icon
icon
article hero

Nihi Sumba Resort, Sekeping Surga di Timur Dewata

AvatarName

Tiara  •  Jul 30, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Beberapa waktu lalu, publik dibuat kagum oleh Capella Ubud Bali, sebuah resort di Pulau Dewata yang dinobatkan sebagai hotel terbaik di dunia. Namun jika kita melihat daftarnya, terselip nama Nihi Sumba Resort di jajaran 100 besar tersebut. Namanya mungkin sudah tidak asing lagi karena Nihi Sumba Resort pun pernah meraih posisi pertama dalam daftar tersebut pada tahun 2016 dan 2017. Kalau kamu mencari Nihi Sumba Resort di internet, gambar yang pertama kali muncul adalah deretan villa tepi pantai nan tropis yang jauh dari hiruk pikuk kota. Nyatanya, Nihi Sumba Resort menawarkan lebih dari itu. Dibalik keindahannya, resort ini beroperasi dengan penuh tanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat lokal. Supaya lebih jelas, tim HHWT akan mengajak kamu melihat lebih dekat Nihi Sumba Resort!
Lokasi dan cara menuju Nihi Sumba Resort
Kredit: Nihi Sumba Nihi Sumba Resort berada di barat laut Pulau Sumba yang bisa dijangkau dengan penerbangan selama 50 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Dalam kondisi normal, masing-masing ada 2 penerbangan dari Bandara Ngurah Rai Bali Menuju Bandara Tambolaka Sumba dan sebaliknya. Dari Bandara Tambolaka, Nihi Sumba Resort berjarak sekitar 60 kilometer dan bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama sekitar 90 menit. Sepanjang perjalanan, kamu akan melihat pemandangan alam Pulau Sumba yang spektakuler. Lanskapnya berganti-ganti mulai dari pepophonan hijau, persawahan, hingga air terjun yang menjulang dan desa masyarakat lokal dengan rumah tradisional. 
Suasana di Nihi Sumba Resort
Setibanya di Nihi Sumba Resort, kamua kan disambut oleh sebuah papan nama yang benar-benar menggambarkan resort ini. Pantai dan perbukitan di resort ini masih alami dan tidak diubah dari bentuk aslinya. Keindahan alam ini pun berpadu dengan berbagai fasilitas dengan sentuhan tradisional. Nihi Sumba Resort membentang di area seluas 530 hektar dengan kontur tanah berundak-undak. Otomatis, suasana dan pemandangan yang bisa kamu dapatkan di resort ini pun beragam, mulai dari pasir putih dan deburan ombak, hingga suasana rimbunnya pepohonan.
Kamar yang tersedia
Ada 28 villa  berbeda di Nihi Resort Sumba. Kamu bisa memilih mau menginap di villa dengan satu atau 2 kamar. Setiap jenis villa pun memiliki desain tersendiri dan lengkap dengan kolam renang pribadi. Yang pasti, nuansa alami begitu kental karena semua villa menggunakan material alam seperti kayu kelapa, bambu, dan anyaman rotan pada interiornya.  Setiap villa pun menawarkan pengalaman dan pemandangan unik tersendiri yang berbeda. Misalnya di Villa Mandaka, kamu akan dimanjakan oleh suara kicauan burung dan bisikan ombak dari kejauhan karena villa ini berbentuk rumah pohon dan dikelilingi pepohonan yang rindang. Sementara jika kamu menginap di Villa Marangga, Samudera Hindia adalah hal yang pertama kali kamu lihat ketika melangkahkan kaki dari kamar. 
Fasilitas
Setiap villa di Nihi Sumba Resort telah dilengkapi dengan kolam pribadi dan pantainya pun dapat dijangkau hanya dalam beberapa langkah. Biaya yang kamu bayarkan per malam di resort ini pun sudah termasuk makan, akomodasi, minuman, kegiatan di desa lokal, koneksi WiFi, dan beberapa kegiatan di laut. Satu aktivitas paling menarik dan sayang jika dilewatkan di sini adalah bermain bersama kuda-kuda Sumba yang gagah. Setiap harinya, 17 kuda milik Nihi Resort Sumba datang ke pantai dan menyapa para tamu yang menginap. Kamu pun bisa mengenal mereka lebih dekat lewat sesi naik kuda sambil ditemani pemandangan matahari terbenam. Selain naik kuda, kamu bisa memilih aktivitas lainnya seperti berselancar di salah satu ombak terbaik dunia, mencoba paddle board di Sungai Wanukaka, atau memancing dengan cara tradisional menggunakan tombak. Usai seharian beraktivitas, kamu bisa menikmati relaksasi di Nihioka Spa Safari.  Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial, Nihi Sumba Resort akan mengajak setiap tamu yang menginap di sini untuk bergabung dengan aktivitas masyarakat lokal. Inilah salah satu hal yang membuat Nihi Sumba Resort istimewa. Bekerja sama dengan The Sumba Foundation, resort ini turut ambil bagian dalam mengentaskan kemiskinan di Pulau Sumba dengan menyalurkan donasi untuk membiayai berbagai kegiatan organisasi tersebut. Nihi Sumba Resort menawarkan lebih dari sekedar menginap di villa dengan pemandangan alam. Kamu pun bisa mengenal lebih dekat dan berkontribusi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat lokal lewat berbagai kegiatan yang tersedia. Rencanakan perjalanan kamu ke Sumba dan nikmati pelarian sejenak di Nihi Sumba Resort, sekeping surga di timur Dewata. Harga: Mulai dari Rp 13.140.000 per malam Alamat: Desa Hoba Wawi, Wanokaka, Sumba Barat, Nusa Tenggara Barat Nomor telepon: +62361 757 149 atau +62811 397 8550 Website | Facebook | Instagram Simak referensi wisata domestik lainnya dalam artikel berikut ini: