icon
article-hero

Tetap Sehat di Musim Hujan, 5 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Setiap Hari

avatar-name

Tiara •  Feb 22, 2021


Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan.

Hujan deras dan cuaca ekstrim diprediksi masih akan terjadi di beberapa kota besar di Indonesia dalam beberapa waktu ke depan. Selain membekali diri dengan perlengkapan dan rencana darurat, menjaga daya tahan tubuh adalah sebuah keharusan.

Seolah pandemi belum cukup, cuaca buruk yang terjadi belakangan ini bisa menggerus daya tahan tubuh kita. Agar tetap sehat, berikut ini adalahbeberapa makanan ang baik kamu konsumsi setiap hari dan rekomendasi resepnya.

HHWT Tip: Makanan ini juga baik dikonsumsi selama berpuasa. Jadi, tidak ada salahnya untuk mulai mengonsumsinya setiap hari mulai dari sekarang.

Madu

Madu sering digunakan dalam pengobatan alami untuk sakit tenggorokan. Tidak heran, madu memang mengandung mineral, vitamin, serta antimikroba dan antioksidan yang baik untuk menambah imun tubuh.

Karena rasanya enak, madu bisa dikonsumsi langsung. Namun jika kamu ingin membuatnya lebih spesial, kamu bisa mengonsumsi perasan lemon yang dicampur madu (lemon shot) setiap pagi sebelum beraktivitas.

Susu

Susu memang mengandung kalsium, protein, vitamin A, B12, serta D yang baik untuk daya tahan tubuh. Kini, semakin banyak ragam susu yang dijual di pasaran, mulai dari susu nabati hingga susu bebas laktosa. Semuanya baik untuk dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan dan preferensi.

Selain diminum langsung, susu juga bisa dijadikan menu sarapan yang enak. Misalnya dengan membuat overnight oats, smoothies, ataupun es krim berbagan dasar susu dan buah segar.

Biji-bijian

Biji-bijian mengandung serat, mineral, dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Misalnya gandum dan barley yang mengandung zinc, zat besi, vitamin B, dan beta-glucan yang meningkatkan sel darah dalam sistem daya tahan tubuh.

Mengonsumsi biji-bijian pun mudah. Bisa dengan camilan kacang, sereal. ataupun mencampurkannya ketika memasak nasi. Dengan demikian asupan biji-bijian kamu bisa terpenuhi tanpa usaha ekstra.

Aneka jeruk

Bukan rahasia bahwa jeruk-jerukan mengandung vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin C juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan organ dalam.

Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman atau jus jeruk dalam kemasan. Selain kandungan gulanya tinggi, jus jeruk juga hanya mengandung cairannya saja.

Lain halnya jika kamu mengonsumsi jeruk utuh. Selain mendapatkan vitamin C dengan rasa yang enak, kamu pun mendapatkan nutrisi berupa serat dari bulir jeruk tersebut.

Kurma

Kurma  mengandung potasium, vitamin A, B, C, serta serat. Kandungan gulanya pun dilepas secara bertahan di dalam tubuh sehingga kamu bisa kenyang lebih lama. Bukan hanya untuk bulan puasa, kurma juga baik dikonsumsi setiap hari.

Selain dimakan langsung sebagai camilan, kurma juga bisa dijadikan pengganti gula dalam smoothies atau dibuat aneka olahan kurma.

Simak juga tips dan resep makanan mudah lainnya dalam artikel berikut ini: