icon
article-hero

12 Oleh-Oleh Khas Bali yang Wajib Dibeli Sebelum Pulang dari Pulau Dewata

avatar-name

Tiara Ismail •  Sep 17, 2022


Sudah selesai work from Bali atau sesi healing? Waktunya kamu beli oleh-oleh khas Bali untuk dibawa pulang. Selain untuk buah tangan, oleh-oleh khas Bali bisa jadi obat kangen suasana Pulau Dewata.

Mulai dari oleh-oleh makanan khas Bali, pernak-pernik, sampai pakaian dan aksesoris, Bali punya berbagai kerajinan yang sayang jika tidak kamu bawa pulang. Supaya tidak bingung, berikut ini adalah deretan oleh-oleh khas Bali favorit HHWT yang patut kamu pertimbangkan!

Psst.. Tandai dulu pantai tersembunyi di Bali yang bisa kamu kunjungi di sesi healing berikutnya.

Oleh-oleh khas Bali kekinian

1. Kebaya Bali

oleh oleh khas bali kebaya bali

Kredit: Farano Gunawan di Unsplash

Kebaya Bali bisa jadi oleh-oleh khas Bali yang unik sekaligus inspirasi outfit andalan untuk acara spesial. Model kebaya Bali yang khas dengan selendang di pinggang juga bikin kamu terlihat semakin langsing.

Jangan khawatir, kebaya Bali hijab juga banyak dijual di sana. Pilih yang berlengan panjang dan memiliki lapisan ekstra di bawah bahan rendanya. Sama-sama cantik!

Harga: Mulai dari Rp 150.000.

2. Udeng Bali

oleh oleh khas bali udeng bali

Kredit: Roberto Rendon di Unsplash

Untuk laki-laki, udeng atau ikat kepala bisa jadi oleh-oleh khas Bali yang berkesan. Bukan hanya unik, udeng Bali juga punya makna yang mendalam.

Udeng putih biasanya dikenakan untuk sembahyang, udeng endek dan batik untuk upacara adat, dan udeng songket untuk pengantin pria.

Harga: Mulai dari Rp 10.000.

3. Topeng Bali

oleh oleh khas bali topeng bali topeng barong topeng leak

Kredit: Kingsley Huang di Flickr

Topeng barong dan topeng leak juga merupakan oleh-oleh khas Bali yang cukup populer. Meski agak seram, topeng Bali ini cukup berhasil membawa suasana Pulau Dewata ke rumah.

Topeng Bali juga mudah ditemukan. Kamu bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh atau pasar seni.

Harga: Mulai dari Rp 100.000.

4. Tas rotan

oleh oleh khas bali tas rotan bali

Kredit: Artem Beliaikin di Flickr

Tas rotan Bali yang biasa kamu pakai ke pantai juga cocok untuk dipakai sehari-hari. Maka, tidak ada alasan untuk tidak membeli oleh-oleh khas Bali yang satu ini.

Ada berbagai macam bentuk dan ukuran tas rotan Bali yang bisa kamu beli. Selain bentuk bulat yang khas, ada pula tas rotan berukuran besar yang bisa kamu pakai untuk sekolah atau ke kantor!

Harga: Mulai dari Rp 40.000.

5. Baju barong

oleh oleh bali baju barong

Kredit: Grosir Baju Barong

Salah satu oleh-oleh khas Bali paling ikonik adalah baju barong Bali warna-warni. Tersedia dalam berbagai warna dan ukuran, oleh-oleh satu ini pasti terpakai oleh siapapun yang menerimanya.

Selain atasan, baju barong juga tersedia dalam versi lengan panjang hingga sepasang dengan celana panjang maupun pendek.

Harga: Mulai dari Rp 20.000.

Baju barong memang paling nyaman untuk bersantai, apalagi sambil ditemani gemericik air di resort tepi sungai di Bali!

6. Kaos Joger

oleh oleh khas bali joger jelek

Kredit: Joger Jelek

Ini dia oleh-oleh khas Bali yang bikin semua orang menoleh karena celotehannya. Joger Jelek adalah produsen kaos dengan ciri khas kata-kata unik di setiap kaosnya. Joger sudah ada sejak tahun 1980an dan tetap menjadi oleh-oleh khas Bali favorit sampai hari ini.

