icon
icon
article hero

30 Hari Mencari Berkah, Lakukan 10 Hal Ini di Bulan Ramadan Setiap Hari

AvatarName

Tiara  •  Mar 29, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Marhaban ya Ramadhan! Bulan suci penuh berkah yang dinantikan umat Muslim di seluruh dunia. Selain berpuasa, bulan Ramadhan juga momen yang tepat untuk menjadi Muslim yang lebih baik. Selama 30 hari, kita diberi ganjaran istimewa untuk setiap kebaikan yang kita lakukan. Jika kamu telah memantapkan niat untuk menjadi pribadi yang lebih baik di Ramadan ini, maka mulailah dari hal yang kecil. Mudah namun berarti, berikut ini adalah amalan baik di bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan selama 30 hari.
Sahur
Lawan rasa kantuk dan bangunlah untuk makan sahur. Selain membuat kita kuat berpuasa seharian, sahur juga sunnah hukumnya. Dengan demikian, kita pun mendapatkan pahala jika melakukannya.
Khataman Al Quran
Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Al Quran. Maka, inilah waktu yang baik untuk khatam Al Quran. Selain memantapkan niat, kamu pun bisa menyusun strategi agar bisa khatam tepat waktu. Beberapa di antaranya adalah dengan membagi waktu, memanfaatkan aplikasi mobile, sampai tadarus bersama supaya lebih semangat.
Tarawih
Ibadah yang satu ini hanya ada di bulan Ramadhan. Jadi, jangan lewatkan keistimewaannya. Meski shalat berjamaah mungkin belum bisa dilaksanakan di beberapa tempat, bukan berarti kamu tidak bisa tarawih. Simak tata cara tarawih di rumah di halaman ini!
Itikaf
Rumah Allah SWT adalah sebaik-baiknyatempat untuk menghabiskan waktu selama bulan Ramadhan. Jika masjid di lingkungan kamu sudah buka, sempatkanlah diri untuk beraktivitas di sana. Raih berkah Ramadan dengan menjalankan shalat berjamaah, tadarus, dan berdiam diri di masjid sambil mendekatkan diri kepada Allah SWT setiap hari.
Shalat sunnah
Satu amalan paling mudah yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan adalah shalat sunnah. Jika tarawih dan tahajud setiap hari masih terasa berat untuk kamu, mulailah dengan shalat sunnah sebelum atau sesudah dhalat wajib. Dengan demikian, kamu bisa menambah pahala sambil menunaikan kewajiban setiap harinya.
Memberi makan orang yang berpuasa

"Barang siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (HR Tirmidzi)

Ternyata, melakukan tugas sesederhana menyiapkan makanan berbuka adalah amalan di bulan Ramadhan yang berbuah pahala besar. Bayangkan jika selama sebulan berpuasa kamu secara konsisten membantu di dapur. Bukan hanya berpahala, kamu pun jadi lebih pintar memasak.
Berzikir
Mengingat Allah SWT dan menyebut nama-Nya merupakan cara paling mudah untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Dengan berzikir, hati menjadi tenang. Zikir juga merupakan ibadah hati dan lisan yang tidak mengenal batasan waktu sehingga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.
Bersedekah
Zakat fitrah memang merupakan amalan di bulan Ramadhan yang wajib dilakukan. Namun, janganberhenti di situ saja karena beramal adalah hal yang sangat dianjurkan di bulan suci. Tidak melulu soal memberi uang, beramal juga bisa dilakukan dengan menyumbangkan barang yang sudah tidak terpakai kepada yang membutuhkan. Atau, kamu pun bisa membagikan makanan untuk berbuka puasa kepada yang membutuhkan.
Bertaubat
Mari buka lembaran baru di Ramadan 2021. Bertaubat bukan hanya dilakukan karena dosa besar, namun dilakukan sesering mungkin. Bertaubat bisa dimulai dengan langkah sederhana, seperti shalat taubat, memperbanyak istigfar, dan berdoa untuk memohon ampunan.
Menahan diri
Selain menahan lapar dan haus, berpuasa juga berarti menahan diri dari hal-hal lain yang membatalkan puasa. Jadikan bulan Ramadhan kali ini sebagai titik balik untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan meninggalkan dan menahan diri dari hal-hal negatif. Mulailah dari yang paling sederhana, misalnya dengan tidak membicarakan orang lain. Simak juga tips dan topik mengenai Ramadhan lainnya dalam artikel berikut ini: