icon
icon
article hero

Ramadan Around The World: Kisah Muslim Asal Malaysia Menghabiskan Ramadhan di Hong Kong

AvatarName

Sastri  •  Apr 30, 2021

icon

Sebagai bagian dari seri Ramadan Around the World (Ramadhan dari Seluruh Dunia), kami akan berbagi kisah mengenai umat Muslim yang merayakan Bulan Suci di berbagai belahan dunia. Kisah ini dikirim oleh Hani Khalit dari Hong Kong, dan telah disunting untuk kejelasan informasinya oleh tim editorial Have Halal, Will Travel. Kisah Muslim Asal Malaysia Menghabiskan Ramadhan di Hong Kong Pada bulan Ramadhan, umat Muslim dari berbagai belahan dunia mensyukuri bulan suci ini dengan refleksi diri dan fokus memperbaiki kondisi spiritual. Masing-masing orang memiliki cara sendiri untuk melakukan hal tersebut, seperti halnya Hani Khalit. Hani adalah seorang Muslim asal Malaysia yang tinggal di Hong Kong. Bagi Hani, rutinitas selama bulan Ramadhan tentu berbeda dengan bulan-bulan biasa. Ia biasa bangun dini hari untuk sahur dan makan ringan, sebelum bersiap untuk berangkat kerja. Saat jam makan siang, Hani memanfaatkan waktunya dengan beristirahat dan beribadah. Beruntung Hani memiliki jam kerja yang fleksibel. Ia bisa menyelesaikan pekerjaannya lebih cepat, kemudian pulang dan bersiap untuk memasak makanan buka puasa untuknya dan suaminya. 
Hani Khalit dan suaminya berpose di Ma On Shan, Hong Kong Hani lebih suka memasak makanan yang sederhana: merebus sayuran dan menyajikannya bersama ikan salmon kukus atau olahan ayam. Sebelum menyantap hidangan utama, Hani biasaberbuka puasa dengan mengkonsumsi sayuran atau kurma terlebih dahulu. Setelah itu ia dan suaminya pergi ke masjid, shalat tarawih, dan ikut dalam kajian bersama para pembicara favoritnya seperti Yasmin Mogahed dan Omer Suleiman.
Perayaan Idul Fitri tahun 2020 bersama keluarga dan teman-temannya. Ketika ditanya mengenai hal apa yang paling ia rindukan tentang Ramadhan sebelum pandemi, Hani teringat akan silaturahmi di masjid. Bersama keluarga dan kerabat, Hani biasa berbuka puasa di masjid dilanjutkan dengan beribadah bersama.  Tak hanya Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri juga terasa sangat berbeda saat pandemi. Biasanya, warga Malaysia yang tinggal di Hong Kong bertolak ke Rumah Malaysia atau gedung Konsulat Jenderal Malaysia untuk merayakan hari nan fitri bersama-sama.
Berkumpul dengan kerabat dan keluarga saat Idul Fitri 2020 Untuk mengobati rasa rindu akan silaturahmi tersebut, Hani dan kawan-kawannya mengadakan potluck serta merayakan Lebaran dengan lebih privat. Hani mengakui meski Islam adalah agama minoritas di Hong Kong, tidak ada tantangan yang berarti bagi umat Muslim untuk merayakan Ramadhan atau Idul Fitri. Warga lokal Hong Kong sangat open minded dan suasananya sangat multikultural. Semua agama bebas merayakan hari suci masing-masing dengan aman dan damai. Merencanakan perjalanan berikutnya ke Hong Kong Negara-negara di dunia mulai pulih dari pandemi, dan travel bubblepun diaplikasikan oleh banyak negara. Tak heran banyak traveller yang mulai kembali semangat untuk melakukan perjalanan internasional begitu perbatasan negara kembali dibuka. Jika kamu berencana travelling ke Hong Kong, Hani punya beberapa rekomendasi dan tips seputar destinasi wisata serta kuliner.
Hani and suaminya hiking di Ma on Shan  Sebagai seorang nature lover, Hani merekomendasikan Ma on Shan sebagai lokasi yang wajib dikunjungi di Hong Kong. Tempat ini merupakan salah satu rute trekking yang populer, serta menyuguhkan panorama laut yang menakjubkan dari atas bukit!
Dari atas Ma On Shan HHWTTip: Hani menyebutkan, wisatawan tidak akan kesulitan untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya, karena semua area Hong Kong bisa dijangkau dalam 30-40 menit naik kendaraan umum. Efektif dan efisien! Selain tempat wisata, Hong Kong juga terkenal akan kekayaan kulinernya. Untuk destinasi wisata kuliner, Hani merekomendasikan Omni Palace Noodle House and Grill yang berlokasi di antara Causeway Bay dan Wan Chai. Ini adalah salah satu tempat favoritnya untuk menyantap semangkuk mie yang nikmat! Keterangan: Omni Palace Noodle House and Grill belum memiliki sertifikasi halal. Kami merekomendasikan kamu untuk mengecek informasi terkini terlebih dahulu kepada para staf restoran. Kalau kamu menempatkan Hong Kong sebagai bucket list, jangan lupa beberapa tips dan rekomendasidari Hani. Hong Kong rasanya wajib masuk dalam daftar perjalanan kamu berikutnya, dengan segudang pengalaman seru yang bisa kamu dapatkan! Kalau ingin membaca rekomendasi lainnya di Hong Kong, cek saja informasi dari Latifah - seorang Muslim keturunan Tionghoa yang tinggal di Hong Kong. Jangan lupa catat rekomendasi dari mereka ya! Artikel ini dipersembahkan oleh Hong Kong Tourism Board.