icon
icon
article hero

Catat! 5 Oleh-oleh Makanan Khas Bandung yang Awet dan Tahan Lama

AvatarName

Tiara  •  Oct 20, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Oleh-oleh makanan khas Bandung adalah daftar belanja yang wajib terpenuhi ketika singgah ke kota kembang. Selain karena rasanya yang enak, beberapa oleh-oleh makanan khas Bandung ini juga tidak bisa ditemukan di kota lain. Sayangnya, makanan ini kadang tidak awet dan keburu rusak sebelum dikonsumsi. Supaya tidak rugi, coba deh beli beberapa oleh-oleh makanan khas Bandung yang awet dan tahan lama berikut ini.
Kopi Aroma
Kopi Aroma mungkin bukan top of mind kalau bicara soal oleh-oleh makanan khas Bandung. Namun, kopi legendaris yang sudah ada sejak tahun 1930 ini adalah salah satu produk kebanggaan kota Bandung. Biji kopi arabika dan robustanya masih diolah secara tradisional. Bahkan, kamu pun bisa menyesuaikan kehalusan kopi karena langsung digiling di tempat. Setiap konsumen hanya boleh membeli maksimal 3 kilogram Kopi Aroma. Kalau disimpan dengan baik, Kopi Aroma bisa tahan hingga berbulan-bulan.
Batagor Riri
Batagor legendaris ini tentu sudah menjadi wishlist oleh-oleh makanan khas Bandung. Selain dinikmati di tempat, Batagor yang sudah ada sejak tahun 1985 ini juga bisa dijadikan oleh-oleh yang awet. Batagor kemasan vacuum bisa tahan sampai 7 hari di kulkas dan satu bulan di freezer. Pastikan saja kemasannya tertutup rapat saat disimpan.
Keripik Manohara
 Oleh-oleh makanan khas Bandung ini tidak ada hubungannya dengan model cantik Manohara Pinot. Keripik manohara adalah keripik kentang renyah dengan cita rasa gurih dan sedikit manis. Kalau kamu mampir ke kawasan Jalan Kamuning, kamu akan menemukan jejeran penjual keripik yang menjajakan oleh-oleh makanan khas Bandung ini. Karena digoreng hingga kering, keripik manohara tahan cukup lama baik di luar maupun di dalam kulkas. Pastikan saja kamu menyimpannya di wadah kedap udara agar kerenyahannya terjaga. 
Se'i Sapi Lamalera
Ke Bandung tentu wajib mampir makan siang di Se'i Sapi Lamalera. Meski sudah banyak restoran se'i di Jakarta, se'i Lamalera adalah oleh-oleh makanan khas Bandung yang wajib kamu stok di rumah. Selain karena rasanya enak, se'i dalam kemasan vacuum awet hingga hitungan minggu di dalam kulkas. Dengan begitu, kamu tinggal menghangatkannya saja setiap kali kangen dengan suasana atau makanan khas Bandung.
Peyeum
Tidak perlu dipertanyakan lagi, oleh-oleh makanan khas Bandung ini adalah salah satu yang paling tahan lama dan serbaguna. Peyeum Bandung punya bentuk dan rasa yang khas dan lebih enak. Selain dimakan langsung, kamu pun bisa membuat aneka makanan dengan peyeum Bandung. Karena merupakan hasil fermentasi, peyeum tidak mudah rusak dan cukup disimpan di kulkas selama tidak dikonsumsi. Masih merencanakan long weekend ke Bandung? Simak juga beberapa rekomendasi favorit tim HHWT dalam artikel berikut ini: