icon
icon
article hero

Melihat 25 Masjid Terindah di Dunia untuk Mengobati Rasa Rindu Akan Baitullah

AvatarName

Tiara  •  Apr 29, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh A. Zakiran. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Diperbarui 6 April 2020 Masjid adalah bagian penting dari sejarah perkembangan dan peradaban Islam. Masjid merupakan pusat kegiatan dan aktivitas umat Muslim sejak era kejayaan Rasulullah SAW. Saat ini, masjid lebih dikenal sebagai tempat ibadah bagi umat Muslim (kecuali untuk beberapa masjid tertentu).
Kredit: Giphy Bagaimanapun, pentingnya sebuah masjid tidak pernah ternafikan. Beberapa masjid bahkan dibangun sebagai simbol warisan dan kejayaan Islam yang tercermin lewat rancangan arsitekturnya. Sebuah masjid biasanya memiliki kubah, menara, dan aula di dalamnya. Namun, setiap masjid indah memiliki keunikan tersendiri yang berbeda tergantung lokasinya. Inilah 25 masjid terindah di dunia yang akan mengobati rasa kangen kamu akan Baitullah. 😍 P.S. Ingin melihat lebih banyak lagi? Lihat juga 15 masjid di dunia yang membuktikan bahwa Islam merangkul keberagaman!
1. Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi
 Inilah masjid impian setiap umat Muslim! Masjid suci ini adalah tempat berdirinya Ka'bah yang menjadi kiblat shalat dalam Islam. Masjid inis elalu mengalami perubahan dan perbaikan sepanjang tahun untuk mengakomodir kebutuhan umat Muslim dari seluruh dunia yang datang ke sini. Masjid terbesar di dunia ini mampu menampung 1,5 juta jamaah setiap harinya dan juga merupakan tempat penting dalam ibadah haji ataupun umroh. 
2. Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi
Satu lagi masjid impian umat Muslim di dunia, Masjid Nabawi di Madinah. Masjid ini didirikan oleh Rasulullah SAW sendiri dan disebut juga sebagai Masjid Rasulullah. ❤️Inilah masjid paling suci kedua di dunia setelah Masjidil Haram dan bisa menampung sekitar 1 juta jamaah!
Selain shalat, di masjid ini kamu juga bisa mengunjungi makam Rasulullah SAW dan sahabat-sabahatnya, yakni Abu Bakar dan Umar. Salah satu ciri khas masjid ini adalah kubahnya yang berwarna hijau dan di bawahnya terdapat makam Rasulullah SAW dan rumah istrinya, Aisyah
3. Masjid Syekh-Lotfollah, Esfahan, Iran
Kredit: Babak on Flickr  Masjid ini dikenal sebagai 'masjid para wanita' karena memiliki sebuah terowongan yang dulunya hanya digunakan oleh wanita. Terowongan tersebut menghubungkan masjid dengan istana Ali Ghapu sehingga para wanita bisa pergi ke masjid tanpa terlihat oleh khalayak. Salain keindahan ubin Esfahan berwarna biru dan turquoise yang dimilikinya, keunikan lainnya adalah bagian dalam kubah berlapis ubin berwarna krem yang berubah warna menjadi pink pada waktu tertentu. 😍 P.S. ihat juga pengalaman salah satu kontributor kamu saat pergi ke Iran di halaman ini.
4. Masjid Hazrat Sultan, Nur-Sultan, Kazakhstan
 Inilah salah satu masjid terbesar di Asia Tengah. Masjid Hazrat Sultan dibangun dengan gaya Islam klasik menggunakan ornamen khas Kazakhstan. Masjid ini juga memiliki kubah terbesar di Kazakhstan dengan 4 menara setinggi 77 meter. 😱  Tinggi masjid ini adalah 40 meter yang melambangkan usia Rasulullah SAW saat menerima wahyu. Sementara menaranya memiliki tinggi 63 meter yang melambangkan usia Rasulullah SAW saat meninggal dunia.
5. Masjid Shah Faisal, Islamabad, Pakistan
Selesai dibangun pada tahun 1986 Masjid Shah Faisal adalah masjid terbesar di Pakistan dan Asia Selatan. Masjid ini juga pernah menjadi masjid terbesar di dunia pada tahun 1986-1993 sebelum masjid-masjid lain di dunia mengembangkan pembangunannya. Sekarang, masjid ini adalah yang terbesar keempat di dunia, Rancangannya mengacu pada tenda di gurun Bedouin dan menjadi masjid nasional Pakistan dengan arsitektur Islam modern pada fasadnya.
6. Mesjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Brunei
 Berlokasi di Bandar Sri Begawan, masjid ini didaulat sebagai salah satu masjid terindah di Asia Tenggara. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi destinasi bersejarah yang menarik bagi para wisatawan. Jangan sampai kamu melewatkannya ketika berkunjung ke Brunei Darussalam ya. Kamu pun bisa langsung melihatnya dari kejauhan karena menara masjid ini adalah bangunan tertinggi di Bandar Sri Begawan. Konon, Sultan Brunei memerintahkan bangunan tertinggi di sana untuk mengurangi ketinggiannya agar tidak lebih tinggi dari menara masjid. Di laguna masjid juga ada sebuah kapal dari batu yang merupakan peninggalan kerajaan sejak abad ke-16! P.S. Ingin menjelajahi Brunei Darussalam? Inilah daftar yang kamu butuhkan
7. Masjid Syekh Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab
Kredit: Dr. Norbert on Flickr Struktur mengagumkan masjid ini bisa dilihat dari kedua sisi jembatan yang menghubungkan Abu Dhabi dengan daratan utama. Masjid ini juga memiliki taman cantik yang menjadi pemandangan khas kota Abu Dhabi. Selain itu, masjid ini juga menjadi tempat istirahat Syekh Zayed, presiden pertama Uni Emirat Arab.
Masjid ini punya 82 kubah, lebih dari 1000 kolom, lampu gantung berlapis emas 24 karat, dan karpet buatan tangan terbesar di dunia. Kapasitasnya mencapai 41.000 jamaah dan menjadi salah satu dari sedikit masjid di wilayah ini yang terbuka untuk pengunjung non-Muslim. 😄
8. Masjid Hassan II, Casablanca, Maroko
Kredit: Milamber on Flickr Bangunan megah ini didirikan untuk memperingati hari ulang tahun sang raja yang ke-60 tahun. Berdiri menjulang dengan menara setinggi 210 meter,inilah masjid terbesar ketiga di dunia. Masjid ini dibekali dengan lantai berpenghangat, atap yang bisa dibuka, lantai kaca, dan lampu laser di puncak menara yang mengarah ke Mekkah setiap malam. Kisahnya dimulai ketika Raja Hassan II mengungkapkan keinginannya agar kota ini "memiliki bangunan besar dan indah yang bisa dibanggakan hingga akhir zaman" saat ulang tahunnya karena ia melihat Casablanca tidak memiliki bangunan bersejarah. 13 tahun kemudian, beliau meresmikan Masjid Hassan II yang dibangun di atas tanah berbatu. #HHWT Tips: Jelajahi Maroko dengan itinerary 7 hari 6 malam yang kami susun!
9. Masjid Jama, Fatehpur Sikri, Agra, India
Kredit: nborun on Flickr Masjid Jama adalah salah satu masjid terbesar di India. Didirikan oleh Kaisar Shah Jahan pada abad ke-16, masjid ini merupakan bagian dari situs warisan budaya Fatehpur Sikri, ibukota Kerajaan Mughal selama 10 tahun. Dengan arsitektur bernuansa Iran yang mempesona, Masjid Jama juga menjadi situs wisata paling ramai di Agra. Pembangunan masjid ini menandai transisi kesenian Islam di India dimana perpaduan budaya Persia dan elemen lokal begitu terasa.
10. Masjid Sultan Ahmed, Istanbul, Turki
Inilah salah satu masjid yangpaling terkenal di dunia, Masjid Sultan Ahmed atau yanglebih dikenal sebagai Masjid Biru. Masjid ini memiliki kubah yang bersusun dan 6 menara. ubin Iznik berwarna biru yang menghiasi interiornya adalah alasan mengapa masjid ini dikenal dengan nama Masjid Biru. Hanya masjid ini yangmemiliki 6 menara dan halamannya adalah yang terluas dari seluruh masjid peninggalan Ottoman. Biasanya, para turis dan warga lokal berkumpul di tamannya menghadap masjid saat azan maghrib. Ditambah dengan cahaya lampu yang meneranginya, keindahan pemandangannya akanmembuatmu merinding! P.S. Masih bingung apa yang harus dijelajahi di Istanbul? Simak dulu panduan lengkap yang kami buat
11. Masjid Jami-Ul-Alfar, Kolombo, Sri Lanka
 Selain Masjid Biru di Istanbul, ada pula Masjid Merah di Kolombo. Masjid dengan arsitektur unik ini terletak di kawasan bisnis Pettah, Kolombo. Setiap batu bata yang digunakan untuk membangun masjid ini dicat dengan warna merah dan putih serta disusun sedemikian rupa sehingga masjid ini pun dikenal dengan nama Masjid Merah. Arsitekturnya bergaya Indo-Saracenic dengan ubah berbemtuk delima yang unik. Konon, masjid ini bahkan menjadi acuan para pelaut ketika merapat di pelabuhan pada masa lalu. 😁 
12. Masjid Kristal, Kuala Terengganu, Malaysia
Kredit: Pesan Bonda on Facebook Masjid Kristal terletak di pulau buatan tempat Taman Budaya Islam Kuala Terengganu berada. Masjid ini dibuka pada Februari 2008 lalu dan menjadi masjid pintar pertama di Malaysia dengan adanya infrastruktur IT dan koneksi WiFi yang bisa digunakan jamaah untuk mengakses Al Quran digital. Arsitekturnya dibuat dari material besi dan kaca yang membuatnya tampak seperti kristal. Lewat permainan cahaya lampu di malam hari, masjid ini memang layak dijuluki sebagai salah satu masjid terindah karena kubah dan menaranya yang berganti-ganti warna. 😍 P.S. Masjid yang tak kalah indah di Malaysia ini juga patut kamu kunjungi!
13. Masjid Bibi-Khanym, Samarkand, Uzbekistan
 Dibangun pada abad ke-15, Masjid Bibi-Khanym sempat mengalami kerusakan akibat gempa pada tahun 1897. Namun, perlahan-lahan masjid ini diperbaiki dan kembali meraih predikat sebagai salah satu masjid terindah di dunia. Menurut legenda, masjid ini didirikan oleh istri kesayangan Tamerlane, Bibi-Khanym, untuk menghormati kembalinya sang suami dari India dan menjadikannya bangunan paling megah di Samarkand. Hasilnya, masjid ini punya 3 kubah, galeri, 8 menara, dan halaman luas dengan pedestal untuk Al Quran. P.S. Masjid Bibi-Khanym hanyalah satu dari sekian banyak tempat menarik di Uzbekistan. Inilah 10 alasan mengapa negara ini patut dikunjungi
14. Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Indonesia
Kredit: Johanes on Flickr Dengan kubahnya yang berwarna hitam yang terbuat dari kayu, masjid ini juga dikenal karena mampu bertahan kala diterjang tsunami pada tahun 2006 lalu. Banyak opini yang beredar tentang alasan masjid berusia 130 tahun ini mampubertahan sementara bangunan serupa lainnya luluh lantak disapu gelombang. Ribuan warga lokal pun mengungsi ke masjid ini ketika gelombang tsunami menghantam Banda Aceh. Rekaman dan gambar dari kejadian tersebut pun masih membekas bagi banyak orang. Masjid ini mengadaptasi gaya arsitektur Mughal baru dengan 7 kubah, 8 menara, dan 32 pilar di dalamnya.
15. Masjid Raya Sultan Qaboos, Muscat, Oman
Masjid ini merupakan hadiah dari Sultan Qaboos kepada bangsanya untuk memperingati 30 tahun kepemimpinannya. Aula utamanya memiliki karpet Persia buatan tangan terbesar kedua di dunia dengan ukuran 70 meter kali 60 meter yang ditenun oleh 600 wanita selama 4 tahun. Inilah masjid utama di Oman dan satu-satunya masjid yang terbuka bagi non-Muslim. Selain aula yang luas, masjid ini juga memiliki halaman dan 5 menara yang melambangkan 5 Rukun Islam. ❤️ 
16. Masjid Sentral Mashkhur Jusup, Pavlodar, Kazakhstan
Berhias bintang bersumbu 8, 1 kubah, dan 4 menara, masjid ini terletak di jantung kota. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid ini juga memiliki sekolah, aula pertemuan, perpustakaan, bioskop, ruang makan, dan museum Islam. Bangunannya didominasi bahan beton, batu bata, metal, marmer, dan alumunium, gaya arsitekturnya menjadi inspirasi bagi banyak desain urban di negara ini. Keunikannya pun jelas tidak bisa ditemui di tempat lain.
17. Masjid Raya Xi'an, Xi'an, China
Salah satu masjid tertua dan terbesar di China adlah Masjid Raya Xi'an yang didirikan pada tahun 700 selama Dinasti Ming. Menurut sejarah, masjid ini didirikan oleh putra dari sebuah keluarga Muslim terhormat yang terkenal karena mengusir bajak laut dari Laut China. P.S. Ada begitu banyak hal yang bisa kamu lihati di Xi'an, cek panduannya di sini Turis dari seluruh dunia datang ke masjid ini untuk melihat keunikan arsitektur yang memadukan gaya Muslim dengan budaya China! 😍 #HHWT Tip: Kalau kamu ingin ke Xi'an, jangan lupa lihat dulu itinerary 5 hari 4 malam ramah Muslim yang kami susun!
18. Masjid Sentral Seoul, Seoul, South Korea
 Masjid Sentral Seoul merupakan masjid pertama dan satu-satunya masjid yang ada di Korea. Terletak di puncak bukit di kawasan Itaewon yang sibuk, masjid ini selesai dibangun pada tahun 1976 dengan dana bantuan dari berbagai negara Muslim dan pemerintah Korea. Menariknya, kajian Islam di masjid ini dibawakan dalam 3 bahasa, yakni bahasa Korea, bahasa Inggris, dan bahasa Arab! Di atas pintu masuknya terdapat sebuah papan bertuliskan lafal "Allahuakbar" yang berarti "Allah Maha Besar". 😊 Dengan begitu banyak piihan makanan halal di sekitar masjid ini, tidak heran jika Seoul menjadi salah satu kota favorit unutk dikunjungi para traveller Muslim! #HHWT Tip: Jelajahi Seoul dengan itinerary 5 hari 4 malam ramah Muslim ini!
19. Tokyo Camii, Japan
Kredit: Tokyo Camii on Facebook Berlokasi di distrik Oyama-cho, Shibuya, Tokyo Camii adalah masjid terbesar di Jepang. Setibanya kamu di masjid ini, matamu akan langsung tertuju kepada pintunya yang cantik dengan desain geometrik khas arsitektur Islam! 😍 Aulanya dilapisi dengan karpet berwarna biru dengan bias cahaya matahari yang menembus kaca patri berwarna. Material bangunan dan furniturnya pun dibawa langsung dari Turki! P.S. Temukan tempat shalat yang dekat dengan pusat keramaian di Tokyo dengan panduan yang kami buat Jika kamu bertanya-tanya mengapa masjid ini disebut Tokyo Camii, kata camii berasal dari bahasa Turki untuk Jami yang berarti jamaah. #HHWT Tip: Mau berkunjung ke Tokyo Camii? Jangan lupa untuk mampir ke toko halal yang ada di sana  untuk menyetok cemilan halal! Visiting Tokyo Camii? P.S. Ingin menjelajahi Tokyo? Jangan lewatkan makanan lezat dengan panduan makanan halal di Tokyo yang kami buat! 
20. Masjid Badshahi, Pakistan
Kredit: Umair Khan on Flickr Dibangun pada tahun 1673, masjid yang juga dikenal sebagai Masjid Sultan ini adalah salah satu monumen kota yang paling terkenal! Eksteriornya berhiaskan bebatuan yang diukir, marmer, dan batu paras berwarna merah, mirip dengan Masjid Jama di Delhi, India. Interior ruangan shalat masjid ini dihiasi dengan marmer putih berukirkan bunga, ciri khas kesenian Mughal. 😍
21. Masjid Kota Pendidikan, Doha
Dengan desainnya yang futuristik, tidak heran jika masjid ini terbilang unik dan berbeda dengan masjid pada umumnya! Strukturnya terbentuk dari 5 kolom besar yang melambangkan Rukun Islam dengan untaian ayat Al Quran di setiap kolomnya.  ❤️ Masjid ini mampu menampung 1.800 jamaah di aula utamanya. Bagian luarnya pun dihiasi dengan ukiran ayat Al Quran dan ratusan jendela kecil yang menghiasi strukturnya.
22. Masjid Sentral Cologne, Cologne, Jerman
Masjid terbesar di Jerman ini mengambil inspirasi arsitekturnya dari kelopak bunga. Dinding kacanya melampangkan keterbukaan terhadap orang dengan keyakinan yang berbeda. Konsep terbuka bangunan ini pun dipadukan dengan elemen Islam kontemporer. Tulisan Arab yang ada di langit-langitnya adalah nama-nama nabi yang ada dalam agama Yahudi, Islam, dan Kristen.  Aulanya bisa menampung 1.200 jamaah. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga memiliki pertokoan dan fasiitas olahraga yang bisa digunakan oleh semua orang. Keterbukaan dan elemen antar budaya masjid ini akan menjadi pengingat yang baik untuk selalu menjadi jembatan bagi orang-orang yang berbeda keyakinan! 
23. Masjid Nasir Al-Mulk, Shiraz, Iran
Dibangun pada abad ke 19, masjid yang terbilang baru ini memadukan elemen Islam klasik dan modern. Dikenal juga sebagai Masjid Pink, masjid Nasir al-Mulk semakin hidup dengan warna kaleidoskop ketika matahari terbit. Sembari kamu melihat-lihat eksteriornya, kamu akan menyadari beberapa detail rancangannya yang menarik! Bersiaplah untuk terpana karena keindahan bagian dalam masjid ini! Dirancang dengan kaca patri, cahaya matahari yang masuk menciptakan warna-warni yang menakjubkan 😍
24. Masjid Qolsharif, Kazan, Russia
Pernah didaulat sebagai masjid terbesar di Eropa (di luar Istanbul), masjid ini dibangun pada abad ke-16 di era Muslim khanate di Kazan. Arsitektur unik masjid ini akan mengingatkanmu kepada istana di dunia Disney! 😍 Meskipun masjid ini sempat hancur saat Tsar menginvasi Kazan pada abad ke-16, masjid ini kembali dibangun dengan bantuan negara Islam seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab setelah Uni Soviet jatuh. Setelah sekian lama, akhirnya reputasinya pun kembali!
25. Masjid Putra, Putrajaya, Malaysia
 Warna granitnya yang kemerahan membuat masjid ini dikenal dengan nama Masjid Pink. Masjid Putra dibangun seiring dengan pengembangan kota Putrajaya pada tahun 1997. Konstruksinya selesai 2 tahun kemudian dan terletak tepat di sebelah rumah dinas Perdana Menteri Malaysia. 😀  Keindahan masjid ini bisa dinikmati lewat refleksinya di permukaan Danau Putrajaya. Sebuah tempat yangtepat untuk mencari keheningan dan kedamaian. 😌 Itulah dia daftar beberapa masjid terindah di dunia. Semoga kamu semakin terinspirasi untuk mengunjungi rumah Allah ini. Jangan lupa bagikan informasi ini dengan seseorang yang ingin kamu ajak ke sana!