icon
icon
article hero

7 Makanan yang Bisa Kamu Buat dengan Sisa Masakan Lebaran

AvatarName

Tiara  •  May 20, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. [Diperbarui tanggal 3 Mei 2021] Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah! Hari kemenangan akhirnya tiba setelah sebulan penuh kita berpuasa. Saatnya menikmati lontong opor ayam, ketupat, rendang, dan kue-kue Lebaran! Sayangnya, satu hal yang kita kerap lakukan adalah masak terlalu banyak sehingga ada banyak sisa. ☹️ Lantas, harus dikemanakan makanan yang berlimpah ini? Meskipun tidak semudah mengolah nasi sisa, opor ayam dan hidangan Lebaran lain bisa disulap menjadi sajian yang tak kalah lezat. Dengan resep-resep di bawah ini, kamu bisa berkreasi dengan bahan yang ada dan tidak akan membuang-buang makanan. 😉 #HHWT Tips: Mayoritas masakan Lebaran (opor ayam, rendang, semur) dibuat menggunakan santan dan cepat basi. Jadi, selalu pastikan makanan tersebut dalam keadaan baik (tidak berbau, rasa dan warnanya masih bagus) sebelum kamu mengolahnya ya!
Lemper opor
Siapa yang menyangka kalau opor ternyata bisa disulap menjadi cemilan lemper? Karena dimasak menggunakan kuah opor, ketan lemper ini sudah lezat dimakan sendiri. Rasanya pun semakin lezat dengan isian daging opor ayam yang gurih! Menu yang dibuat oleh Chef William Gozali dan Chef Yuda Bustara ini bisa jadi alternatif menarik untuk mengolah stok opor ayam yang melimpah. Bahan lemper: 300gram beras ketan putih, cuci bersih, buang airnya300 ml kuah opor 50 ml air matang 2 batang serai, memarkan 3 lembar daun salam Garam, lada, dan gula secukupnya Bahan isi: Daging ayam opor, suwir-suwir Bawang goreng Daun pisang atau kertas minyak untuk pembungkus Loyang 15 cm x 15 cm dan plastik wrap Cara membuat: Masak beras ketan bersama kuah opor dan air selama 30 menit hingga matang dengan rice cooker, lalu angkat. Masukkan setengah bagian beras ketan ke dalam loyang, ratakan. Beri lapisan ayam opor suwir dan bawang goreng di atasnya. Lanjutkan dengan memberi lapisan beras ketan di atasnya lagi, ratakan, lalu sisihkan hingga dingin. Setelah dingin, keluarkan lemper dari loyang lalu potong-potong membentuk persegi dan bungkus menggunakan daun pisang atau kertas roti. 😋
Penne opor
Kamu tidak salah baca, menu yang satu ini memang memadukan opor ayam dengan pasta ala Italia. Sekilas tampilannya mirip dengan penne  carbonara dengan saus krim, namun rasanya lebih akrab di lidah dan kental akan nuansa Lebaran! Olahan dari sisa lontong opor ayam ini juga bisa jadi menu sahur yang praktis untuk puasa Syawal nanti.  Bahan-bahan: 200 gram pasta penne atau pasta lain Daging opor ayam secukupnya, suwir-suwir 2 buah cabai merah, iris-iris 300 ml kuahopor300 ml air putih Bawang goreng secukupnya Daun ketumbar cincang secukupnya jika suka Cara membuat: Didihkan air di panci, masukkan pasta, kuah opor, daging ayam opor suwir, dan cabai iris. Masak hingga pasta al dente dan kuah mengental. Sebelum diangkat, masukkan daun ketumbar cincang. Masak hingga tingkat kematangan yang diinginkan, lalu sajikan. #HHWT Tips: Kamu bisa melihat tutorial untuk memasak lemper opor dan pasta opor pada video di atas!
Nasi goreng rendang
Tentu sayang sekali kalau sampai kita harus membuang makanan paling enak sedunia ini. Setelah puas menyantapnya sebagai teman ketupat sayur, kamu pun masih bisa menikmati rendang dengan cara yang berbeda. Salah satu yang enak dan sangat mudah dibuat adalah nasi goreng rendang! Bahan-bahan: 1 piring nasi putih 1 sdm bumbu rendang 1 butir telur 2 potong daging rendang, iris tipis 1 sdt kecap manis Minyak secukupnya Cara membuat: Panaskan minyak, buat telur orak arik, angkat lalu sisihkan. Tumis bumbu rendang hingga harum, masukkan nasi, daging rendang, dan telur orak arik, aduk rata. Tambahkan kecap manis,  aduk rata. Masak hingga bumbu agak kering dan meresap ke nasi. Angkat dan sajikan! 
Pastel rendang
Selain sebagai makanan utama, rendang ternyata juga bisa dijadikan cemilan. Tapi bukan dimakan begitu saja, maksudnya kamu bisa mengolah daging rendangdengan bumbu dan bahan lain untuk dijadikan isian pastel. Rasanya lebih enak daripada pastel isi sayuran atau kari yang biasa kamu makan! 🤤 #HHWT Tips: Selain menggunakan kulit pastel, kamu pun bisa berkreasi dengan menjadikan resep di bawah ini sebagai isian gyoza atau risol! Bahan kulit: 250 gram tepung terigu 1/4 sdt garam 50 ml minyak sayur 100 ml air Bahan isi: 200 gram (sekitar 4 potong) daging rendang 150 gram kentang, cuci bersih, potong dadu kecil, goreng hingga berkulit 3 sdm bumbu rendang Garam dan gula secukupnya 50 ml air atau santan Cara membuat: Buat kulit dengan mencampurkan semua bahan dan uleni sampai rata. Untuk isinya, panaskan minyak, tumis semua bahan hingga air meresap dan kentang matang. Mulailah membuat pastel dengan mengambil adonan kulit, pipihkan, isi dengan tumisan daging dan kentang, lalu lipat dan rapatkan tepinya. Goreng dalam minyak panas sampai matang.
Nastar dessert box
Kalau kamu punya banyak kue nastar di rumah (hasil membuat sendiri di rumah ataupun bingkisan Lebaran dari kerabat) kamu juga bisa mengolahnya menjadi makanan lain. Salah satunya adalah menjadi dessert box kekinian. Menu ini patut kamu coba karena membuatnya kelewat mudah dan hasilnya pun cantik! 🍮 Bahan-bahan: 300 gram nastar, haluskan 200 gram whip creambubuk, kocokdengan 400 ml air dingin200 gram selai nanas siap pakai, cairkan dengan 3 sdm air matang Cara membuat: Susun semua bahan di dalam wadah dengan urutan nastar halus di dasar wadah (padatkan), whip cream, lalu saus nanas sampai berlapis-lapis sesuai keinginan. Ulangi hingga wadah penuh atau semua bahan habis. Simpan di lemari es hingga agak mengeras sebelum disajikan.
Nastar cheesecake tanpa oven
Dengan sedikit kreativitas dan usaha, kamu bisa membuat makanan penutup yang mewah dengan bahan-bahan terbatas. Contohnya adalah nastar cheesecake berikut ini. Kalau biasanya dasar cheesecake terbuat dari biskuit regal atau Oreo, kali ini kamu bisa menikmati sensasi nanas yang segar dengan keju yang creamy! Tenang saja, kamu pun tidak butuh oven atau peralatan masak yang rumit untuk membuatnya.  Bahan-bahan: 300 gram nastar, haluskan, sisakan sedikit untuk taburan 2 sdm margarin, lelehkan 250 ml susu UHT full cream 1 bungkus agar-agar 100 gram keju cheddar parut 4 sdm susu kental manis 2 sdm gula pasir 2 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air Cara membuat: Campurkan nastar dengan lelehan margarin, aduk rata. Masukkan adonan ke dalam wadah, padatkan di dasarnya, lalu sisihkan. Buat adonan cheesecake dengan mencampurkan susu, agar-agar, keju parut, susu kental manis, dan gula. Masak sambil terus di adukhingga semua bahan larut. Setelah mulai mendidih, masukan larutan maizena, aduk hingga mengental. Tuangkan adonan ke atas nastar, lalu diamkan di kulkas hingga mengeras. Taburkan remahan nastar di atasnya sebelum disajikan. 🍰
Kue coklat kacang
Terkadang, kita mendapat begitu banyak bingkisan berupa kue Lebaran dari kerabat dan teman. Tentu saja menyenangkan punya kue Lebaran di rumah, hanya saja kadang kita mendapat kiriman kue Lebaran dengan jenis yang sama. 😅 Untuk menyiasatinya, kamu bisa memodifikasi kue yang ada dengan resep berikut ini untuk membuatnya berbeda! Bahan-bahan: Kue Lebaran pilihan kamu (paling enak menggunakan kastengel atau kue kacang) 1 blok coklat masak 250 gram kacang tanah sangrai/kacang mete, cincang kasar Cara membuat: Cairkan coklat dengan cara di tim. Gulingkan kue ke dalam coklat, lalu gulingkan ke kacang cincang. Sisihkan hingga mengeras. Bukan hanya mencoba resep baru, mengolah lontong opor ayam dan sisa masakan Lebaran pun bisa menjadi ajang untuk menguji kreativitasmu. Kalau kamu baru mulai belajar, contek saja beberapa tips memasak esensial agar semuanya jadi lebih mudah. Mempraktekkan menu di atas juga bisa menjadi salah satu kegiatan menyenangkan untuk merayakan Lebaran di rumah. Apapun yang kamu lakukan di hari raya ini, jangan lupa untuk terus menerapkan etika dan tips kebersihan untuk menjaga kesehatanorang-orangyang kamu sayangi. Simak juga serba serbi Idul Fitri lainnya dalam artikel berikut ini: