icon
icon
article hero

6 Oleh-oleh Khas Labuan Bajo yang Tidak Ada di Daerah Lain di Indonesia

AvatarName

Tiara  •  Nov 09, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Alamnya yang eksotis memang sudah tersohor, namun sepertinya belum banyak yang membicarakan oleh-oleh khas Labuan Bajo. Selain menikmati keindahannya, kamu pun bisa membawa pulang sekeping kenangan di Labuan Bajo dengan membeli oleh-oleh khasnya. Mulai dari makanan hingga sandang, setidaknya ada 6 oleh-oleh khas Labuan Bajo yang bisa kamu bungkus sebelum kembali ke rumah.
Kain Songke
Oleh-oleh khas Labuan Bajo ini juga biasa disebut lipa atau towe. Selain sebagai sandang, kain ini merupakan bagian penting dalam upacara adat Manggarai. Warna dasar hitam melambangkan kepasrahan bahwa semua manusia akan kembali kepada Sang Pencipta. Sementara warna-warna cerah dalam motifnya melambangkan harapan akan kesejahteraan dan hubungan baik antara manusia dan alam.
Kaos Chomabee
Kalau Jogja punya Dagadu dan Bali punya Joger, maka Chomabee adalah kaos oleh-oleh khas Labuan Bajo. Uniknya, kaos Chomabee menggunakan berbagai gambar dan ungkapan khas Manggarai sebagai desainnya. Dengan demikian pengunjung Labuan Bajo dapat semakin memahami alam dan budaya Flores. Selain kaos, Chomabee juga punya beberapa merchandise dengan desain khas Flores lainnya seperti piring dan gelas.
Roti Kompiang
Roti kompiang atau kompiang longa adalah makanan khas Labuan Bajo. Longa sendiri berarti wijen dalam bahasa Manggarai, sesuai dengan wujud roti oval dengan taburan wijen di atasnya.Oleh-oleh khas Labuan Bajo ini merupakan adaptasi dari roti khas Tionghoa. Awalnya, Kompiang Longa hanya disajikan pada acara istimewa saja, namun kini kamu bisa dengan mudah menemukannya di Labuan Bajo. Satu hal yang membuat Kompiang Longa oleh-oleh khas Labuan Bajo yang istimewa adalah pembuatannya yang masih tradisional, yakni dibakar di atas tungku.
Kopi Manggarai
Untuk para pecinta kopi, jangan sampai melewatkan oleh-oleh Labuan Bajo yang satu ini. Bukan rahasia jika kopi arabika Manggarai merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Karenanya, jangan lupa untuk membeli kopi ini sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Labuan Bajo. Salah satu merek yang cukup terkenal dan mudah ditemui adalah La Bajo Flores. Entah itu berbentuk biji atau bubuk, jangan lewatkan kesempatan untuk membawa pulang secangkir kelezatan Labuan Bajo untuk dinikmati di rumah.
Rebok
Rebok adalah makanan oleh-oleh khas Labuan Bajo yang terbuat dari kelapa parut dan tepung beras. Camilan ini biasanya disajikan kepada tamu sebagai penyambutan di rumah-rumah tradisional Labuan Bajo. Rasanya mirip dengan kue sagon, namun bentuknya bubuk. Kamu bisa dengan mudah menemukan oleh-oleh khas Labuan Bajo ini di toko cemilan atau toko oleh-oleh.
Kue Jintan
Sekilas, oleh-oleh khas Labuan Bajo ini mirip dengan kue biji ketapang khas Betawi. Sesuai namanya, kamu bisa merasakan rasa dan aroma jintan dalamsetiap gigitan ketika makan kue ini. Rasanya manis dengan aroma jintan, teksturnya renyah, dan cukup bikin ketagihan. Kue jintan bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko cemilan dan oleh-oleh khas Labuan Bajo. Usahakan beli lebih banyak karena kue ini biasanya sudah habis dimakan sebelum tiba di rumah! Kamu bisa membawa pulang kenangan liburan dengan membeli oleh-oleh khas Labuan Bajo di atas. Selain harganya tidak terlalu mahal, kamu pun turut berkontribusi terhadap perekonomian lokal dengan membelinya. Simak juga panduan oleh-oleh Nusantara lainnya dalam artikel berikut ini: