icon
icon
article hero

Menikmati Citarasa Gelato Klasik sampai Rasa Tolak Angin di Koron Affogato Bar

AvatarName

Meita Maharani  •  Jun 07, 2021

icon

I scream, you scream, we all scream for ice cream! Itu adalah slogan yang kerap kita dengar dari para pecinta es krim, termasuk gelato. Gelato merupakan kerabat dekat es krim yang berasal dari Italia. Namun banyak yang sering menyamakan antara kedua dessert dingin tersebut. Sebenarnya, gelato memiliki tekstur yang lebih lembut ketimbang es krim dan cita rasa dairy yang pekat, menghasilkan perpaduan susu dan krim yang seimbang. Hal inilah yang juga menyebabkan popularitas gelato menjadi kian meningkat di Indonesia. Di Jakarta dan Bali, kedai gelato pun kian menjamur. Mulai dari merek franchise dari Italia yang banyak kita jumpai di mall, kedai gelato artisan, hingga kafe maupun toko gelato yang mengedepankan nuansa lokal serta fusion. Khususnya di Jakarta, banyak juga penjaja gelato yang juga menggunakan bahan plant based maupun pemanis alami non gula. P.S. Beberapa informasi ini akan sangat berguna untuk kamu! :) Selain di bilangan Jakarta Selatan dan Jakarta Barat,  ada sebuah hidden gemuntukpara penikmat gelato di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Layaknya sebuah gem, lokasinya pun sedikit tersembunyi di Rukan Artha Gading Niaga. Koron Affogato Bar, begitu namanya, adalahgelato eatery yang diprakarsai oleh Ronald Prasanto yang sudah dikenal dengan Ron’s Laboratory yang mengusung tema molecular gastronomy gelato. Sejenak kita menginjakkan kaki di dalam Koron, langsung terasa interior yang fresh dan cocok untuk berlama-lama bersama teman maupun keluarga. Aroma kopi yang sedap juga menyelimuti seantero ruangan, membuat pengunjung semakin betah.
Kredit: Meita Maharani Salah satu hidangan favorit di Koron adalah affogato, atau gelato yang disajikan bersama dengan espresso. Selain itu, Koron juga menyajikan gelato dengan freshly made cone maupun croffle. Ada beragam rasa gelato yang tersedia, mulai dari rasa klasik, buah-buahan, sayuran, hingga fusion. Salah satu yang menjadi favorit adalah Avocado Coffee. Gelato dengan rasa alpukat yang pekat ini bagaikan menikmati buah alpukat segar yang matang dan legit. Ditambah saus kopi yang pekat sebagai topping, membuat kejutan rasa yang tidak disangka! Rasa lain yang juga tidak kalah lezat adalah The Breakfast. Es krim ini memadukan rasa susu dengan sereal jagung dan saus cokelat. Benar-benar seperti breakfast in a cone!Untuk para pecinta rasa gelato klasik, yang pastinya tidak boleh luput adalah Pistachio gelato.Tidak hanya rasa pistachio ini sangat khas dengan Italia, tapi juga merupakan tolak ukur kepiawaian peracik gelato yang tidak diragukan. Selain itu ada Intense Chocolate, yang dibuat dengan menggunakandark chocolate. Rasanya pun cenderung tidak terlalu manis. Pas jika disantap dengan croffle-nya yang sarat dengan aroma mentega yang pekat.
Kredit: Meita Maharani Jika suka bertualang, ada juga beberapa pilihan gelato yang bisa menantang indera perasa. Salah satunya Mint Choco Tolak Angin. Jika sudah terbiasa dengan rasa mint yang menyegarkan, penambahan Tolak Angin ke dalam gelato justru memberikan sensasi hangat ketika dimakan. Sebuah kejutan yang menyenangkan. Rasa lain yang juga tidak kalah menarik adalah Chubby Princess, merupakan perpaduan gelato stroberi, potongan Basque Cheese Cake, compote dan mousse stroberi. Gelato di Koron bisa dinikmati baik dine in maupun take away. Untuk take away, ada 2 kemasan berukuran 1 scoop maupun yang 16 oz untuk dinikmati bersama. Gelato ini juga memiliki kandungan kalori yang cukup rendah, sekitar 85 kkal per 100 ml. Koron juga halal friendly, namun perlu dicermati untuk varian rum raisin mengandung liquor. Harga gelatonya mulai dari Rp 35,000 untuk 2 rasa. Untuk seating areanya juga ada indoor dan outdoor. Jadi semakin penasaran kan? Yuk, cobain! :) KoronAffogato Bar Alamat: Jl. Boulevard Artha Gading No.B, RT.18/RW.8, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 1424 No telp: 0878-3066-3539 Jam operasional: 12.00 - 21.00 WIB Instagram