icon
icon
article hero

10 Oleh-oleh Khas Daerah yang Bikin Kangen Kampung Halaman

AvatarName

Tiara  •  May 13, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Lebaran semakin dekat, namun belum juga ada tanda PSBB akan segera berakhir. Bagi warga ibukota, PSBB baru akan berakhir tanggal 22 Mei 2020 mendatang, itu pun jika kasus Covid-19 di Jakarta menunjukkan penurunan yang signifikan. Akibatnya pun sudah terasa, salah satunya dengan pelarangan mudik bagi masyarakat. Bagi para perantau yang menjalankan Ramadan jauh dari rumah, larangan mudik ini jelas menjadi berita yang cukup mengecewakan. Pasalnya, mudik Lebaran adalah momen untuk silaturahmi dan melepas rindu dengan sanak keluarga di kampung. Credit: Giphy Jangan mudik, itulah himbauan yang disampaikan oleh pemerintah demi mencegah penyebaran Covid-19 ke daerah lainnya. Langkah memang ini dilakukan demi kebaikan bersama. Namun, tidak mudik bukan berarti kamu tidak bisa menikmati suasana kampung halaman. Ada banyak cara untuk mengobati rindu akan suasana kampung, seperti dengan memasak takjil khas Nusantara atau menikmati oleh-oleh khas daerah. Berikut adalah beberapa oleh-oleh populer yang biasanya jadi primadona setiap kali habis pulang kampung dan bisa kamu beli dari rumah! 😋 P.S. Langsung saja klik link marketplace yang ada di setiap poin untuk langsung menuju pilihan toko tempat membeli oleh-olehnya!
1. Bakpia Yogyakarta
 Cemilan yang satu ini memang tidak boleh terlewatkan setiap kali berkunjung atau ada sanak saudara yang pergi ke Yogyakarta. Kue dengan isi kacang hijau tumbuk ini telah menjadi identitas Yogyakarta. Seiring dengan berjalannya waktu, variasinya pun semakin beragam, mulai dari isi dengan rasa coklat, keju, hingga teh hijau! Apapun kreasinya, rasa klasik bakpia isi kacang hijau tentu tidak tergantikan. Salah satu yang cukup digemari adalan Bakpiaku yang mudah dikenali karena kemasannya yang unik. Meski tidak bisa ke Yogyakarta, kamu bisa menikmati Bakpiaku di rumah dengan membelinya lewat Shopee!
2. Wingko Babat Semarang
Setiap kali pergi ke Semarang, wingko babat adalah oleh-oleh favorit untuk dibawa pulang. Rasanya yang manis dan legit dengan aroma kelapa panggang ini memang sulit untuk ditolak. Kemasannya yang unik dengan gambar kereta uap pun menjadi ciri khas yang membuatnya semakin menarik. Tidak perlu pergi ke Semarang untuk mencicipi wingko babat, cukup beberapa klik di halaman Tokopedia dan Shopee!
3. Wajik Magelang
 Kalau kamu pergi berkunjung ke Candi Borobudur, pasti kamu mampir untuk membeli oleh-oleh khas Magelang. Manis, legit, dan harumnya wajik yang satu ini tidak boleh terlewatkan karena merupakan jajanan khas yang hanya bisa ditemui di daerah ini. Kemasannya yang mencolok dengan gambar burung elang bisa dengan mudah dikenali di antara aneka oleh-oleh lainnya. Kalau kamu sudah kangen dengan rasanya, langsung saja klik Tokopedia dan Shopee untuk membeli wajik ini secara online!
4. Pia Legong Bali
Selain pie susu yang fenomenal, oleh-oleh lain yang membuat kangen suasana Bali adalah Pia Legong. Namanya diambil dari tari tradisional Bali, tari Legong. Konon, untuk membeli kue ini kita harus mengantri hingga berjam-jam atau memesan dari jauh-jauh hari karena begitu banyak orang yang menjadikannya oleh-oleh favorit. Kabar baiknya, selain kamu tidak perlu melanggar aturan PSBB dengan terbang ke Bali, kamu pun tidak perlu mengantri untuk membelinya karena Pia Legong tersedia di berbagai penjual yang ada di Tokopedia dan Shopee.
