icon
icon
article hero

5 Benda yang Akan Membuat WFH Kali Ini Semakin Nyaman

AvatarName

Tiara  •  Sep 11, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. [Diperbarui 21 Juni 2021] Melonjaknya angka kasus Covid-19 memaksa pihak otoritas untuk kembali membatasi kegiatan masyarakat. Salah satu yang paling terdampak adalah aktivitas perkantoran yang kembali menerapkan working from home (WFH) dengan proporsi lebih besar.
WFH kali ini memang bukan yang pertama kali. Bulan April lalu, mayoritas perkantoran di ibukota telah menerapkan WFH untuk mencegah penularan Covid 19. Meski demikian, WFH memang menjadi tantangan tersendiri. Selain waktu kerja yang kerap berubah, ketiadaan peralatan kerja yang memadai pun bisa mengganggu produktivitas. Dalam sesi WFH kali ini, tidak ada salahnya jika kamu sedikit beinvestasi di peralatan kantor. Selain agar bisa bekerja dengan nyaman, kamu pun bisa lebih produktif dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Jangan khawatir, semua rekomendasi dari tim HHWT harganya tidak lebih dari Rp 400.000 dan bisa kamu gunakan seterusnya.

Meja kerja

Masihkah kamu ingat betapa tidak nyamannya bekerja di lantai, di kasur, atau di meja makan pada WFH sebelumnya? Kali ini, kamu bisa berinvestasi dengan membeli meja kerja. Dengan demikian, posisi kerja kamu akan lebih nyaman.
Beberapa rekomendasi yang bisa kamu pilih misalnya meja lipat untuk duduk di lantai (mulai dari Rp 55.000 ), meja dinding yang bisa dilipat ketika tidak digunakan ( mulai dari Rp 159.000), atau sebuah meja minimalis yang bisa merangkap fungsi sebagai meja pajangan (mulai dari Rp 335.000).

Kursi kerja

Kamu selalu bisa menggunakan kursi makan untuk bekerja. Namun, tidak salah juga kalau kamu memutuskan untuk membekali diri dengan kursi kerja selama WFH. Kursi kerja yang baik memiliki beberapa syarat. Pertama, harus dapat diatur tinggi rendahnya. Bahannya pun harus kokoh dan sesuai dengan bentuk badan pemakai. Kursi juga sebaiknya memiliki penyangga belakang. Untungnya, ada banyak kursi kerja di marketplace dan toko furnitur yang harganya mulai dari Rp 200 ribuan saja.

Noise cancelling headset

Bekerja di rumah tentu lebih banyak tantangannya, termasuk suara-suara latar yang bisa memecah konsentrasi. Kamu pun bisa mengakalinya dengan menggunakan noise cancelling headset selama bekerja. Pilihannya beragam dengan harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Namun, pastikan kamu membeli yang sesuai dengan anggaran ya.

Alat pijat

Meskipun bekerja dari rumah, sudah pasti akan tetap terasa lelah. Kalau dulu kamu terbiasa pergi ke tempat pijat dan refleksi, sekarang belum bisa. Karenanya, tidak salah jika kamu menyediakan sesi relaksasi dengan alat pijat mini di rumah. Tidak perlu yang mahal. Alat pijat leher, pinggang, dan kaki seperti di atas bisa kamu dapatkan  mulai dari Rp 160.000  saja.

Aplikasi online

Satu hal lain yang bakal membuat WFH kali ini lebih lancar adalah dengan mengunduh aplikasi yang bisa mengatur pekerjaan. Beberapa yang lazim digunakan adalah Slack, Trello, hingga aneka aplikasi dari Google. Suka tidak suka, inilah cara bekerja modern dan kamu harus mulai terbiasa menggunakannya. Kabar baiknya, mayoritas aplikasi ini bisa diunduh dan digunakan secara gratis. Sudah siap kembali #dirumahaja untuk kedua kalinya? Apapun kebijakan yang harus dihadapi, yakinlah bahwa semua ini dilakukan demi memutus rantai penyebaran Covid 19. Sambil #dirumahaja, mari jalan-jalan virtual lewat artikel berikut ini: