icon
icon
article hero

8 Masjid Terindah di Indonesia yang Patut Kamu Singgahi

AvatarName

Tiara  •  Aug 18, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Selamat Tahun Baru Islam 1442 Hijriah! Menyambut tahun baru, semangat dan keimanan tentu terus diperbarui. Rasa cinta terhadap agama Islam menggerakkan hati umat Muslim untuk memberikan yang terbaik. Salah satunya adalah dengan meramaikan dan membangun rumah Allah SWT. Betul, masjid terindah di Indonesia adalah bukti keimanan dapat diwujudkan dalam bentuk bangunan ibadah yang indah. Untuk mengisi libur panjang, mengapa tidak singgah dan beribadah sejenak ke beberapa masjid terindah di Indonesia berikut ini?
Masjid Istiqlal Jakarta
Masjid terindah di Indonesia ini dibangun pada tahun 1961 oleh arsitek Frederich Solaban. Arsitekturnya bergaya geometrik dengan lantai berlapis marmer dan baja anti karat. Serasi dengan gaya arsitekturnya, ornamen dan interior masjid bernuansa bangun geometri dengan pola lingkaran dan persegi. Selain digunakan sebagai tempat ibadah umat Muslim, masjid ini pun menjadi salah satu daya tarik wisata di Jakarta dan terbuka bagi wisatawan non-Muslim dengan area terbatas.\Kini, kamu bisa melihat wajah baru Masjid Istiqlal dengan taman dan suasananya yang semakin indah.
Masjid Raya Baiturrahman Aceh
Masjid ini mengadaptasi gaya arsitektur Mughal baru dengan 7 kubah, 8 menara, dan 32 pilar di dalamnya. Kubahnya berwarna hitam dan terbuat dari kayu. Kompleks masjid ini pun memiliki beberapa payung raksasa seperti di Masjid Nabawiuntuk menaungi para jamaah di area luar. Masjid terindah di Indonesia ini juga dikenal karena mampu bertahan kala diterjang tsunami pada tahun 2006 lalu.
Masjid Menara Kudus
Masjid dengan menara seperti candi ini memadukan budaya Islam dan Hindu-Buddha yang menggambarkan akulturasi Islam di Pulau Jawa. Selain untuk beribadah, para jamaah pun datang untuk berziarah ke makam Sunan Kudus yaang berada di dalam komples masjid terindah di Indonesia ini. Menaranya menjulan setinggi 18 meter dengan ornamen 32 piringan bergambar masjid, unta, dan pohon kurma.
Masjid Al Irsyad Padalarang
Tidak seperti masjid pada umumnya, masjid karya arsitek sekaligus Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini berbentuk kubus. Di sisi-sisinya pun dihiasi dengan kaligrafi bertuliskan 2 kalimat syahadat. Selain itu, area mimbar masjid pun unik, yakni berupa sisi terbuka yang menghadap sebuah kolam dan batu besar bertuliskan lafadz Allah SWT.
Masjid Agung Jawa Tengah
Kalau kamu sedang berada di Semarang, kamu bisa mampir untuk shalat atau melihat keindahan Masjid Agung Semarang yang bergaya arsitektur Jawa, Arab, dan Romawi. Selain itu, ada beberapa pilar payung raksasa di halaman masjid. Payung-payung inilah yang membuat Masjid Agung Semarang 'kembar' dengan Masjid Nabawi yang ada di Madinah.  Di sisi lain masjid, ada Bedug Ijo Raksasa Mangunsari berdiameter 1,8 meter yang merupakan hadiah dari Sultan Hasanah Bolqiah, pemimpin Brunei Darussalam.
Masjid 99 Kubah Makassar
Sesuai namanya, masjid terindah di Indonesia ini memiliki puluhan kubah besar dan kecil dengan warna cerah. Kapasitasnya diperkirakan mencapai 10.000 orang dan memiliki pelataran luas di halamannya. Masjid yang berada di lahan reklamasi Pantai Losari ini ternyata juga merupakan hasil karya Ridwan Kamil!
Masjid Dian Al Mahri Depok
Masjid terindah di Indonesia ini juga mejadi masjid dengan lahan terluas di Jabodetabek. Lokasinya berada di Depok, Jawa Barat dan selesai dibangun pada tahun 2006. Ciri khas masjid ini adalah keluma kubahnya yang berlapis emas. Dian Al Mahri, sang pemilik masjid, mengakui masjid megah nan indah mampu menggetarkan jiwa dan mengingatkan umat Muslim akan kebesaran allah SWT.
Masjid Agung An Nur Riau
Dibangun pada tahun 1963, masjid ini mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2000 untuk menciptakan wajah barunya. Gaya arsitekturnya pun memiliki unsur Melayu, Turki, Arab, dan India. Tidak heran kalau penampilannya mirip dengan Taj Mahal di India. Masjid ini pun memiliki berbagai aktifitas dan majelis. Di antaranya adalah sekolah mulai dari playgroup, TK, SD, SMP, dan SMA . Selain itu, masjid ini juga mempunya Radio Penyiaran Komunitas LPK An Nur FM. Simak juga referensi wisata domestik di tanah air lainnya dalam artikel berikut ini: