icon
icon
article hero

Nabung dari Sekarang, 10 Merek ini Lebih Murah Kalau Kamu Beli di Jepang

AvatarName

Tiara •  Nov 06, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan.Artikel ini aslinya ditulis oleh Cheng Sim. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini. Belanja di Jepang adalah salah satu agenda wajib saat liburan ke negeri sakura. Ada begitu banyak toko serba 100 Yen, butik lokal, dan aneka pusat perbelanjaan. Lebih baik lagi, ada beberapa merek ternama yang harganya lebih murah di Jepang daripada di Indonesia.
Sebelum mulai, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk belanja menyenangkan dan bebas pajak di Jepang sebagai berikut:
  • Waktu terbaik untuk berbelanja di Jepang adalah saat diskon musim panas (akhir Juni sampai pertengahan Agustus), diskon musim dingin (November sampai Januari), dan akhir tahun sampai 2 minggu pertama Januari.
  • Untuk belanja barang yang lebih mewah, kamu bisa datang ke Gotemba Premium Outlet di Shizuoka atau cabang Mitsui Outlet yang tersebar di seluruh Jepang.
  • Mitsui Outlet Park Kisarazu merupakan cabang paling besar di Jepang. Ada berbagai pilihan merek internasional seperti Jimmy Choo, Marc Jacobs, Michael Kors, Coach, dan Paul Smith. Ada pula beberapa outlet merek olahraga seperti Nike dan New Balance.
  • Jika kamu adalah turis mancanegara yang akan tinggal di Jepang selama kurang dari 6 bulan, kamu berhak untuk menerima pengembalian pajak! Toko dengan fasilitas tersebut biasanya memajang logo “Tax-free Shop/Counter”.
Lantas, apa sajakah merek yang harganya lebih murah di Jepang dibandingkan di Indonesia?
Uniqlo
Kalau kamu suka dengan hangatnya Heat Tech UNIQLO, tempat terbaik untuk membelinya adalah di Jepang. Meskipun harganya tidak berbeda jauh dengan outlet-nya yang berada di Malaysia dan Singapura, UNIQLO Jepang tetaplah tempat yang menarik untuk berbelanja. Apalagi kalau bukan karena diskon dan promosinya. Di sini pun tersedia berbagai koleksi pakaian wanita, pria, dan anak-anak yang cocok untuk seluruh keluarga.
Adidas
Percaya deh, salah satu hal yang wajib kamu beli di Jepang adalah sneakers! Untuk mendapatkan penawaran dan diskon terbaik, kamu bisa belanja di Gotemba Premium Outlet di Shizuoka atau toko besar Adidas Originals di Harajuku. Toko lain yang bisa kamu kunjungi adalah Adidas Brand Core Store di Shinjuku yang merupakan toko Adidas terbesar di Jepang dengan pilihan sepatu sebanyak tiga lantai. Meski sneakers keluaran terbaru jarang diskon, kamu bisa membeli sepatu lain dengan harga lebih murah mulai dari JPY 5.500 (Rp 683.000)! [P.S. Berencana ke Eropa? Cek juga beberapa merek mewah yang harganya lebih murah di Eropa dan tempat terbaik untuk membelinya!]
Puma
Beberapa tempat terbaik untuk membeli sepatu Puma di Jepang adalah ABC-MART di Shinjuku Main Branch dan Puma Harajuku. Seperti beberapa merek lain, kamu juga bisa menemukan sepatu rilisan eksklusif yang hanya ada di Jepang. Lebih baik lagi, harganya pun lebih murah. Entah kamu mencari sepatu lari ataupun sepatu bergaya klasik, kamu bisa mendapatkannya di sini!
Onitsuka Tiger
Didirikan pada tahun 1949, Onitsuka Tiger adalah salah satu perusahaan sepatu tertua di Jepang dan hingga kini mampu bertahan dengan koleksinya yang stylish. Soal dimana tempat terbaik untuk membelinya, pilihan kami jatuh kepada toko Onitsuka Tiger Shibuya yang juga merupakan cabang terbesar kedua di Jepang (setelah dibukanya cabang baru yakni Onitsuka Tiger Namba di Osaka).
anello
Merek asli Jepang ini terus berkembang dengan pesat. Merek ini terkenal akan ransel kanvasnya yang ringan, lengkap dengan resleting yang halus dan kapasitasnya yang luas. Tempat terbaik untuk membeli ransel anello di Jepang adalah di toko anello yang terletak di Shibuya. Jika kamu ada rencana ke Osaka, kamu bisa mampir ke flagship store anello yang bisa dijangkau dengan 7 menit berjalan kaki dari pusat pertokoan Shinsaibashi-Suji. [P.S. Tahukah kamu bahwa Cath Kidston adalah salah satu merek yang harganya lebih murah jika kamu membelinya di London?]
Muji
Didirikan oleh Seiji Tsutsumi pada tahun 1980, merek ini mengusung konsep minimalis dengan produk yang tidak menyertakan logo. Meski harga pakaian dan tasnya tidak lebih murah di sini, kamu bisa menemukan alat tulis, buku catatan, dan keperluan travel dengan harga lumayan murah saat musim diskon.
Lush
Meski merek kosmetik ini berasal dari Inggris, produk-produk Lush ternyata harganya lebih murah di Jepang. Dari bath bomb sampai pelembab, kamu akan dimanjakan oleh pilihannya yang beragam (dan warnanya yang cantik!). Setelah dibandingkan, harganya memang lebih murah daripada di Singapura atau Malaysia!
Bao Bao Issey Miyake
Fans sejati Bao Bao Issey Miyake tentu tahu bahwa koleksi lengkap tas ini bisa ditemukan di Tokyo. Entah itu seri Lucent yang populer ataupun seri Maru Maru yang unik, katanya tas ini 30% hingga 40% lebih murah di Jepang ketimbang di Singapura ataupun Malaysia. Sempatkan dirimu untuk mampir ke outletnya yang ada di Ginza, Shibuya, Minato-ku, dan lokasi lainnya!
Seiko
Perusahaan jam ternama asli Jepang ini telah berdiri sejak tahun 1881 dan dikenal dengan kualitasnya. Variannya beragam, mulai dari seri Pressage yang tangguh sampai Grand Seiko yang elegan. Kamu bisa menemukan pilihan jam tangan yang cocok untuk semua kepribadian dan gaya hidup. Untuk mengetahui dimana jam ini dibuat, cek di bagian belakang jam dan temukan tulisan ‘Made in Japan’. Beberapa model eksklusif bahkan menuliskannya di bagian penampang jamnya. Kamu pun bisa menemukan jam tangan vintage dan edisi terbatas di beberapa toko Seiko. G-SHOCK Bukan rahasia lagi bahwa jam tangan G-Shock harganya lebih murah di Jepang. Jam produksi perusahaan elektronik Jepang, Casio, ini telah ada sejak tahun 1983 dan merilis berbagai koleksi jam dengan gaya sporty dan tangguh. Untuk menjaga harganya tetap murah, mayoritas jam tangan ini diproduksi di Jepang. Meski beberapa model terbarunya merupakan buatan China dan Thailand, kamu masih bisa menemukan versi buatan Jepang yang dijual dengan harga cukup menarik. Meski belum bisa berangkat ke Jepang, tidak ada salahnya untuk tetap menabung untuk barang yang kamu inginkan. Ketika dana sudah terkumpul, hanya masalah waktu untuk kamu berkunjung ke negeri sakura ini!