icon
icon
article hero

Uniknya Yu Sheng, Makanan Khas Imlek Perlambang Kemakmuran

AvatarName

Tiara  •  Jan 22, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Selain kemeriahan dekorasi berwarna merah, makanan khas Imlek juga menjadi bagian penting dalam perayaan tahun baru ini. Salah satu yang paling ikonik adalah yu sheng. Yu sheng merupakan sejenis salad dengan isi aneka buah, sayur, biji-bijian, dan ikan salmon yang biasa dinikmati bersama keluarga saat perayaan Imlek. Komposisi
Makanan khas Imlek ini terbuat dari berbagai macam bahan. Beberapa elemen yang biasa digunakan untuk membuat yu sheng antara lain wortel, lobak, jeruk, dan rumput laut. Untuk menambah tekstur dan rasa, biasanya ditambahkan wijen, kacang tanah, dan kerupuk. Tidak lupa fillet ikan salmon yang menjadi ciri khasnya. Cita rasa yu sheng pun unik karena saus yang digunakan. Rasa asam segar yu sheng berasal dari perasan jeruk nipis. Selain itu, aroma harum makanan khas Imlek ini berasal dari minyak bawang yang melengkapinya. Makna Hampir semua makanan khas Imlek punya makna, tidak terkecuali yu sheng. Di balik ragam bahannya, setiap elemen memiliki makna tersendiri. Misalnya saja daging ikan yang melambangkan keberlimpahan sepanjang tahun. Irisan wortel dianggap sebagai berkah keberuntungan, hingga kacang tanah yang melambangkan kehidupan yang dilimpahkan emas dan perak.
Tidak hanya itu, jumlah jenis bahan yang digunakan pun harus ganjil sebagai lambang rezeki.Tata cara penyajian yu sheng Selain bahannya, cara penyajian yu sheng juga tidak sembarangan dan memiliki makna tersendiri. Pertama-tama adalah dengan memeras jerus ke atas salmon, lalu ditata di atas irisan wortel. Setelahnya, taburkan kacang, wijen, lalu kerupuk. Langkah selanjutnya adalah menuangkan saus ke atas yu sheng dengan gerakan memutar. Gerakan ini dimaksudkan agar keberkahan menyirami seluruh anggota keluarga.
Setelah disusun dan dibumbui, saatnya mengaduk yu sheng. Inilah bagian paling seru karena yu sheng harus diaduk dengan sumpit bersama-sama dan diangkat setinggi mungkin. Sambil di aduk, seluruh anggota keluarga pun mengucapkan "Lo hei! Lo hei!". Semakin tinggi yu sheng di angkat, maka dipercaya akan semakin banyak rezeki di tahun yang baru ini. Selain membuatnya sendiri di rumah, yu sheng juga bisa ditemukan di sejumlah restoran China. Menu ini biasanya disajikan musiman, yakni saat mendekati perayaan Imlek. Beberapa restoran pun menyarankan agar yu sheng dipesan beberapa hari sebelum kunjungan untuk memastikan ketersediaannya. Selain yu sheng, masih banyak makanan khas Imlek lainnya yang biasa ditemukan di rumah-rumah yang merayakan tahun baru ini. Simak juga kemeriahan dan serba-serbi Imlek menarik lainnya dalam artikel berikut ini: Tahukah kamu bahwa Tahun Baru Imlek awalnya dirayakan untuk menyambut datangnya musim panen dan musim semi?
Menjelang datangnya Tahun Baru Imlek, HHWT mengajak kamu untuk turut serta menikmati kemeriahannya dalah Hello Spring Festival 2021!
Ada apa saja di festival ini?
Akan ada berbagai booth virtual yang menarik, termasuk dari JR West, Klook, dan Singapore Tourism Board. Kamu juga bisa bergabung dalam program siaran live menarik dengan berbagai tema, seperti pengalaman para mualaf yang merayakan Tahun Baru Imlek, tradisi dan kebiasaan di Tahun Baru Imlek, dan kiat agar acara makan bersama keluarga lebih menyenangkan. Kamu juga bisa memenangkan Lucky Draw berupa empat voucher GrabFood senilai masing-masing Rp 200.000 dan Grand Lucky Draw masing-masing satu voucher staycation di Hotel Pullman Jakarta Thamrin dan Central Park! Daftar sekarang juga di halaman ini. Sampai ketemu di Hello Spring Festival 2021!