icon
icon
article hero

Liburan ke Bangkok? Jangan Lewatkan Berburu 14 Makanan Ringan Halal di Supermarket Big C!

AvatarName

Dian Kencana Dewi  •  Dec 09, 2019

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Iyesha. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Bangkok populer sebagai surganya belanja! Mulai dari barang mewah, barang kelas menengah, barang murah meriah ada di sini. Mau cari sepatu, pakaian, aksesoris, elektronic hingga makanan, semua lengkap tersedia! Barang-barang tersebut bisa kamu dapatkan di pedagang kaki lima dan mal-mal besar yang tersebar di penjuru Bangkok.  Kredit: Giphy Dan untuk kamu yang ingin berburu aneka makanan ringan halal, jangan khawatir, ada kok tempatnya! Kamu bisa borong untuk persediaan jalan-jalan keliling Thailand atau untuk oleh-oleh saat kembali ke tanah air. Salah satu tempat yang menyediakan aneka makanan ringan halal lengkap adalah Big C Supercenter. Inilah salah satu jaringan supermarket terbesar di Thailand. Harga yang terjangkau serta variasi barang yang lengkap, membuat supermarket ini dipenuhi turis dan warga lokal. Ada banyak banget gerai Big C Supercenter di seluruh Bangkok dan kota-kota lainnya di Thailand, tapi yang paling besar adalah gerai Big C Supercenter di Radjamari! Letaknya ada di seberang Central World dan hanya 5 menit jalan kaki dari stasiun BTS Chit Lom.  Yang paling menarik perhatian di sini adalah produk halal yang tersedia enggak terbatas pada produk Thailand. Ada banyak variasi produk Jepang yang sudah bersertifikasi halal. Jadi, enggak usah terbang jauh-jauh ke Tokyo untuk membeli Pocky halal.  [Catatan: Baru pertama kami ke Bangkok? Ini Dia 8 Tips Penting dan Ramah Muslim yang Harus Kamu Tahu] Status halal makanan-makanan ringan Tapi sebelum merilis nama makanan ringan halal yang bisa diburu untuk oleh-oleh, kami mengingat pembaca untuk tetap memperhatikan logo halal sebelum membeli produknya, ya. Soalnya, banyak banget loh produk makanan lain yang juga sudah berlogo halal. Jadi bukan makanan ringannya saja.
Kredit: Central Islamic Committee Of Thailand Dan, akhirnya, inilah 14 makan ringan yang ada di Big C Supercenter! Tentunya semuanya ramah muslim. Disclaimer: Dari hasil riset kami, per 9 Disember 2019, semua produk makanan ringan di bawah ini memiliki sertifikasi halal. Kemasan produk yang ada di foto artikel ini, mungkin saja berbeda dengan yang dijual di Big C Supercenter.
1. Minuman Kultur Meiji Paigen
Mulailah hari kamu dengan makanan ringan yang menyehatkan! Cobain deh minuman yogurt kulture yang kaya probiotik, Meiji Paigen. Ukurannya pas banget untuk memenuhi kebutuhan probiotik kamu. Selain rasa original, kamu bisa memilih rasa jeruk atau apel. Atau sekalian saja beli 1 pak, berisi 6 botol minuman. [ Kamu belum punya itenerari jalan-jalan di Bangkok? Cek dulu nih itenerari  4D3N Ramah Muslim yang Pas untuk Menjelajah Bangkok ]
2. Yogurt Meiji
Panas-panas begini enaknya minum yogurt dingin! Jangan lupa beli agak banyak untuk persediaan sepanjang hari. Ada rasa anggur juga, loh!
3. Keripik Tasto
Duh, siapa sih yang bisa nolak sedapnya keripik kentang? Apalagi kalau keripik kentangnya punya banyak rasa, seperti original, Sam Rod (pedas, manis dan asam), rumput laut, gurih dan asam, serta kari kepiting! Unik-unik banget ya rasanya? Nah, jangan sampai melewatkan beli banyak keripik kentang merek Tasto kalau sedang di Bangkok. Hati-hati ketagihan! Dengan begitu banyak rasa untuk dipilih, kamu mungkin harus melakukan perjalanan lain ke Big C Supercenter untuk mengisi ulang kudapan Anda untuk dibawa pulang. [Mencari makanan Halal di Bangkok? Ini Dia 23 Makanan Halal Populer di Bangkok yang Disusun Berdasarkan Area Belanja]
4. Keripik Kentang Party
Jalan-jalan sambil nyemil biskuit? Pas banget! Jangan lupa, pilihnya biskuit Party, ya. Selain ramah muslim, biskuit kentang berbalut karamel ini punya banyak variasi rasa. Mulai dari yang standar seperti rasa pisang, coklat hingga rasa khas Thailand, yaitu Krong Krang (manis, gurih dan pedas). Silakan pilih mana yang sesuai dengan selera lidah kamu!
5. Biskuit Coklat Campus
 Ini dia salah satu merek biskuit yang jadi favorit anak-anak di Thailand. Alasannya sudah ketebak begitu membuka bungkusannya, kamu akan mencium aroma coklat yang sangat menggoda. Buat pecinta coklat sejati, wajib banget mencoba biskuit merek Campus ini!  [Ingin belanja hal-hal lain selain makanan ringan di Bangkok? Ini dia 16 tempat belanja di Bangkok yang dekat dengan tempat makanan halal]
6. Keripik Udang Manora
Keripik udang merupakan salah satu satu makanan ringan yang disukai orang Thailand dan sebagian negara di Asia Tenggara. Salah satu merek keripik udang yang terkenal banget di Thailand adalah Manora. Sudah ada sejak tahun 1965, enggak ada yang akan membantah kelezatan rasanya. Enggak heran, kadang ketika kamu makan di restoran, keripik udang Manora disajikan sebagai makanan pendamping, loh!
7. Keripik Talas Manora (versi mentah tersedia di Big C)
Camilan rasa talas yang enak banget ini, dibuat dari bubur talas! Rasanya jadi unik banget dan enggak biasa untuk keripik. Buat yang belum tahu talas itu apa, talas alias taro adalah sejenis umbi-umbian yang ditemukan di Asia Tenggara. Teksturnya sama dengan kentang, sementara rasanya kombinasi antara kentang dengan ubi manis.
8. Camilan Rumput Laut Tao Kae Noi
Kalau mau camilan versi sehat, cobain deh camilan rumput laut Tao Kae Noi. Pilihan rasanya banyak banget, mulai dari yang klasik, keju, tom yum goong, durian, pedas, tempura (rumput laut yang digoreng dalam adonan tempura) hingga cumi-cumi! Kamu tinggal pilih mau cobain yang mana duluan.
9. Aneka Buah Kering dari Fruit King
Kredit: Fruit King di Facebook  Yuhuuu, pecinta durian, pastikan kamu beli camilan Mon Thing ini ya untuk dibawa menjadi buah tangan (buat kamu juga). Camilan dengan rasa durian ini pas banget dinikmati sambil nonton dan minum kopi. Atau bisa juga dijadikan alat mengenalkan rasa durian untuk teman kamu yang bukan pecinta durian. Siapa tahu jadi suka kan?  [P.S. Merencanakan perjalanan khusus perempuan? Ini dia panduan wisata ramah Muslim yang pas untuk perjalanan khusus perempuan di Bangkok]
10. Green Tea Kit Kat
Kit Kat Green Tea memang produk asli Jepang, tapi di Big C Supercenter ada versi halalnya, loh. Jadi aman untuk dikonsumsi muslim. Enggak usah bingung dengan warna hijaunya, karena sensasi rasa green tea berpadu dengan coklat justru makin membuatnya enak.
11. Camilan Kacang Koh Kae
Dari sekian banyak rasa camilan kacang, bagaimana caranya kamu memutuskan mau beli yang mana? Daripada bingung, beli saja semunya! Camilan kacang ini punya keseimbangan yang pas antara teksturnya yang renyah, guris asinnya dan variasi rasa yang dimilikinya. Kalau kamu suka rasa khas Thailand, cobain yang rasa udang, santan atau ayam. Kalau mau yang unik, cobain rasa wasabi, madu atau barbekyu.
12. Pocky
Kredit: Ngân Toành di Facebook  Siapa sih yang enggak suka Pocky? Camilan biskuit berbentuk stick dengan balutan coklat ini sangat populer dan memiliki banyak variasi rasa. Mulai dari rasa coklat, pisang, mangga, stroberi atau blueberi bisa kamu temukan versi halalnya di Big C Supercenter . 
13. Biskuit Collon
Credit: Feed Me Davao di Facebook Nikmati biskuit Collon dan rasakan “ledakan” krimnya yang super enak di mulut. Biskuit merek ini sangat disukai karena rasanya yang pas. Perpaduan antara renyah dan gurihnya biskuit dengan manisnya krim rasa klasik, coklat atau stoberi, wajib jadi oleh-oleh!
14. Pejoy
Kredit: Gabriel's Trading di Facebook Biskuit stick berisi krim aneka rasa merek Pejoy ini juga pas banget dijadikan oleh-oleh untuk kerabat dan keluarga di rumah. Ada banyak pilihan rasa yang bisa dipilih, dijamin enggak akan mengecewakan. Nah, itu dia 14 makanan ringan halal yang bisa kamu dapatkan di Big C Supercenter Bangkok. Dengan banyaknya pilihan oleh-oleh yang bisa dibeli untuk kerabat dan keluara, siap-siap bayar kelebihan bagasi nih! Yuk, enggak usah bawa uang cash saat belanja di Thailand!