5. Kacang Disco Makassar
Pergi ke Makassar tentu tidak lengkap rasanya kalau tidak mencoba kuliner khas di sana seperti Coto Makassar, Sop Konro, Pallu Basa, dan Es Pisang Ijo. Namun, satu jajanan yang tak kalah populer dan jadi oleh-oleh andalan adalah Kacang Disco! Olahan kacang tanah bersalut tepung dengan rasa gurih dan manis ini memang teman ideal untuk semua suasana. Kamu pun bisa membelinya di Tokopedia dan Shopee tanpa harus menunggu penerbangan ke Makassar kembali dibuka!
6. Halua Kenari Manado
 Serius kamu belum pernah coba halua kenari? Cemilan yang satu ini mirip dengan enting-enting kacang, namun dibuat dengan kacang kenari! Bayangkan saja aroma gula karamel yang harum berpadu dengan gurih dan renyahnya kacang kenari (rasanya mirip dengan walnut!). Sekali makan, dijamin susah untuk berhenti. Langsung saja beli halua kenari di berbagai penjual Tokopedia dan Shopee terdekat dari kotamu!
7. Bolu Meranti Medan
Kalau kue yang satu ini jelas jadi langganan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang setiap kali pergi ke Medan. Siapa sih yang bisa menolak kue lembut dengan isian krim dan keju parut melimpah di dalamnya? Selain keju, Bolu Meranti coklat dan moka juga tidak kalah lezat! Bolu Meranti sendiri melayani pemesanan secara online lewat nomor WhatsApp +62 819-3607-1599, tapi kamu juga bisa membelinya lewat beberapa reseller di Tokopedia dan Shopee. Jangan lupa untuk memilih pengiriman ekspress supaya kondisinya tetap baik saat diterima.
8. Spikoe Surabaya
Surabaya terkenal dengan makanannya yang enak, mulai dari rawon sampai bebek goreng. Tapi, apakah kamu sudah pernah mencoba kue lapis khas Surabaya, yaitu Spikoe? Berbeda dengan lapis legit, Spikoe hanya punya 2 lapisan. Namun rasanya jangan ditanya, berkali-kali lebih nikmat daripada kue lapis biasa. Salah satu yang paling populer adalah Spikoe Resep Kuno yang resepnya tidak berubah sejak tahun 1976. Kabar baiknya, kamu bisa membeli kue ini di website resmi Spikoe Resep Kuno!
9. Jeniper Kuningan
 Nama belakangnya bukanlah Aniston ataupun Lawrence! 😁 Jeniper yang satu ini adalah singkatan dari Jeruk Nipis Peras, minuman khas Kuningan yang kerap dijadikan oleh-oleh. Sesuai namanya, rasa minuman ini asam segar dan cocok diminum hangat ataupun dingin. Jeniper tersedia dalam 2 pilihan, yakni kemasan sirup dan kemasan siap minum. Cukup tambahkan es batu dan tuang Jeniper, jadilah minuman segar untuk berbuka puasa! Meski berasal dari Kuningan, kamu bisa membelinya di beberapa agen resmi Jeniper yang ada di berbagai daerah di Indonesia!
10. Dodol Garut
Katanya, belum ke Garut kalau tidak mencoba dodolnya. Dodol Garut adalah bagian penting dalam ragam oleh-oleh Jawa Barat. Selain dari Garut, dodol ini juga biasa dijadikan buah tangan setiap kali berkunjung ke Bandung dan sekitarnya. Salah satu yang paling populer adalah Dodol Picnic. Sekarang, kamu bisa menikmatinya tanpa harus keluar rumah dengan memesannya lewat website resmi Dodol Picnic Mari sambut hari Lebaran yang berbeda ini dengan cara yang kreatif dan aman. Alih-alih pergi mudik, hidupkan saja suasana kampung halaman dengan menyajikan oleh-oleh khas daerah yang kamu suka. Tidak mudik bukan berarti tidak kangen atau tidak sayang dengan keluarga di kampung halaman. Langkah ini justru menjadi perwujudan rasa cinta terhadap keluarga dengan melindungi mereka dari penyakit yang mungkin saja bisa terbawa selama perjalanan. Semoga kita selalu sehat dan jangan lupa untuk berkabar dengan keluarga di kampung halaman, ya. ❤️