icon
icon
article hero

10 Negara Ini Membuka Perbatasan Bagi Wisatawan Yang Sudah Divaksin!

AvatarName

Shafa Rana Nusaibah  •  May 04, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. [Artikel ini aslinya ditulis oleh Faruq Senin Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Dalam beberapa bulan terakhir, banyak orang dari berbagai negara di seluruh dunia telah mendapatkan vaksin Covid-19. Ketika perbatasan dibuka kembali, besar kemungkinan sertifikat vaksin akan menjadi “paspor” baru untuk bepergian keluar negeri.  Paspor vaksin ini (baik fisik atau digital) akan digunakan bersamaan dengan tes Covid-19 sebagai bukti bahwa wisatawan terbebas dari virus. Untuk mempersiapkan perjalananmu nanti, tim HHWT telah mengumpulkan 10 destinasi yang sudah atau akan membuka perbatasan untuk wisatawan yang sudah divaksin pada tahun 2021 ini.  
1. Phuket, Thailand (Juli 2021)
  Salah satu pulau di Thailand yang terkenal akan resortnya ini telah mengumumkan rencana untuk membebaskan persyaratan karantina bagi wisatawan yang telah divaksinasi mulai juli 2021 hingga seterusnya. Selain sudah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19, wisatawan juga diminta untuk menunjukan surat keterangan hasil tes negatif untuk Covid-19 dan mengunduh aplikasi pelacak seluler selama berada di Phuket.  Jika hal ini dapat berjalan dengan lancar, Thailand berencana untuk membuka perbatasan untuk seluruh wisatawan dari berbagai negara yang telah divaksinasi pada Oktober 2021.   
2. Islandia (April 2021)
  Mulai 6 April 2021, seluruh wisatawan yang telah divaksin Covid-19 akan diizinkan melakukanperjalanan ke Islandia tanpa harus menjalani karantina. Meskipun begitu, wisatawan tetap diharuskan untuk memberikan bukti vaksinasi atau surat keterangan hasil negatif tes Covid-19 (Jika ada). Namun, wisatawan tidak diizinkan untuk melakukan perjalanan dari ke seluruh Eropa dari Islandia. Kecuali warga negara wilayah Schengen.
3. Maladewa 
Maladewa sudah membuka perbatasan untuk wisatawan sejak Juli 2020 dan tempat ini juga telah menerapkan model pengujian yang sukses baik saat tiba maupun berangkat.  Kementerian pariwisata Maladewa juga sedang mengerjakan model "vaxication" dimana wisatawan dapat berlibur panjang di Maladewa dan mendapatkan vaksinasi pada saat yang sama.
4. Yunani (Mei 2021)
Yunani telah mengumumkan rencana untuk menyambut wisatawan mulai 14 Mei 2021. Wisatawan harus menunjukkan sertifikat vaksin, dan menunjukkan bahwa mereka memiliki antibodi Covid-19 atau bahwa memiliki tes negatif.
5. Rumania 
Pada 18 Januari 2021, wisatawan yang telah mendapatkan vaksin COVID-19 akan dibebaskan dari karantina di Rumania. Wisatawan harus menerima vaksin dan dosis kedua harus diambil setidaknya 10 hari sebelum kedatangan di Rumania.
6. Seychelles
Sejak Januari 2021, Seychelles membuka perbatasan bagi para pelancong yang telah divaksinasi Covid-19. Dan mulai 25 Maret 2021, seluruh pengunjung (kecuali dari Afrika Selatan) tidak perlu melakukan karantina atau divaksinasi jika mereka telah dites negatif Covid-19 dalam waktu 72 jam setelah keberangkatan.
7. Polandia
Sejak Februari 2021, Polandia telah membuka perbatasan bagi wisatawanyang telah divaksinasi Covid-19. Namun hal ini hanya berlaku bagi wisatawan dari negara-negara yang telah melakukan kesepakatan dengan Polandia. Sedangkan bagi wisatawan yang belum menerima vaksin diwajibkan untuk menyerahkan bukti tes negatif Covid-19 setidaknya 48 jam sebelum tiba di Polandia.  8. Georgia
Negara Balkan Georgia telah mengizinkan wisatawan yang telah divaksinasi Covid-19 untuk memasuki negara tersebut. Namun, hanya mereka yang memiliki dua dosis vaksin yang diizinkan masuk. Wisatawan yang belum divaksinasi, atau baru saja memiliki satu vaksin, harus menunjukkan bukti tes PCR negatif dalam 72 jam terakhir. Dosis kedua vaksin harus diberikan di Georgia pada hari ketiga karantina.
9. Estonia
Sejak Februari 2021, Estonia telah mencabut persyaratan wajib karantina untuk wisatawan yang telah divaksinasi atau mereka yang dapat membuktikan bahwa mereka telah pulih dari Covid-19 dalam enam bulan terakhir. Pemerintah Estonia juga mengatakan bahwa mereka akan menerima vaksin dari 9 pemasok global.
10. Siprus (Mei 2021)
Mulai Mei 2021 dan seterusnya, Siprus akan membuka perbatasan bagi wisatawan yang telah divaksinasi Covid-19.  Namun penerima vaksin yang disetujui oleh Badan Obat-obatan Eropa (misalnya. Pfizer-BioNTech, Oxford-AstraZeneca atau Moderna) akan diizinkan memasuki Siprus tanpa tes negatif atau karantina.