Harga: Sekitar Rp 125.000.

7. Kain pantai Bali

oleh oleh bali kain pantai bali

Kredit: Kain Pantai Premium Bali

Kamu pasti sudah mencoba sendiri betapa nyamannya kain pantai Bali. Tebalnya pas, bahannya dingin, serta motif dan warnanya bagus-bagus! Kain pantai Bali bakal menjadi oleh-oleh khas Bali yang bermanfaat.

Kamu bisa membeli kain pantai Bali di berbagai tempat, termasuk di pasar dan toko oleh-oleh.

Harga: Mulai dari Rp 35.000.

Kalau kamu bosan ke pantai, kamu bisa coba berkunjung ke tempat dingin di Bali yang juga seru untuk liburan!

Oleh-oleh makanan khas Bali terpopuler

1. Pie susu

oleh oleh khas bali pie susu

Kredit: Pie Susu Dhian

Kalau kamu mencari oleh-oleh makanan khas Bali yang ekonomis, pie susu adalah jawabannya. kulitnya renyah, isiannya manis, dijamin tidak ada yang bisa menolak pie susu Bali. Selain enak, pie susu juga cukup tahan lama (simpan di lemari es!).

Dari sekian banyak pilihan pie susu Bali, merek pie susu Dhian dan pie susu Enaaak adalah yang paling populer dan mudah ditemukan.

Harga: Sekitar Ro 125.000 untuk satu kotak isi 50 buah.

2. Pia Legong

oleh oleh khas bali pia legong

Kredit: Pia Legong Bali

Oleh-oleh makanan khas Bali lain yang patut kamu beli adalah Pia Legong, baik yang isi coklat maupun keju. Aromanya harum, luarnya renyah, dan isiannya creamy nan melimpah. Tidak heran jika harga Pia Legong sedikit lebih mahal daripada oleh-oleh lainnya.

Meskipun demikian, harga yang kamu bayarkan sebanding dengan kepuasan saat menyantapnya!

Harga: Sekitar Rp 150.000 untuk 6 buah.

3. Pia Eiji

oleh oleh khas bali pia eiji

Kredit: Pia Eiji

Pia Eiji adalah oleh-oleh makanan khas Bali yang terbilang baru. Meski demikian, Pia eiji Bali langsung menjadi oleh-oleh favorit.

Mirip dengan Pia Legong, Pia Eiji berukuran lebih kecil dengan kulit yang sedikit lebih tebal. Uniknya, isiannya beragam, mulai dari coklat, keju, kacang hijau, sampai durian dan telur asin!

Harga: Rp 100.000 isi 8 buah.

4. Kacang Disco

oleh oleh khas bali kacang disco

Kredit: Snack Kacang Rajawali Bali

Kacang Disco juga menjadi salah satu oleh-oleh makanan khas Bali andalan para traveler. Harganya terjangkau dan porsinya cukup besar, Kacang Disco Bali bisa dinikmati bersama teman dan keluarga sambil mengobrol soal trip Bali selanjutnya.

Kacang Disco Bali tersedia dalam berbagai varian merek dan rasa, mulai dari original, pedas, sampai BBQ!

Harga: Mulai dari Rp 20.000.

5. Coklat Bali

oleh oleh khas bali coklat bali

Kredit: Heavenly Chocolate

Coklat Bali tengah naik daun sebagai oleh-oleh khas Bali. Dua merek paling populer antara lain Junglegold Bali (dulu namanya Pod!) dan Heavenly Chocolate Bali.

Jika Junglegold punya berbagai coklat batangan yang lezat, Heavenly Chocolate justru menyajikan coklat nama ala Jepang, alias coklat dengan tekstur lembek yang meleleh di mulut.

Selain nikmat, tampilannya juga estetik! Cocok sebagai oleh-oleh untuk orang spesial.

Harga: Mulai dari Rp 110.000.

Ada begitu banyak pilihan oleh-oleh khas Bali yang bisa kamu beli untuk dibawa pulang atau sebagai hadiah. Selain sebagai obat kangen Bali, pembelian kamu juga berkontribusi untuk pemulihan ekonomi masyarakan Bali yang sedang berjuang setelah terpukul pandemi.

Simak referensi beli oleh-oleh lainnya dalam artikel berikut ini: