icon
icon
article hero

10 Makanan Khas Singapura yang Wajib Dicoba Ketika Liburan Nanti

AvatarName

Tiara Ismail •  Nov 20, 2022

icon

Bukan rahasia kalau makanan khas Singapura enak-enak dan bikin ketagihan. Makanan tradisional  Singapura juga merupakan representasi dari berbagai budaya yang ada di Negara Singa tersebut. Jadi, tidak heran kalau citarasanya beragam dan menarik untuk dicoba. Kalau kamu berencana liburan ke Singapura, kulineran adalah agenda yang wajib dilakukan. Untuk menghemat waktu dan biaya, berikut adalah makanan khas Singapura yang wajib kamu coba dulu sebelum mencicipi kuliner lain di sana.

1. Laksa

Kredit: Yu Jinyang di Unsplash Makanan khas Singapura satu ini merupakan sup berempah dengan kuah kental. Semangkuk laksa Singapore biasanya berisi mi, udang, kue ikan, dan telur rebus. Jangan khawatir, di Singapura sudah banyak laksa halal, misalnya di Qiji dan Encik Tan. Harga: Mulai dari sekitar SGD 3 per porsi Alamat:  Beberapa laksa halal di Singapura yang bisa kamu coba:
  • Encik Tan (cek lokasinya di sini)
  • Qiji (cek lokasinya di sini)
  • Super Star No1 Penang Assam Laksa di People's Park Food Centre, 32 New Market Rd
#HHWT Tip: Satu hal yang paling menyenangkan dari makanan tradisional Singapura ini adalah porsinya besar! Jadi kamu bisa sharing dengan teman.

2. Roti prata

Renyah di luar, gurih dan lembut di dalam. Siapa sih yang bisa menolak roti prata? Meski terlihat sederhana, makanan khas Singapura ini adalah pilihan tepat untuk segala suasana. Sepiring roti prata dengan kuah kari bisa bikin kamu kenyang seharian. Sedang ingin yang manis? Pesan saja roti prata dengan topping es krim! Harga: Mulai dari sekitar SGD 2,2 per porsi Alamat: Ini beberapa restoran roti prata favorit HHWT:
  • Springleaf Prata Place di The Rail Mall, 396 Upper Bukit Timah Road
  • Prata Planet di 320 Clementi Ave 4
  • Prata Wala di 1 Jurong West Central 3, #01-71, Jurong Point

3. Chicken rice

Kredit: Nauris Pukis di Unsplash Ini dia makanan khas Singapura yang paling populer! Chicken rice alias nasi ayam hainan adalah makanan tradisional Singapura yang ikonik dan wajib kamu coba. Sepiring chicken rice terdiri dari nasi hainan, irisan ayam panggang atau ayam rebus, sayuran, dan disajikan dengan kuah kaldu yang gurih. Aroma bawang putih dan jahenya berpadu sempurna dengan kaldu ayam yang lembut, bikin ketagihan! Harga: Sekitar SGD 5 per porsi Alamat: Ini dia beberapa resto chicken rice halal ternikmat pilihan HHWT:
  • Fitra Chicken Rice di Century Square #03-19 2 Tampines Central 5
  • Evertop Chicken Rice di Clementi Ave 2, #01-259 Blk 354
  • TFF Boneless Chicken Rice di Bedok Food Centre, 811 Upper E Coast Rd

4. Satay

Bukan cuma di Indonesia, ternyata satay alias sate juga merupakan makanan khas Singapura yang populer. Sate di Singapura agak berbeda dengan di Indonesia. Bukan disiram dengan bumbu kacang atau kecap, makanan tradisional Singapura ini disajikan dengan sambal cocolan. Harga: Mulai dari sekitar SGD 1 per tusuk Alamat: Di sinilah kamu bisa menikmati sate halal di Singapura:
  • Haron Satay 55 di 1220 East Coast Parkway, Stall 55 East Coast Lagoon Food Village
  • Satay Solo di  #01-09, Bedok Food Centre
  • Satay Boy di 430 Upper Changi Road East Village #01-106
HHWT Tip: Simak juga 25 kedai sate halal dan enak pilihan HHWT yang bisa kamu cicipi.

5. Kaya toast

Sepiring kaya toast dan kopi adalah menu sarapan paling umum di Singapura. Roti panggang berisi selai srikaya dan mentega ini adalah makanan khas Singapura yang bisa dengan mudah kamu temui di mana saja. Perpaduan selai manis yang harum, mentega gurih, serta roti yang renyah adalah kombinasi yang tidak pernah salah! Harga: Mulai dari SGD 1,5 per potong Alamat: Beberapa kedai kaya toast halal yang bisa kamu cicipi antara lain:
  • Kaffe & Toast (cek lokasinya di sini)
  • Heavenly Wang (cek lokasinya di sini)
  • Ma Mum To Go (cek lokasinya di sini)
#HHWT Tip: Perlu dicatat bahwa selai srikaya di Ya Kun Kaya Toast di Singapura telah bersertifikat halal meskipun kedainya sendiri belum.

6. Rojak

Kredit: cegoh di Pixabay Betul sekali, makanan khas Singapura ini punya kemiripan dengan rujak Indonesia. Uniknya, ada begitu banyak versi rojak yang bisa kamu coba! Ada yang berupa irisan sayur dan buah dengan kuah merah, ada pula yang menggunakan buah-buahan yang dicampur dengan kangkung, bihun, dan sotong. Harga: Mulai dari sekitar SGD 4 per porsi Alamat: Beberapa lokasi untuk menikmati rojak Singapura halal:
  • Habib’s Rojak di Ayer Rajah Food Centre, 503A W Coast Drive
  • Power Rojak Bandung  di Ayer Rajah Food Centre, 503 W Coast Dr, #01-63

7. Murtabak

Makanan khas Singapura ini kental dengan citarasa India yang berempah. Mirip dengan martabak telur Indonesia, murtabak adalah adonan yang berisi campuran telur, daging giling, dan bawang bombay, lalu digoreng hingga matang dan renyah. Harga: Sekitar SGD 6-12 per porsi, tergantung isian Alamat: Tidak sulit menemukan makanan khas Singapura ini, di antaranya:
  • Zam Zam Restaurant di 697-699 North Bridge Rd (dekat masjid Sultan!)
  • Victory Restaurant (tepat di sebelah Zam Zam Restaurant!)
  • Al Tasneem di 709 North Bridge Rd dan sejumlah kedai murtabak halal lainnya.

8. Putu piring

Selagi di Singapura, jangan lupa coba makanan tradisional Singapura, kue putu piring. Bahkan, kedai Haig Road Putu Piring pernah diliput sebagai kuliner pilihan di acara Street Food yang tayang di Netflix. Putu piring sendiri merupakan kue dari tepung beras yang dikukus bersama gula merah dan ditaburi parutan kelapa. Legit manis dengan aroma daun pandan, putu piring bisa jadi pilihan jika kamu ingin camilan manis. Harga: Sekitar SGD 2,5 per bungkus isi 5 potong Alamat: Haig Road Putu Piring berlokasi di Haig Road Market & Food Centre, 970 Geylang Rd, #01-02, Al-Azhar Coffee Shop, 1 Onan Rd, #81 menghadap ke hotel. #HHWT Tip: Salah satu kedai putu piring yang wajib kamu coba adalah kedai putu piring Haig Road!

9. Hokkien Mee

Makanan tradisional Singapura satu ini kental dengan citarasa Chinese food yang gurih. Mi lembut, seafood gurih, dan sambal pedas yang berpadu dengan kucuran jeruk nipis yang segar bikin hokkien mee jadi salah satu kuliner yang wajib kamu cicipi saat ke Singapura. Meski resep asli hokkien mee Singapura menggunakan bahan non halal, sekarang sudah banyak kedai hokkien mee halal yang bisa kamu coba. Harga: Sekitar SGD 5-10 per porsi Alamat: Ada beberapa kedai makanan khas Singapura yang menyajikan hokkien mee halal, di antaranya:

10. Chili crab Singapore

Makanan khas Singapura satu ini layak jadi hidangan istimewa yang wajib dicoba. Pedas, gurih, asam, manis, chilli crab Singapore adalah kuliner yang tepat untuk makan bersama. Setiap kedai punya resep yang berbeda, namun benang merahnya adalah kuah berwarna merah yang sedap. Daging kepiting segar yang manis cocok banget dengan kuahnya! #HHWT Tip: Tidak perlu nambah nasi, pesan saja mantau goreng untuk dimakan bersama sisa kuahnya! Harga: Makanan khas Singapura ini biasanya dijual per kilogram dengan rentang harga rata-rata mulai dari SGD 78 per kilogram. Alamat: Untungnya, sudah banyak yang menjual versi halal dari makanan khas Singapura ini. Beberapa yang sudah tersertifikasi halal antara lain:
  • Buey Tahan See-Food (ada 8 cabang!)
  • Kampong Chai Chee Restaurang di Punggol dan Changi Road
  • Home of Seafood di Joo Chiat
  • Cajun on Wheels di Orchard Road dan masih banyak lagi.
Bagaimana, sudah mulai ngiler melihat makanan khas Singapura yang bisa kamu cicipi? Ragam budaya membuat makanan tradisional begitu kaya rasa. Meskipun beberapa punya kemiripan dengan makanan Indonesia, takaran bumbu dan suasananya menimbulkan sensasi kuliner berbeda yang wajib dicoba. Simak juga informasi kuliner di Singapura lainnya dalam artikel berikut ini: