icon
icon
article hero

10 Lokasi Islami Yang Harus Dikunjungi Traveller Muslim Paling Tidak Sekali Seumur Hidup

AvatarName

Tiara  •  Apr 11, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Samuel Bartlett. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Sebuah perjalanan bisa menjadi sebuah pengalaman transformatif yang tidak mudah diungkapkan dengan kata-kata. Apalagi jika menyangkut perjalanan spiritual yang membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT. Kredit: Giphy Travelling juga memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah bisa membuka hati kita akan kebesaran Tuhan, seperti firman Allah SWT yang tertulis dalam Al Quran: “Maka tidak pernahkah mereka berjalan di bumi, sehingga hati (akal) mereka dapat memahami, telinga mereka dapat mendengar? Sebenarnya bukan mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang di dalam dada.” (Al Hajj ayat 46) Semoga artikel ini bukan hanya membuatmu semangat untuk travelling secara fisik, namun juga tergerak untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.
1.Mekah/Madinah
Tentu saja daftar nomor satu diisi oleh kotanya Rasulullah SAW. Tak ada seorangpun yang kehabisan alasan untuk berkunjung ke Baitullah, seperti firman Allah yang tertulis dalam Al Quran: “...dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana.” (Al Imron ayat 97)
 Inilah kewajiban kita terhadap Allah yang juga merupakan salah satu pilar agama Islam dan amalan terbaik yang bisa dilakukan oleh seorang Muslim. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah:  Sesungguhnya Rasullullah SAW pernah ditanya, “Amalan apakah yang utama?” Beliau menjawab, “Beriman kepada Allah dan rasul-Nya,” Beliau ditanya lagi, “Kemudian apa?” Belia menjawab “Jihad di jalan Allah,” Beliau ditanya lagi, “Kemudian apa lagi?” Beliau menjawab “Haji mabrur,” (HR Bukhari & Muslim)
Hadits ini menggambarkan betapa pentingnya ibadah haji dan kita dianjurkan untuk memprioritaskan perjalanan ini sebelum destinasi lainnya untuk menghidupkan dan menguatkan semangat keimanan kita.
2. Fez, Maroko
Seperti Kairo, Fez juga merupakan pusat perkembangan sejarah Islam, lengkap dengan Masjid Al-Karaouine sebagai universitas pertama di dunia! Kota ini juga dikenal sebagai “kota orang suci” karena begitu banyak auliya yang meninggalkan jejak di sini, bahkan banyak masjid di sini yang dinamai dengan nama mereka sebagai bentuk penghormatan.
Kredit: James Merhebi di Flickr Kota ini juga merupakan salah satu kota tertua yang terus dihuni di dunia. Kota tua Fez terbukti mampu mempertahankan struktur dan sistem observasi yang ada selama lebih dari satu millennium. Kelestarian tradisi inilah yang membuat Fez mengingatkan kita akan sejarah.
Kredit:
James Merhebi di Flickr Mengunjungi Fez akan membuka matamu akan fitrah, sebuah cara hidup yang kini semakin ditinggalkan oleh dunia.
3. Istanbul
 Kota ini adalah salah satu destinasi populer bagi para traveller karena kebudayaannya yang kaya. Namun, Istanbul punya lebih dari itu! Kota ini juga merupakan pusat pengetahuan, politik, dan spiritual pada kekhalifahan terlama dalam sejarah Islam, yaitu Ottoman. Kemegahan arsitektur dan keramahan penduduk kota ini akan terus mengingatkanmu akan kemuliaan Islam saat menyusuri jalanan di Istanbul.
Secara geografis, Istanbul berada di perbatasan dunia bagian timur dan barat. Jika melihat sejarahnya, kota ini juga memiliki jejak tradisi di dunia barat dan timur, baik bagi agama Islam maupun Kristen. Perpaduan budaya, tradisi, dan agama ini membuktikan bahwa tradisi Islam bukan hanya untuk kaum tertentu, namun untuk seluruh umat manusia!
Hal ini pun membuktikan bahwa agama Islam memberikan kontribusi besar terhadap peradaban ketika dihormati dan diperlakukan sebagaimana mestinya.
4. Sahara
Destinasi yang satu ini memberikan pengalaman transformatif yang begitu berkesan. Saya sendiri sudah mengunjungi Sahara, baik lewat Maroko maupun Mesir, dan menyaksikan sendiri kekuatannya. Hamparan pasir yang luas ini mengingatkan kita akan kuasa Allah SWT yang tidak terbatas dan betapa agung ciptaan-Nya.
Petualangan di gurun pasir ini akan membawamu menyaksikan sebuah pemandangan murni yang tidak tersentuh kehidupan modern. Di sini, kamu bisa merenung tanpa terganggu oleh kebisingan yang biasa kamu temui.
 Selain itu, di gurun ini kamu bisa melihat pemandangan langit malam yang tiada tara. Berkemah di tengah gurun pasir adalah sebuah pengalaman spektakuler. Pemandangan bintang-bintang di langit berpadu dengan hamparan pasir sejauh mata memandang akan mengingatkan kita akan keagungan Sang Pencipta. 
5. Pegunungan Himalaya dan Gunung Everest
Pegunungan Himalaya membentang melewati beberapa negara mulai dari Pakistan hingga Cina! Pengalaman saya mengunjungi Himalaya adalah saat mendaki jalur menuju base camp Everest dari Nepal. Perjalanan tersebut membutuhkan waktu sekitar 3 minggu dan sangat saya rekomendasikan. Tidak diragukan lagi, tantangan fisik dan mental dalam perjalanan ini terus datang dalam setiap tahapan perjalanan sepanjang jalur pendakian. Akan tetapi, semua perjuangan itu terbayar tuntas dengan rasa puas ketika kamu berhasil bertahan dan menutup hari.
Aspek paling penting ketika trekking di jalur Himalaya ini adalah indahnya pemandangan yang akan kamu temui. Di tengah alam dan pegunungan ini, akan terasa betapa kecilnya kita sebagai manusia dan mengingatkan kita akan kebesaran Allah SWT seperti yang tertulis di dalam Al Quran: “Dan bumi yang Kami hamparkan dan Kami pancangkan di atasnya gunung-gunung yang kokoh, dan Kami tumbuhkan di atasnya tanam-tanaman yang indah, untuk menjadi pelajaran dan peringatan bagi setiap hamba yang kembali (tunduk kepada Allah).” (Qaf ayat 7-8)
6. Al-Quds
 Kota Al-Quds atau yang lebih dikenal sebagai Yerusalem adalah pusat dari 3 tradisi dan salah satu kota suci di dunia. Kota ini adaah bagian penting dari  sejarah dari 3 agama Samawi yang saling terkait. Tak ada tempat lain di dunia ini yang mampu merefleksikannya selain kota Haram al-Sharif, tempat bernaungnya Masjid Al Aqsa, Kubah Batu, Tembok Ratapan, dan Gereja Makam Suci. 
Bagi umat Muslim, keistimewaan mengunjungi Al Aqsa jelas tertulis dalam Surat Al Isra ayat 1 yang berbunyi: “Maha Suci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.” (Al Isra ayat 1)
Meski kini kondisi politik di Palestina sedang tidak pasti, jangan sampai hal ini mencegah kita untuk mengunjungi kota suci selain Mekah dan Madinah ini. P.S. Masih banyak masjid megah lainnya. Kunjungi artikel 15 masjid terindah di dunia ini untuk melihat megahnya arsitektur Islam yang memukau.
7. Kairo
Sama seperti Fez, Kairo adalah kota yang kental akan nuansa sejarah dengan situs dan monumen penting bagi umat manusia. Piramida yang kita kenal merupakan suatu pengingat akan kisah Nabi Musa dan Nabi Yusuf ketika berhadapan dengan Fir’aun.
 Kairo juga merupakan salah satu pusat ilmu pengetahuan yang paling produktif dalam sejarah Islam. Ribuan pelajar dari seluruh penjuru dunia datang ke Kairo untuk menimba ilmu, khususnya di Universitas Al Azhar! 
8. Gunung Sinai
Gurun Sinai adalah tempat bersejarah dengan pemandangan yang memukau di kota St. Kathrine yang berada di kaki Gunung Sinai. Tempat ini juga dipercaya sebagai lokasi Nabi Musa menerima wahyu, yaitu 10 perintah Allah.
Kredit: kmf164 di Flickr Para turis yang datang untuk mendaki Gunung sinai biasanya memulai perjalanan di malam hari untuk menghindari panasnya sengatan matahari. Di puncak gunung ini, terdapat gereja dan masjid untuk kamu shalat Subuh. Setelahnya, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang muncul dari seberang gurun pasir Sinai. 
Kredit:
alljengi di Flickr
9. Mauritania
Mauritania adalah tempat yang sangat ingin saya kunjungi karena reputasinya sebagai pusat ilmu pengetahuan dan kampung halaman dari para ilmuwan hebat. Meski negara ini bukan destinasi populer, ada kepuasan tersendiri ketika mengunjungi lokasi yang jarang didatangi pelancong lainnya!
Kredit: jbdodane di Flickr Bagi jiwa seorang Muslim, sebuah perjalanan menjadi tak ternilai harganya ketika diiringi kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan. Terlebih dengan lingkungan sekitar yang didedikasikan untuk menurunkan tradisi tersebut dalam bentuknya yang paling murni dari para guru yang telah tercerahkan oleh rahmat.
Kredit: jbdodane di Flickr
10. Andalusia
 Berlokasi di sebelah selatan negara Spanyol, wilayah ini adalah saksi keberadaan Islam di Eropa Barat. Inilah bukti bahwa agama Islam telah dan dapat tersebar ke seluruh penjuru dunia! Banyaknya masjid, taman, dan istana yang ada di Andalusia mendemonstrasikan agama Islam dapat ditanamkan secara nyata dalam masyarakat.  P.S. Temukan lebih banyak lagi pengaruh Islam dalam sejarah Spanyol. Inilah 10 tempat untuk melihat jejak Islam di Spanyol pada masa lalu.
Di sini, kita akan diingatkan bahwa agama Islam adalah sebuah amanah dan bisa direnggut sewaktu-waktu jika kita tidak mampu melestarikan dan merawat rahmat yang diberikan kepada kita. Namun, jika kita bisa mengamalkan dan merawatnya dengan baik, maka Islam akan memajukan peradaban, seperti yang telah dialami oleh umat sebelumnya. P.S. Lihat juga itinerary 10 hari 9 malam di Spanyol ini yang juga menyertakan Andalusia yang indah dan bersejarah.
Lokasi yang ada di artikel ini mungkin berbeda-beda, namun ada satu kesamaan yang dimiliki, yakni menyentuh hati manusia lewat keagungan Allah SWT. Dengan terus merenungkan tanda-tanda kebesaran-Nya, semoga iman kita terus bertumbuh dan semakin dekat dengan Allah SWT.