icon
icon
article hero

Belum Kebagian Odading Mang Oleh? Buat Sendiri Saja di Rumah

AvatarName

Tiara  •  Sep 17, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Odading Mang Oleh tengah viral. Kue mirip donat ini memang lezat, namun video Mang Oleh dengan gaya uniknya saat mempromosikan odading adalah yang membuatnya digandrungi. Setelah videonya viral, odading Mang Oleh langsung diserbu pembeli hingga menimbulkan antrian panjang. Semua orang berbondong-bondong ingin mencicipi kue bantal goreng ini. Padahal, makanan yang mirip dengan donat ini sendiri bukan hal baru dalam skena cemilan dan makanan ringan di tanah air dan telah ada sejak zaman Belanda. Konon, istilah odading mncul sejak zaman kolonial. Alkisah, seorang anak meneer ingin membeli sebuah penganan yang dijajakan oleh anak kampung. Hanya saja, ia tidak tau apa nama jajanan tersebut dan hanya menunjuk-nunjuk dagangan yang dimaksud kepada ibunya. Sang ibu pun penasaran dan memanggil si penjual kue. Ketika si penjual membuka dagangannya, sang ibu berkata "O, dat ding?" yang secara harafiah diartikan sebagai "Oh, benda itu?". Singkat cerita, kue yang dijajakan oleh di penjual kini dikenal dengan nama odading.
 Odading Mang Oleh memang hanya bisa dibeli di Bandung, namun bukan berarti kamu harus menempuh ratusan kilometer untuk mencobanya. Faktanya, kue odading ini sangat mudah dibuat di rumah. cukup ikuti resep di bawah ini, dan kamu pun bisa menikmati sepotong (atau 2 potong) odading Mang Oleh buatan sendiri. Bahan-bahan: 250 gram tepung terigu protein tinggi 1 butir telur 60 gram gula pasir 1 sdt garam 1 sdm ragi instan 60 gram susu full cream 100-200 ml air matang
Cara membuat: Larutkan ragi instan dengan air hangat, lalu diamkan hingga berbuih. Siapkan bahan kering dengan mencampur tepung terigu, gula pasir, dan garam, lalu sisihkan. Siapkan bahan basah dengan mengocok telur dan gula hingga larut. Masukkan adonan basah ke adonan kering, lalu aduk rata. Tambahkan larutan ragi, air, dan susu full cream, lalu aduk dan uleni hingga kalis. Istirahatkan adonan dan tutup dengan plastik hingga mengembang, kurang lebih sekitar 20 menit. Setelahnya, potong-potong adonan sesuai selera dan goreng dengan api sedang hingga matang. Sajikan selagi hangat. Kamu pun bebas berkreasi ketika membuat odading. Bisa diberi topping seperti gula halus, madu, hingga selai Nutella atau parutan keju. Namun, dinikmati polos seperti odading Mang Oleh yang asli pun sama lezatnya. Usai mencoba resep odading Mang Oleh, lanjutkan keseruan di dapur dengan mencoba beberapa resep mudah berikut ini: