icon
icon
article hero

Ramadan Around the World: Kisah Ramadhan Muslim Indonesia di Kota Saitama, Jepang

AvatarName

Sastri  •  Apr 23, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Artikel ini merupakan bagian dari seri "Ramadan Around the World". Artikel ini ditulis oleh tim editorial Have Halal, Will Travel berdasarkan informasi yang dikirimkan melalui tautan ini oleh Nazaya Zulaikha dari Jepang. Jika mendengar kata Jepang, besar kemungkinan tempat yang muncul di benak kita merupakan golden triangle: Tokyo, Kyoto, dan Osaka. Padahal, masih banyak kota di Jepang yang patut untuk dikunjungi. Saitama adalah salah satunya. Saitama merupakan ibu kota sekaligus kota paling padat penduduk di Prefektur Saitama. Jarak tempuhnya sekitar 30 menit naik kereta ke sebelah utara Tokyo. Di sini, tinggal seorang Warga Negara Indonesia (WNI) bernama Nazaya Zulaikha. Nazaya sudah 6 tahun tinggal di Kota Saitama, dan melewati bulan suci Ramadhan serta Idul Fitri di kota tersebut. Salah satu hal yang paling dirindukan Nazaya akan Ramadhan adalah suasananya, karena perayaan Ramadhan di Jepang tentu tidak seperti Indonesia.
Saat bulan Ramadhan, Nazaya biasa bangun pukul dua atau tiga pagi untuk sahur. Kemudian ia shalat dan membaca Al Qur’an sebelum melanjutkan istirahat. Bagi Nazaya yang tengah Work from Home (WFH), sehari-hari ia disibukkan dengan bekerja serta mengurus keperluan bayi dan rumah tangga. Menjelang sore, Nazaya akan menyiapkan menu berbuka puasa kemudian shalat maghrib berjamaahdengan suaminya. Ia kemudian makan malam sebelum shalat isya dan tarawih. Pada bulan Ramadhan, Nazaya selalu bergantian tarawih dengan suaminya karena salah satu dari mereka menjaga si buah hati :)
Sebelum pandemi Covid-19, Nazaya dan suaminya biasa berbuka puasa di masjid terdekat dengan tempat tinggal mereka sambil bersilaturahmi dengan kawan Muslim lainnya. Tahun ini, meski beberapa masjid menyediakan suguhan berbuka puasa, namun jumlah orangnya masih terbatas dan mereka harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Sebagai orang Indonesia yang sudah cukup lama tinggal di Jepang, menu favorit Nazaya untuk sahur adalah Ochadzuke (nasi dan lauk yang disiram dengan teh hijau panas). Berpuasa di Negeri Sakura juga memiliki tantangan tersendiri. Bagi Nazaya, tantangan tersebut adalah jam puasa yang panjang serta udara musim panas yang lembap. Tak jarang Nazaya merasa dehidrasi usai berpuasa selama 16 jam lamanya. Namun, ia berusaha menyiasati hal tersebut dengan minum banyak air putih dan menghindari berada di luar ruangan dalam waktu yang lama.
Destinasi wisata di Jepang Sebagai orang Indonesia yang tinggal di Jepang, Nazaya memiliki beberapa rekomendasi soal destinasi wisata. “Namanya TeamLabo Planets dan Borderless di Odaiba, Tokyo,” tutur ia.
Sementara untuk wisata kuliner, Nazaya merekomendasikan wisatawan untuk mencicipi Houto. Makanan ini pada dasarnya mirip udon, namun dengan bentuk lebih tipisdari udon pada umumnya. Jika kamu ingintravelling ke tempat yang tidak biasa, Nazaya merekomendasikan Kota Chichibu. Berlokasi di sebelah barat Prefektur Saitama, Chichibu terletak di atas bukit dan tersohor oleh keindahannya. Udaranya juga sangat bersih terutama jika kamu berkunjung di musim semi, lengkap dengan panorama taman Sakura yang cantik! Apabila kamu ingin merasakan suasana khas lokal, datanglah ke Edo Wonderland Nikko Edomura. Nazaya merekomendasikan wisatawan untuk datang pada bulan April menuju awal Mei, atau Oktober hingga November untuk melihat keindahan wilayah tersebut.
Yuk, berbagi kisah Ramadhan di daerahmu!
Kamu bisa berkontribusi dan bercerita mengenai Ramadhan serta Idul Fitri di daerahmu. Kisahmu akan tergabung dalam seri Ramadan Around the World, bersama-sama dengan kisah umat Muslim dari berbagai belahan dunia! Kamu tinggal mengisi beberapa pertanyaan di form, dan kami yang akan merangkai kisahmu! Caranya gampang, tinggal ketik tautan ini:
http://bit.ly/RamadanAroundtheWorldID
Bergabunglah Bersama Hello Ramadan!
Diselenggarakan mulai tanggal 12 April sampai 13 Mei 2021, bergabunglah bersama Hello Ramadan, sebuah acara virtual HHWT yang bertujuan untuk membawa kemeriahan dan perayaan Ramadhan serta Hari Raya ke manapun kamu berada! Bergabunglah dengan deretan acara menarik, tantangan harian, bazar virtual, dan berbagai hadiah sepanjang bulan Ramadhan!