[DIPERBARUI 16 April 2019]

Apalah artinya liburan ke Korea kalau tidak menyantap kulinernya yang lezat? Dakgalbi, bibimbap, dan tteokpokki – pastinya sulit untuk tidak menyukai makanan-makanan ini. Kalau kamu mencari makanan Korea halal yang autentik, artikel ini adalah panduan yang PAS buat kamu 🤗 Tanpa perlu basa-basi lagi, ayo kita mulai petualangan kuliner Korea kamu!

Tips #HHWT: Jelajahi Seoul dengan itinerari ramah-muslim untuk 5 hari 4 malam ini 😍

[P.S. This article is also available in English!]

gumiho gif

[P.S. Kamu pernah ke Seoul? Tinggalkan review di aplikasi kami 🤗 dan ceritakan pengalaman kamu di kota yang indah ini!]

1. EID – 이드 Halal Korean Food

Kalau kamu baru kembali dari Seoul atau sedang berencana pergi ke sana, kemungkinan besar kamu pernah mendengar tentang restoran ini. Penulis kami mengunjungi restoran ini dan menyukai pilihan makanan Korea halal yang ditawarkan di sana. Seperti kebanyakan restoran halal lainnya di Seoul, EID berada di Itaewon. Kalau pun kamu tidak memasukkannya di itinerari, kami sangat menyarankan kamu mengunjungi Itaewon untuk menyantap kuliner Korea halal nan autentik! Apalah artinya liburan ke Korea kalau tidak menyantap kulinernya yang lezat, kan?

Sumber: @labekka di Instagram

Seperti restoran korea pada umumnya, EID menyediakan berbagai macam banchan atau makanan pendamping selain menu yang kamu pesan 😋 Kalau kamu mau menginap dekat dengan makanan-makanan enak ini, cek juga EID guesthouse, penginapan yang ramah-muslim di Seoul!

Status Halal: bersertifikat halal (dari Korea Muslim Federation), lokasi dekat masjid
Jam Buka: Selasa – Sabtu, pukul 11.30 – 21.00. Hari Senin tutup
Harga: sekitar ₩8,000 – ₩12,000
Petunjuk Arah: dari depan gerbang Masjid Itaewon, berjalanlah lurus ke depan menjauhi gerbang (bukan gang di kiri atau kanan masjid). Jaraknya sekitar 100 meter dari gerbang masjid dan letaknya di sebelah kiri jalan. Baca juga panduan ke Itaewon dari kami untuk info lebih lanjut!

[P.S. Kamu sudah pernah makan di EID Restaurant? Ceritakan pada kami apa yang membuat kamu menyukai makanannya di aplikasi ini dan bagikan pengalaman kamu dengan Muslim lainnya!]

2. Makan Halal Korean Restaurant

Makan Halal Korean Restaurant storefrontSumber: Makan Halal Korean Restaurant di Facebook

Makan Halal Korean Restaurant berdiri sejak 2015 dan termasuk salah satu restoran baru di Itaewon. Seperti halnya EID, restoran rumahan ini juga menawarkan kuliner lokal Korea, misalnya bulgogi (daging sapi panggang yang sebelumnya direndam bumbu), dakdoritang (ayam kuah pedas), mulnaengmyeon (mie dingin – wajib dicoba di musim panas), dan lainnya!

Sumber: Makan Halal Korean Restaurant di Facebook

Ayam goreng Korea (dakganjeong) di restoran ini juga sangat lezat! Kalau kamu tidak punya cukup waktu untuk makan di tempat, jangan khawatir! Restoran ini menjual dosirak (paket makan siang ala Korea) yang bisa dibawa pulang!

Sumber: Makan Halal Korean Restaurant di Facebook

Tips #HHWT: Kalau kamu mencari penginapan yang dekat dengan tempat makan halal, Itaewon adalah pilihan terbaik!

Status Halal: bersertifikat halal (dari Korea Muslim Federation), lokasi dekat masjid
Jam buka: Senin, Rabu – Sabtu, pukul 10.30 – 22.00 (Hari Selasa tutup)
Alamat: 52, Usadan-ro 10 gil, Yongsan-gu, Seoul, South Korea 140-911
Petunjuk Arah: restoran ini berada di depan masjid Itaewon (Seoul Central Masjid) dan dekat dengan EID Restaurant (sebelah kanan jalan sebelum EID).

[P.S. Kalau kamu sudah pernah ke sini, ceritakan pada kami menu yang jadi favorit kamu dan alasannya!]

3. Busan Jib Restaurant

Sumber: @omaralattas di Instagram

Menyempil di antara gang-gang Myeongdong, Busan Jib Restaurant menawarkan masakan asli Korea yang lezat dan menggunakan daging bersertifikat halal. Menu yang wajib dicoba di antaranya ayam kuah pedas dan ayam gingseng 😋 Di sini, kamu juga bisa membuat sendiri gulungan bulgogi dengan selada seperti yang ada di drama Korea!

[P.S. Berbelanja di Myeongdong? Pastikan kamu merujuk ke tips Myeongdong dari kami untuk mendapatkan penawaran terbaik!]

Sumber: @ribenalemonad di Instagram

Kalau pun kamu bukan pecinta daging, restoran ini menyediakan pilihan menu seafood yang tidak kalah enak! Jangan lupa untuk mencoba seafood kuah pedas dan sotong atau cumi-cumi pedasnya. Kalau kamu kangen rumah dan ingin makan makanan Melayu, cobalah ikan bakar dan ikan asam pedasnya!

Sumber: @farahshiraaz di Instagram

Sumber: @ifwah_ak di Instagram

Bagi kamu yang penasaran akan status halal restoran ini, salah satu penulis favorit kami telah berkunjung ke sana dan mengonfirmasi bahwa daging yang digunakan bersertifikat halal. ☺️

[Kalau kamu sudah pernah mencoba makanan lezat di sini, tinggalkan review di aplikasi kami, dan bagikan pengalaman kamu dengan traveler Muslim lainnya!]

Status Halal: daging halal tersedia dan menunya bebas dari babi
*Karena restoran ini tidak bersertifikat halal, pertimbangan untuk memesan makanan di sini kami kembalikan kepada kamu.
Jam Buka: setiap hari, pukul 11.00 – 22.00
Harga: kisaran ₩8,000 – ₩10,000
Alamat: 11-4 Myeongdong 8-gil, Myeongdong 2(i)-ga, Jung-gu, 서울특별시 South Korea
Petunjuk Arah:


4. BoA Guesthouse – Halal Korean Dosirak Telah ditutup

Meskipun aslinya bukan sebuah restoran tetapi penginapan – BoA Guesthouse menawarkan 8 jenis dosirak (paket makan siang ala Korea) halal di menu mereka, termasuk di antaranya dosirak dakgalbi (ayam tumis pedas) dan dosirak bulgogi!

Sumber: @boatravelhouse di Instagram

Selain dosirak kamu dapat mencoba hidangan kue beras Korea pedasnya (tteokpokki) dan ayam goreng Koreanya! Para pencinta K-drama, pastinya sudah tahu kalau rasa ayam goreng Korea sangat enak 😛 Daftar menunya dapat dilihat di sini. Kalau kamu tidak sedang terburu-buru, kamu bisa makan di penginapan ini. 😊

Poin plusnya, BoA Guesthouse berada di Hongdae, salah satu tempat keren yang wajib dikunjungi di Seoul. Pastinya tempat ini sudah cocok untuk masuk di itinerari kamu!

Status Halal: Daging halal tersedia, tempat salat tersedia
*Karena restoran ini tidak bersertifikat halal, pertimbangan untuk memesan makanan di sini kami kembalikan kepada kamu.
Cara Memesan: Pesan makanan melalui Facebook guesthouse ini, sebutkan menu yang diinginkan, jumlah pesanan, waktu pengambilan pesanan, dan tempat kamu menginap.
Jam Buka: Senin – Jumat, pukul 12.00 – 19.00 (pemesanan terakhir pukul 18.00). Hari Sabtu dan Minggu tutup
Harga:  ₩7.000 per dosirak untuk tamu yang menginap di guest house, ₩8.000 untuk umum. Harga menu non-dosirak bervariasi.
Alamat: 15, Sinchon-ro 1-gil, Seodaemun-gu, Seoul, South Korea 120836
Petunjuk Arah:

5. Yang Good BBQ – Yeoksam

Kalau kamu mengidamkan makan barbekyu seperti orang Korea tapi dengan daging yang halal, Yang Good BBQ adalah tempatnya!

