icon
icon
article hero

6 Olahan Daging Kurban yang Mudah, dari Sate Sapi sampai Gulai Kambing

AvatarName

Sastri  •  Jul 15, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Tak terasa, Hari Raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Biasanya, masjid-masjid terdekat dengan rumah kita membagikan daging kurban berupa sapi atau kambing. Tak heran pada Hari Raya Idul Adha, olahan sapi dan kambing (selain juga aneka olahan nasi khas Arab) menjadi primadona untuk disantap bersama keluarga! P.S. Beberapa informasi seputar Idul Adha ini juga akan berguna untukmu!

6 Olahan Daging Kurban yang Mudah

1. Sate Sapi dan Sate Kambing

sate
Kredit: Akharis Ahmad/ UnsplashSate menjadi salah satu olahan daging kurban yang mudah dibuat, karena tidak memerlukan banyak bumbu dan cara pengolahannya pun mudah. Daging sapi atau kambing dipotong dadu kemudian ditusuk menggunakan tusuk sate. Sebelum dibakar di atas tungku atau panggangan, kamu bisa marinasi daging terlebih dahulu menggunakan campuran kecap manis, kecap asin, bawang merah, bawang putih, dan mentega. Diamkan beberapa saat hingga bumbunya meresap. Dijamin rasanyanikmat! J

2. Bakso kuah

Jika kamu punya stok daging sapi, tak ada salahnya mengolahnya menjadi bakso. Caranya mudah, kamu tinggal masukkan daging sapi yang telah dipotong dadu ke dalam chopper. Tambahkan minyak, bawang putih, bawang merah, garam, merica, dan kaldu bubuk. Giling sampai halus, kemudian tambahkan sedikit tepung. Giling lagi hingga rata, kemudian bentuk bola-bola menggunakan telapak tangan atau sendok. Rebus di air mendidih, dan sajikan bersama kuah bakso! P.S. Kamu bisa membuat kuah bakso sendiri menggunakan rebusan air kaldu tulang, bawang putih, garam, gula, dan merica.

3. Gulai kambing

Ini dia salah satu makanan yang paling digemari saat Idul Adha. Gulai kambing yang mahteuh menjadi pasangan pas untuk nasi putih hangat. Kamu bisa mengolah daging kambing menggunakan daun jeruk, kunyit, salam, kecap manis, santan cair dan santan kental, asam kandis, serta minyak untuk menumis bumbu halus. Beberapa bahan untuk bumbu halus antara lain jahe, bawang putih, lada, garam, bawang merah, cabai merah keriting, kunyit, kemiri, ketumbar, cengkeh, kapulaga, kayu manis, dan gula pasir.

4. Tongseng

Masakan satu ini juga bisa dibuat menggunakan daging sapi atau kambing. Di dalam tongseng juga biasanya sudah terdapat beberapa sayuran, seperti wortel dan kol. Cara membuat tongseng dimulai dengan menghaluskan bumbu: bawang merah, bawang putih,kemiri, cabai merah, ketumbar, pala, gula, garam, dan merica. Kemudian, tumis bumbu halus dan tambahkan daun kol, cabai rawit, daun bawang, kecap manis, cabai rawit utuh, daun salam, dan jeruk, sereh, dan jahe. Biarkan mendidih, tambahkan air, dan tinggal masukkan daging sapi atau kambing. Koreksi rasa, kemudian tongseng pun siap dihindangkan!

5. Rendang

Kredit: Prananta Haroun/ Unsplash Masakan khas Sumatera Barat yang satu ini bisa dibuat menggunakan daging sapi. Tak hanya Lebaran Haji, rendang juga jadi hidangan yang wajib ada saat Hari Raya Idul Fitri. Ada beberapa bumbu yang tidak boleh terlewat saat membuat rendang. Antara lain bawang putih, bawang merah, laos, daun kunyit, daun jeruk, jahe, ketumbar, kayu manis, kapulaga, cengkeh, pala, dan asam kandis. Salah satu kunci nikmatnya rendang juga terdapat pada proses karamelisasi, sehingga santan mengental dan rendang menjadi kering. Jika masih basah, maka masakan tersebut bernama kalio.

6. Semur daging

Masih menggunakan daging sapi, kamu bisa membuat semur yang identik dengan rasa manis. Semur sapi juga bisa dilengkapi dengan telur rebus dan kentang, sehingga asupan protein dan karbohidratmu bisa tercukupi sekaligus! Kamu bisa menggunakan bawang putih, bawang merah, dan cabai merah untuk bumbu halus. Kemudian untuk bahan lainnya antara lain kentang, jahe, daun salam, gula pasir, gula merah, mericabubuk, kecap manis, dan garam.