icon
icon
article hero

Mandi Bareng Gajah di Ekowisata Tangkahan Sumatera Utara

AvatarName

Zulaikha  •  Jul 22, 2021

icon

Dimana Tangkahan berada dan bagaimana cara menuju ke sana?

Kawasan ekowisata Tangkahan berada di dalam area Taman Nasional Gunung Leuser, tepatnya di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Kalau dari kota Medan, jaraknya sekitar 95 kilometer. Selain naik bisa, kamu juga bisa menyewa mobil untuk mengantarkan kamu langsung ke gerbang ekowisata Tangkahan. Sebelum kamu menjajal perjalanan ke sana, simak dulu cerita member Tribes by HHWT, Zulaikha yang telah merasakan serunya bermain bersama para gajah di sana! Baca juga cerita Tribes by HHWT lainnya di bawah ini: Wisata alam di Indonesia tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Kali ini saya berkesempatan mengunjungi salah satu hidden gem di pedalaman Sumatera yaitu Ekowisata Tangkahan.
Kredit: Zulaikha Ekowisata ini terletak di Namu Sialang, Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat. Jika ditempuh dari Kota Medan menghabiskan waktu sekira 4 - 5 jam perjalanan. Ekowisata Tangkahan termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Gunung Leuser. Luasnya meliputi ribuan hektar hutan hujan Sumatera. Tempat ini sungguh kaya akan flora dan fauna. Selain itu terdapat 2 sungai yang melintasi kawasan ini yaitu Sungai Buluh dan Sungai Batang. Airnya begitu jernih berwarna tosca dan tidak terlalu dalam. Selain untuk mandi, pengunjung dapat melakukan river tubing di kedua sungai tersebut. 
Kredit: Zulaikha Saat saya berkunjung ke Tangkahan pada Juli 2019, ternyata di sana sedang musim durian. Durian asli Tangkahan sungguh lezat dan sangat memuaskan. Daging buahnya tebal, rasanya tinggal pilih mau yang manis pahit atau manis legit. Apalagi jika dinikmati sambil bersantai di pinggiran sungai.
Kredit: Zulaikha Momen yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Tangkahan adalah menyaksikan gajah-gajah mandi. Waktu para gajah mandi adalah di pagi dan sore hari. Pawang (mahout) akan menggiring gajah menuju sungai.
Pengunjung diperbolehkan mandi bersama gajah atau sekedar mengabadikan momen dengan berfoto bersama para gajah yang sedang mandi. Ini bakal menjadi pengalaman menyenangkan tersendiri.
Kredit: Zulaikha Ada beberapa kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di Ekowisata Tangkahan selain mandi bersama gajah, antara lain camping dan jungle tracking menaiki gajah menyusuri hutan. Tidak perlu khawatir soal penginapan karena ada beberapa cottages yang disewakan untuk pengunjung. Tentunya dengan suasana yang tenang dan jauh dari hiruk-pikuk.

Yuk, bergabung dengan Tribes by HHWT!

 Pandemi Covid-19 membuat kita tidak bisa bepergian, karena itulah kami meluncurkan Tribes. Tribes adalah sebuah platform di mana kamu berbagi foto, video, dan artikel tentang travel, kuliner, dan topik lainnya. Dengan bergabung dan mengirimkan konten, kamu berkesempatan mendapatkan hadiah voucher setiap bulannya, datang ke undangan media, berkolaborasi dengan brand, hingga jalan-jalan ke luar negeri. Langsung saja bergabung dengan Tribes by HHWT dengan mengisi formulir di halaman ini:

http://bit.ly/HHWTTribesID

Kalau sudah, langsung saja upload tulisan, foto, atau video kamu ke halaman berikut ini: Artikelhttp://bit.ly/TribesStoryID Photo essayhttp://bit.ly/TribesPhotoStoryID Videohttp://bit.ly/TribesVideoID