Kamu bisa memilih daging kambing yang belum dibumbui untuk rasa yang original, atau  mencoba daging kambing yang sudah dibumbui dengan saus Korea! Yang Good juga menyediakan sup daging kambing, deonjang-jjigae (sup fermentasi kedelai), mulnaengmyeon (mie dingin), dan masakan Korea lainnya. Restoran ini adalah tempat makan malam yang pas setelah berbelanja di Gangnam!

*Alkohol tersedia di sini karena pengunjungnya banyak dari orang lokal, tapi daging kambingnya bersertifikat halal.

Status Halal: daging halal tersedia, alkohol tersedia
*Karena restoran ini tidak bersertifikat halal, pertimbangan untuk memesan makanan di sini kami kembalikan kepada kamu.
Jam Buka: 16.00 – 23.30, hari Minggu tutup
Alamat: Seoul, Gangnam-gu, Nonhyeon-ro, 95 gil, 15. 서울특별시 강남구 논현로95길 15
Petunjuk Arah:

[P.S. Kalau kamu pernah mengunjungi Yang Good, ceritakan pengalaman kamu di aplikasi kami!]

6. Osegyehyang Vegetarian Restaurant

Insadong yang terkenal dengan suasana tradisionalnya merupakan tempat berkumpulnya restoran tradisional Korea. Ketika kamu melihat deretan bangunan bergaya Hanok di sana, kamu pasti sepakat bahwa daerah ini adalah tempat banyak restoran Korea terbaik di Seoul berada, tempat yang juga digemari oleh penduduk lokal untuk menyantap makanan khas Korea yang lezat.

Seperti yang sudah diketahui, sangat sulit mencari restoran Korea yang ramah-muslim dan bebas alkohol, menemukan Osegyehyang seperti menemukan jarum dalam tumpukan jerami!

Sumber: @hopefulbangtae di Instagram

Dalam bahasa Korea Ose Gye Hyang berarti “Aroma 5 Dunia”. Restoran vegetarian ini terkenal di kalangan penduduk Seoul karena menu vegetariannya yang enak! Dengan budget 15.000 won per orang, kamu sudah bisa menikmati hidangan dengan porsi besar yang lezat. Restoran ini menggunakan sayuran dan produk kedelai untuk menggantikan daging. Hidangannya dipersiapkan dengan baik sampai “dagingnya” terasa seperti daging asli, misalnya menu tang su yuk, menu daging yang diganti dengan jamur. Cobalah kalau kamu ke sana!

Status Halal: pilihan vegetarian tersedia
*Karena restoran ini tidak bersertifikat halal, pertimbangan untuk memesan makanan di sini kami kembalikan kepada kamu.
Jam Buka: pukul 11.30 – 21.00 (Senin – Jumat), 17.00 – 21.00 (Sabtu – Minggu)
Harga: ₩6.000 – ₩16.000
Petunjuk Arah: 5 menit berjalan kaki dari exit 3 Stasiun Anguk (Seoul Subway Line 3)

7. Halal Kitchen Korea

Kalau kamu pernah mengidamkan makanan korea halal yang autentik dan dimasak oleh koki Korea, Halal Kitchen Korea adalah tempatnya! Menu di restoran ini dimasak oleh seorang muslim Korea bernama Hassan Lee.

Berlokasi di Bukchon, ini saatnya kamu merasakan jamuan makan Korea di sebuah hanok (rumah tradisional Korea)! Jangan lupa untuk mencoba samgyetang (sup gingseng Korea) dan bulgogi (daging panggang Korea)-nya. 😋

Sumber: @latifahnoork di Instagram

[P.S. Kalau kamu sedang berada di Seoul, jangan lupa untuk mengambil foto pemandangan yang Instagramable di sini!]

Sumber: @seoul_trip di Instagram

Samgyetang berkhasiat untuk mengembalikan energi; pastinya pilihan yang tepat untuk persiapan sebelum kamu melanjutkan jalan-jalan 😉

Karena Halal Kitchen hanya menawarkan samgyetang dan bulgogi, kami sarankan kamu datang lebih awal untuk memastikan menu yang ingin kamu pesan masih ada dan belum sold out. Bisa menyantap hidangan khas korea yang autentik pastinya patut dicoba!

