icon
icon

Kuliner Legendaris di Jakarta, dari Es Krim sampai Gado-gado yang Enak!

AvatarName

Nova Pohan  •  Jul 14, 2021

icon

Membahas kuliner di Jakarta memang tidak akan ada habisnya. Waralaba baru kian bermunculan. Meski begitu, kedai-kedai legendaris di Jakarta sampai saat ini masih diburu para pecinta kuliner baik dari dalam maupun luar kota. Nah, berikut beberapa kuliner legendaris di Jakarta yang bisa kalian coba! :) P.S. Baca juga beberapa rekomendasi wisata kuliner di Jakarta!

Gado-gado Bon Bin

Kredit: Nova Pohan Gado-Gado Bon Bin berada di Jalan Cikini IV No 1 dan sudah berdiri sejak tahun 1960. Kenapa namanya bonbin? Karena dulunya, lokasinya dekat dengan kebun binatang di Taman Ismail Marzuki. Sampai sekarang, gerai gado-gado ini masih ramai dikunjungi oleh pembeli yang ingin merasakan rasa khas campuran lontong, sayur mayur, kerupuk, dan emping yang disiram dengan kuah kacang yang lembut dan gurih.

Gado-gado Direksi

Kredit: Nova PohanGado-gado yang merupakan kuliner khas Betawi pastinya punya banyak penggemar. Selain Gado-gado Bon Bin, gerai lain berada di bilangan Glodok tepatnya di Gang Gloria. Gado-Gado Direksi namanya. Gado-gadoini merupakan langganan direksi-direksi bank, dan merupakan salah satu makanan kesukaan Presiden RI ke 4 (alm) Gus Dur serta Presiden RI ke 5 Ibu Megawati. Tidak heran, karena rasa bumbu kacangnya sangat kental dan legit!

Bubur Ayam Cikini

Kredit: Nova Pohan Bubur Cikini H. Suleman sudah berdiri sejak tahun 1960-an, dan sampai saat ini masih memiliki banyak penggemar. Bubur ayam Cikini ini punya menu yang unik, yaitu kuning telur ayam kampung mentah yang dicampurkan langsung ke buburnya. Nah, kamu tim bubur ayam diaduk atau nggak diaduk nih? ;)

Es Krim Tjanang

Kredit: Nova Pohan Tidak jauh dari Gado-Gado Bonbin, ada satu kuliner legendaris lainnya yang tidak boleh dilewatkan yaitu Es Krim Tjanang (dulunya bernama Tjan Njan). Es krim ini merupakan es krim langganan keluarga Bung Karno dan juga Keluarga Cendana. Jika ingin mencobanya, es krim ini dapat ditemukan di dalam area Hotel Cikini.

Tan Ek Tjoan

Kredit: Nova PohanKuliner legendaris terakhir adalah Tan Ek Tjoan, salah satu toko roti tertua di  Jakarta dan Bogor. Dahulu sempat berdiri kedai roti Tan Ek Tjoan di Cikini, namun sayangnya pada tahun 2015 kedai tersebut tutup. Tapi, jika sedang berkunjung ke daerah Taman Ismail Marzuki, coba lihat sekitarnya baik-baik karena biasanya ada penjualroti Tan Ek Tjoan dengan gerobak yang sedang berjualan di daerah itu. Jangan lupa coba roti Gambangnya yang legendaris itu ya! :)