimbangan untuk makan di sana kepada pembaca.

Fasilitas Bandara

Dengan apa yang bisa kita lihat, makan, dan lakukan di Jewel, jika kamu bukan penumpang pesawat yang sedang transit di Changi, mungkin kamu akan lupa kalau lokasi ini merupakan kompleks Bandara! Dengan demikian, terdapat beberapa fasilitas yang tersedia untuk mereka yang sedang dalam perjalanan.

1. Fasilitas Ibadah

Kami sangat menyesal untuk menginformasikan bahwa tidak ada tempat untuk beribadah di Jewel 😔 Tempat ibadah terdekat berada di Terminal 1 yang terhubung dengan Jewel, tepatnya di dalam area transit (di area transit Keberangkatan di lantai 3). Sebagai catatan juga bahwa ruangan tersebut adalah ruangan ibadah multi-agama.

2. Early Check-in

Jewel memiliki fasilitas check-in spesial yang dapat menjadi pilihan nyaman untuk para wisatawan yang datang ke bandara lebih awal dan ingin menghabiskan waktu di Jewel. Sejauh ini, 26 maskapai (termasuk SIA, Emirates, SilkAir, Qatar Airways, dan Qantas) membolehkan penumpangnya untuk menggunakan konter early check-in (diperkenankan untuk check-in penerbangan, termasuk check-in bagasi di Jewel). Dengan memanfaatkan fasilitas ini tentunya kamu bisa berpetualang di Jewel dengan lebih bebas. Sebagai catatan, waktu check-in berbeda-beda sesuai dengan kebijakan maskapai, jadi pastikan ke maskapai penerbanganmu terlebih dahulu!

3. Penyimpanan Tas (L1)

Berada di sekitar area check-in, fasilitas ini dapat kamu manfaatkan untuk menyimpan tas atau barang-barang berukuran besar lain sebelum berkeliling di Jewel! Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, banyak atraksi di Canopy Park yang tidak membolehkanmu untuk membawa koper. Harga yang ditawarkan untuk jasa ini adalah per 24 jam dan berbeda untuk setiap ukuran mulai dari kecil, sedang, besar, dan ekstra besar (seharga SGD 5, 10, 15, dan 18 sesuai urutan ukuran). Mereka juga menawarkan jasa pembungkusan tas/koper untuk kenyamananmu.

4. YOTELAIR 

YOTELAIR merupakan jaringan hotel bandara yang telah hadir di beberapa bandara internasional termasuk Bandara Heathrow dan Gatwick di London, juga di Bandara Chales de Gaulle di Paris. Hotel ini menawarkan pilihan akomodasi yang fleksibel dan sangat cocok untuk wisatawan yang transit, dengan minimal waktu singgah mulai dari empat jam.

Hotel ini menawarkan ruangan, atau “kabin” seperti yang mereka sebut, untuk dua orang (Premium Queen Cabin), atau empat orang (Family Room), yang dilengkapi dengan toilet dan pancuran mandi, smart bed, serta WiFi. Jika kamu tidak memerlukan ruangan tetapi perlu mandi atau bahkan ingin ke gym, mereka juga menawarkan akses untuk gym komunal dan fasilitas pemandian dengan harga mulai dari SGD 20++ per jam.

Harga untuk singgah/menginap di sini mulai dari SGD 80++ untuk empat jam, atau SGD 140++ per malam di masa promosi.

Kredit: Giphy

Begitulah kawan-kawan! Kami berharap tips-tips di atas ini dapat membantumu berpetualang dengan nyaman di Jewel. Beri tahu kami jika kamu juga punya tips bermanfaat lainnya, atau bagikan pengalaman untuk kamu yang telah mengunjungi Jewel!

There are no comments yet

Avatar
Plan trips better with our new mobile app!