Tips #HHWT: Restoran ini menyediakan tempat salat, jadi kamu tidak perlu khawatir terburu-buru makan karena belum salat!

[P.S. Kalau pernah ke Halal Kitchen, ceritakan pengalaman kamu di sini!]

Halal Status: pemiliknya Muslim, tempat salat tersedia
Alamat: 86-2 Samcheong-ro, Samcheong-dong, Jongno-gu, Seoul
Jam Buka: setiap hari, pukul 12.00 – 15.00 dan 17.00 – 20.00
Petunjuk Arah: Gyeongbokgung sebagai patokan; cari kantor polisi Samcheong dan E-Mart. Setelah 100 m, kamu akan melihat toko baju ‘Boy London’. Belok kanan dan temukan tulisan ‘Halal Kitchen’.

8. Kampungku Restaurant

Sumber: Kampungku Malaysian Cuisine di Facebook

Berlokasi di tengah-tengah Myeongdong, restoran Kampungku menyediakan makanan khas Korea dan Malaysia. Pilihan menunya menggugah selera dan sudah termasuk hidangan terbaik dari kedua negara. 😍

Sumber: @muna_miny di Instagram

Mulai dari makanan khas Korea seperti bulgogi, ayam gurih manis, ayam goreng Korea, dan nasi goreng kimchi, sampai makanan Asia favorit seperti nasi lemak, nasi goreng, tom yam, dan sate ayam – restoran ini menyediakan pilihan makanan untuk semua orang! Plus, terdapat minimarket yang menyediakan daging bersertifikat halal dan produk-produk khas Korea seperti rumput laut, teh madu, gingseng merah dan banyak lagi ☺️ Kalau kamu mencari supermarket atau minimarket untuk berbelanja bahan-bahan halal, kumpulan tempat belanja halal di Korea ini pastinya bermanfaat buat kamu!

Tips #HHWT: Untuk kamu yang tidak punya banyak waktu, restoran ini menyediakan pilihan takeaway kalau kamu tidak sempat makan di tempat. 😄

Restoran ini juga menyediakan tempat salat. Bahkan, mukena juga disediakan 😊

Status Halal: pemiliknya muslim
Alamat: Jong-ro 20-gil, Namsandong 2(i)-ga, Jongno-gu, Seoul, South Korea
Jam Buka: setiap hari pukul 11.00 – 22.00
Telepon: (+82) 02-310-9249
Harga: sekitar : ₩6.500 – ₩10.000
Facebook | Instagram

9. Hajj Korean Halal Food

Berlokasi di jalan yang sama dengan restoran EID dan Makan Halal, Hajj adalah restoran lain di Itaewon di mana kamu bisa mendapatkan makanan Korea halal! Memasuki restoran ini bisa membuat kamu merasa seperti di rumah. Porsi hidangannya cukup besar dan sangat lezat.

Sumber: @smile_uk di Instagram

Hidangan di restoran ini dimasak oleh mualaf Korea bernama Bu Mariam, jadi tidak perlu khawatir keaslian rasa Koreanya! Salah satu menu yang paling direkomendasikan adalah ayam pedas tumis dan ayam pedas kuah. Jangan lupa coba juga menu lain seperti bulgogi, seafood pancake, tahu kuah, dan banyak lagi.

Sumber: @meinitaaa di Instagram

Bu Mariam memasak sendiri hidangan di restoran ini, jadi kamu mungkin perlu menunggu sedikit lebih lama sampai pesanan kamu jadi. Beliau juga sangat ramah dan mudah berbagi cerita tentang pengalaman menjadi Muslim di Korea. Pastikan kamu ajak beliau mengobrol ya 😊

Status Halal: pemiliknya muslim
Alamat: 39 Usadan-ro 10-gil, Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul, South Korea
Jam buka: setiap hari pukul 10.00 – 14.00
Telepon: +82 2-749-5185

BONUS: Noryangjin Fisheries Wholesale Market 노량진수산시장 (tidak bersertifikat halal)

Sumber: @whatiwaslookingat di Instagram

Bagi para pecinta seafood, WAJIB berkunjung ke Noryangjin Fish Market ini untuk mendapatkan seafood paling segar yang dihidangkan ala Korea! Kepiting besar, lobster, berbagai jenis kerang (sampai yang paling aneh pun), udang, dan beragam pilihan seafood lainnya – sebutkan saja namanya, pasti tersedia di sini!

*Restoran-restoran di pasar ini tidak bersertifikat halal, jadi pertimbangan untuk makan di sini kami kembalikan kepada kamu.

Sumber: @jz.chelin di Instagram

Saat tiba di pasar Noryangjin, berjalanlah ke lantai satu dan pilih seafood yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk menawar harganya ya! Para penjual biasanya bersedia memberikan diskon kalau kamu membeli dalam jumlah lebih banyak.

Sumber: @ashyllicious di Instagram 

Setelah selesai memilih seafood, naiklah ke lantai dua agar seafood pilihan kamu dimasak di sebuah restoran. Pilihan cara memasaknya beragam, mulai dari direbus, dipanggang, atau pun mentah. Sebagai catatan, kamu akan dikenakan biaya untuk pilihan rebus dan panggang.

Wajib dicoba:

Maeuntang (매운탕) – sup ikan pedas

Jeonbok (전복) atau abalone; abalone paling enak kalau dikukus!

Ikan, misalnya ikan ekor kuning yellowtail atau ikan sebelah flounder – dibuat sashimi yang dalam bahasa Korea disebut hwe (회)

Garibi (가리비) atau scallop – dibakar

Ge (게) atau kepiting – dikukus

Status Halal: Banyak restoran hanya menghidangkan seafood saja tapi sebaiknya tanya lagi kepada penjualnya siapa tahu ada daging atau alkohol yang ikut ditambahkan. Pertimbangan untuk memesan makanannya kami kembalikan kepada kamu.
Jam Buka: pasar ikannya buka pukul 01.30 – 22.00
Harga: tergantung jumlah ikan atau seafood yang kamu pesan. Yang paling mahal mungkin kepiting besar atau king crab, yang harganya sekitar 900 ribu rupiah, tapi kami jamin rasa yang kamu dapat sesuai dengan harga yang kamu bayar (sangat manis dan juicy).
Alamat: 674 Nodeul-ro, Noryangjin 1(il)-dong, Dongjak-gu, 서울특별시 South Korea
Petunjuk Arah: Stasiun Noryangjin (Line 1) – Exit 1. Lewati jembatan penyeberangannya, dan temukan tempat parkir yang luas. Sambil menuruni tangga jembatan, kamu bisa melihat ada pasar ikan. (Kalau masih belum ketemu, ikuti saja aroma amis dari seafood yang pastinya tercium :D).

Beberapa Kalimat dalam Bahasa Korea yang Mungkin Berguna

Kami tahu mencari makanan halal di luar Itaewon sangatlah sulit, oleh karena itu kami siapkan beberapa kalimat yang bisa berguna saat kamu memesan makanan!

  • Apa masakan ini ada daging/babinya? – i yorineun gogi/hem duro issoyo (이요리는 고기/햄 들어있어요?)
  • Tolong jangan masukkan daging/babi – gogi/hem notjimaseyo (고기/햄 넣지마세요)
  • Tolong daging/babinya dibuang – gogi/hem pejuseyo (고기/햄 빼주세요)
  • Saya gak makan daging – naneun gogireul an mogoyo (나는 고기를 안먹어요)
  • Saya gak bisa makan daging – naneun gogireul mot mogoyo (나는 고기를 못 먹어요)
  • Saya hanya bisa makan sayuran dan seafood – naneun yache wa hemulman mogeulsu issoyo (나는 야채와 해물만 먹을 수있어요)
  • Saya vegetarian – naneun chesikja imnida (나는 채식자입니다)

Kalau kamu menemukan tempat makan Korea halal yang lain di Seoul, silakan berbagi dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini. 🤗 Kalau menurut kamu artikel kami ini bermanfaat, jangan lupa bagikan juga ke keluarga dan teman-teman kamu!

There are no comments yet

Avatar