icon
icon
article hero

Bukan Cuma Tteokbokki, Ini 7 Kue Beras Korea yang Wajib Kamu Coba

AvatarName

Tiara •  Oct 13, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Kue beras Korea kini sudah menjadi salah satu cemilan favorit banyak orang. Selain karena sering melihatnya di drama Korea, rasanya yang enak pun membuat banyak orang penasaran dengan kue beras Korea ini. Tapi tahukah kamu bahwa kue beras Korea bukan hanya tteokbokki? Nyatanya, ada banyak jenis olahan kue beras Korea yang tidak kalah enak dan wajib kamu coba!
Tteokbokki
Inilah olahan kue beras Korea yang paling terkenal. Potongan tteok yang dimasak bersama aneka protein, kimchi, dan saus gochujang ini memang masih menjadi favorit. Rasanya pedas gurih, sedikit manis, dan paling enak dinikmati saat masih hangat.
Sirutteok
Siapa yang baru pertama kali mendengar kue beras Korea ini? (Saya!) Sirutteok disebut demikian karena dikukus dalam mangkok gerabah (siru) khas Korea. Ada 2 lapisan di makanan ini, bagian dasarnya terbuat dari tepung beras, sementara atasnya adalah campuran tepung beras dengan kacang merah. Sudah terbayang harum dan lezatnya!
Gyeongdan
Kue beras Korea satu ini mirip dengan mochi Jepang yang biasa kita makan. Adonannya dibentuk bola-bola kecil dan diberi isian kacang tanah atau kacang merah. Supaya makin cantik, bagian luarnya digulingkan ke tepung kacang berwarna-warni.
Tteokkochi
Masih saudara denga tteokbokki, olahan kue beras Korea ini juga menggunakan saus gochujang. Bedanya, cita rasanya lebih manis dan dimasak di atas bara api. Hasilnya, kue beras Korea ini renyah di luar dan kenyal di dalam. Sausnya pun membuat rasa tteokkochi tidak kalah enak dengan tteokbokki.
Injeolmi
Injeolmi adalah olahan kue beras Korea yang spesial. Selain karena rasanya yang enak, injeolmi juga melambangkan hubungan yang erat sehingga kerap disajikan dalam acara istimewa. Cara membuat dan rasanya kurang lebih mirip dengan mochi, yakni tepung beras yang diuleni dan ditumbuk hingga kenyal lalu dilapisi dengan bubuk kacang.
Songpyeon
Kue beras Korea ini biasanya dinikmati saat chuseok atau hari panen raya. Bentuknya bulan sabi dengan berbagai warna dan bisa diisi dengan pasta kacang atau polos saja. Proses memasaknya pun unik, yakni dikukud dengan daun pinus agar memiliki aroma yang harum.
Hwajeon
Enak dimakan dan cantik dilihat, itulah gambaran yang cocok untuk kue beras Korea yang satu ini. Hwajeon punya rasa manis dan semakin cantik dengan dihiasi kelopak bunga warna-warni di atasnya. Biasanya kue ini dibuat dengan hiasan bunga azalea, namun kini kamu bisa menemukan hwajeon dengan bunga krisan, sakura, bahkan mawar! Cemilan ini sangat cocok untuk piknik di musim semi. Saatnya melebarkan pengetahuan kamu tentang makanan Korea dengan mencoba kue beras di atas. Kalau kamu mau, kamu pun bisa membuat beberapa makanan Korea mudah dan lezat di rumah dengan resep di bawah ini: