icon
icon
article hero

Mata Langit by Plataran, Nikmatnya Bersantap di Negeri di Atas Awan

AvatarName

Tiara  •  Aug 03, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Mata Langit by Plataran menambah daftar panjang destinasi wisata di Jawa Tengah. Restoran yang merangkap fungsi sebagai venue acara ini berlokasi di perbukitan Magelang dan menawarkan pemandangan indah serta makanan halal. Dari tempat ini, kamu bisa melihat pemandangan Candi Borobudur dari kejauhan dan 6 gunung, yakni Gunung Prau, Gunung Sumbing, gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong, dan Gunung Telomoyo. Sebelum kamu pergi ke sana, tim HHWT akan mengajak kamu untuk melihat lebih dekat Mata Langit by Plataran!
Lokasi dan perjalanan menuju ke sana
Mata Langit by Plataran berjarak sekitar 7 kilometer dari Candi Borobudur dan dapat dijangkau dengan berkendara selama sekitar 20 menit. Lokasinya berada di ketinggian Bukit Menoreh di tengah area perkebunan Magelang yang asri. Meski jaraknya tidak terlalu jauh dari Candi Borobudur, perjalanan menuju Mata Langit by Plataran cukup menantang, terlebih bagi kamu yang belum terbiasa menyetir di jalur sempit. Dalam perjalanan, kamu akan menemui sejumlah jalur yang hanya cukup dilalui oleh satu mobil dengan perkebunan di kanan kirinya. Meskipun demikian, semua perjalanan itu akan terbayar dengan keindahan yang akan kamu saksikan dari Mata Langit by Plataran.
Suasana di Mata Langit by Plataran
 Setibanya di sana, kamu akan disambut oleh sebuah bangunan joglo khas Jawa dengan jalan menanjak menuju halamannya. Dari halamannya, kamu akan melihat hamparan pemandangan perkebunan Magelang yang asri dari ketinggian. Pemandangan ini pun semakin cantik jika kamu datang bertepatan dengan saat matahari terbit. 
Kredit: Mata Langit by Plataran Bergeser ke area dalam, restoran ini menyajikan suasana interior yang homey dengan nuansa coklat nan hangat. Sisi-sisinya pun memiliki jendela besar yang dibiarkan terbuka agar kamu tetap bisa menikmati suasana sejuk ketika berada di dalam. Meski lokasinya relatif jauh dari keramaian, fasilitas Mata Langit by Plataran cukup lengkap, termasuk area toilet yang bersih dan modern.
Makanan yang disajikan
Mata Langit by Plataran hanya menyajikan makanan halal, termasuk aneka dessertnya yang dibuat tanpa menggunakan unsur alkohol. Meskipun demikian, restoran ini menyediakan pilihan wine sebagai salah satu menu minumannya. Di sini pun kamu bisa memilih aneka makanan, baik itu makanan Indonesia, makanan barat, ataupun aneka pilihan menu oriental.  Menariknya, Mata Langit by Plataran menyediakan sejumlah pilihan paket makanan yang dikemas ke dalam konsep piknik di ruang terbuka. Salah satu pilihan yang jadi favorit pengunjung adalah paket Sunrise Alfresco untuk sarapan. Dengan mengambil paket ini, pihak restoran akan menyiapkan area piknik untuk kamu dengan pemandangan hamparan kabut pagi yang menyelimuti sekelilingnya. Pengalaman ini akan membuat kamu seperti bersantap di negeri di atas awan saat matahari terbit. 
Fasilitas yang tersedia
Selain pemandangan spektakuler dan makanannya yang lezat, Mata Langit by Plataran juga jadi perbincangan karena suasananya yang fotogenik. Teras luarnya yang berada di bibir tebing menyajikan hamparan perkebunan dengan siluet gunung dari kejauhan. Sebuah pemandangan yang belum tentu bisa kamu temukan di tempat lain di Magelang. Selain itu, ada pula sejumlah ornamen di restoran ini yang menjadi spot favorit lain untuk berfoto, seperti patung singa dan instalasi seni berupa lingkaran yang terbuat dari anyaman kayu. Mata Langit by Plataran pun menyediakan paket Yoga and Meditation untuk kamu yang ingin mencoba berolahraga dan relaksasi dengan pemandangan indah di puncak Bukit Menoreh. Kelas ini dipandu oleh yogi profesional dan tersedia di pagi atau sore hari. Setelah yoga, kamu pun bisa beristirahat sambil menikmati makanan ringan dan pemandangan indahnya. Lihat informasi lebih lengkap tentang paket yoga Mata Langit by Plataran di halaman ini. Mata Langit by Plataran bisa menjadi alternatif bagi kamu yang sedang berwisata ke Yogyakarta atau Magelang. Restoran ini memberikan pengalaman baru dengan bersantap sambil melihat sisi lain kota Magelang. Tempatnya yang tersembunyi pun memberikan privasi lebih bagi kamu yang ingin menikmati suasana alam dengan tenang tanpa mengorbankan kenyamanan dan pelayanan dalam bersantap. Mata Langit by Plataran Harga : Minimal pemesanan Rp 200.000 per orang Alamat: Ngargogondo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah Nomor telepon: +62293 330 1888 dan +62822 1071 8880 Jam operasional: Setiap hari jam 7.00-19.00 Website | Facebook | Instagram Simak juga rekomendasi wisata lain di Yogyakarta dan destinasi domestik lainnya dalam artikel berikut ini: