icon
icon
article hero

Penting Dikonsumsi, Ini 5 Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin D

AvatarName

Tiara  •  Jul 16, 2021

icon

Apa makanan yang mengandung vitamin D?

Cukup banyak dan mudah ditemukan! Sumber vitamin D bukan hanya berasal dari suplemen, namun juga bisa berasal dari makanan bergizi yang kita konsumsi sehari-hari. Bahan makanan yang mengandung vitamin D lebih banyak berasal dari unsur hewani. Namun, ada pula beberapa produk nabati yang tinggi vitamin D. Dilansir dari sumber ini, vitamin D berkaitan erat dengan sistem daya tahan tubuh. Selain itu, manfaat vitamin D juga untuk melawan peradangan, sebagai antioksidan, serta mendukung fungsi otot dan sel otak. Selain dari berjemur dan suplemen kesehatan yang baik, makanan yang mengandung vitamin D ini baik untuk rutin dikonsumsi!

Ikan laut

salmon sumber vitamin d
Ikan laut paing sering disebut sebagai makanan yang mengandung vitamin D. Misalnya, dalam setiap 100 gram ikan salmon, mengandung 526 IU vitamin D. Kandungan vitamin D tersebut sudah mencukupi kebutuhan harian vitamin D orang dewasa. Ikan laut lain pun tidak kalah bergizi. Sekaleng ikan sarden bisa mengandung 177 IU vitamin D atau seperlima kebutuhan harian manusia. Jika kamu tidak suka makan ikan, kamu bisa mempertimbangan minyak hati ikan kod sebagai sumber vitamin D. Setiap satu sendok teh minyak ikan kod mampu memenuhi separuh kebutuhan harian citamin D orang dewasa.

Kuning telur

kuning telur sumber vitamin d
Satu butir kuning telur yang kamu konsumsi merupakan sumbervitamin D sebesar 37 IU atau kurang lebih lima persen dari kebutuhan harian. Uniknya, kadar vitamin D nya berbeda-beda, tergantung nutrisi pakannya dan seberapa banyak sang induk ayam terpapar sinar matahari. Dengan demikian, telur yang berasal dari ayam yang diternak di luar kandang atau pakan dengan vitamin D tinggi lebih baik untuk memenuhi kebutuhan harian.

Susu sapi

susu sumber vitamin d
Bukan rahasia jika sejak kecil kita diajarkan bahwa susu sapi merupakan makanan yang mengandung vitamin D. Selain vitamin D, susu juga memiliki berbagai nutrisi, mulai dari kalsium, fosfor, dan riboflavin. Secangkir susu biasanya mengandung 115 IU vitamin D atau sekitar 20 persen dari kebutuhan harian. Berkat perkembangan teknologi, kini susu sapi bisa diolah sedemikian rupa sehingga kandungan vitamin D-nya lebih tinggi. Kabar baiknya, susu sapi bisa dinikmati dengan berbagai cara, mulai dari susu pisang ala Korea, hingga resep susu jahe dan minuman lainnya.

Jamur

jamur sumber vitamin d
Jika kamu vegetarian, jamur adalah makanan yang mengandung vitamin D yang bisa kamu konsumsi. Pada beberapa jenis jamur, kadar vitamin D-nya bahkan melebihi kebutuhan harian manusia. Beberapa metode budidaya jamur menggunakan paparan sinar UV agar kandungan vitamin D di dalamnya maksimal. Jika kamu makan di restoran vegetarian atau memesan katering sehat, menu jamur bisa menjadi pilihan utama.

Jeruk

jeruk sumber vitamin d
Satu lagi alasan untuk jatuhcinta kepada buah yang satu ini. Selain kaya akan vitamin C, ternyata jeruk juga merupakan suber vitamin D yang baik. Jus jeruk pun bisa menjadi alternatif untuk kamu yang alergi susu. Satu cangkir jus jeruk diklaim bisa mengandung hingga 100 IU vitamin D, atau sekitar 12 persen dari kebutuhan harian. Simak juga informasi seputar hidup sehat lainnya dalam artikel berikut ini: