icon
icon
article hero

Rekomendasi Ketoprak Legendaris Di Jakarta (Ada Yang Buka Dari Tahun 60-an!)

AvatarName

Shafa Rana Nusaibah  •  May 19, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Ketoprak merupakan salah satu makanan tradisional berbumbu kacang yang sering menjadi incaran para foodies. Makanan yang hampir selalu ada di setiap sudut kota Jakarta ini selalu bisa menarik hati seluruh lapisan masyarakat.  Selain murah meriah, ketoprak juga cukup mengenyangkan. Makanan ini berbahan dasar irisan ketupat, tauge, dan kondimen lainnya seperti bihun, timun, tahu, telur, dan bawang goreng kemudian disiram dengan bumbu kacang yang lezat.  Jika kamu sedang mampir di Jakarta, beberapa lapak ketoprak  yang terkenal ini wajib untuk kamu coba!
1. Ketoprak Ciragil
Berdiri sejak tahun 1960-an, ketoprak legendaris ini tetap eksis dan mempertahankan cita rasanya yang nikmat selama puluhan tahun. Sesuai dengan namanya, ketoprak Ciragil terletak di Jl. Ciragil II, Blok Q No. 24, Senopati, Jakarta. Berbeda dengan ketoprak lainnya, Ketoprak Ciragil menggunakan lontong sebagai pengganti ketupat. Bumbu kacang yang digunakan juga memiliki aroma yang sangat menggugah dan rasanya nikmat.  Jika kamu mampir kesini, kamu juga bisa memilih jenis telur yang disajikan sebagai tambahan ketoprak yang dipesan, mulai dari telur dadar, mata sapi, telur rebus, hingga telur asin. Satu porsi ketoprak dibanderol mulai dari Rp 18.000. 
2. Ketoprak Mitro
Beralih ke Jakarta Barat, kamu bisa menemukan Ketoprak Mitro yang seringkali dikunjungi olehFood Blogger. Ketoprak Mitro juga cukup terkenal dengan rasanya yang nikmat.  Bumbu kacang Ketoprak Mitro yang gurih dan legit tentu akan memanjakan lidahmu. Dengan harga Rp. 15.000, kamu akan mendapatkan satu piring penuh ketoprak yang nikmat dan menggugah selera.  Ketoprak Mitro terletak di jalan Mandala Raya No.5, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Dan buka setiap hari kecuali Jum’at sejak pukul 09.00-21.00.
3. Ketoprak Cirebon Mas Bana
Jika kamu penggemar “Ketoprak malam”, jangan lupa untuk mampir ke lapak Ketoprak Cirebon Mas Bana yang terletak di Jl. Bhakti IV No.1, RT.7/RW.9, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat.  Dengan harga yang murah meriah yaitu sekitar Rp 15.000 per porsinya, kamu sudah bisa menikmati ketoprak cirebon yang lezat ini. Jangan heran jika lapak ini rasanya tidak pernah sepi pengunjung. 
4. Ketoprak Muara Karang
Kalau kamu berada di Jakarta Utara, jangan lupa untuk mampir ke Ketoprak Muara karang yang selalu ramai pengunjung. Selain harganya murah, ketoprak ini juga menawarkan rasa yang nikmat dan nagih! Sepiring Ketoprak Muara Karang berisi lontong, bihun, tahu, dan bumbu kacang yang cukup banyak. Kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp. 13.000 untuk seporsi Ketoprak Muara Karang.Ketoprak Muara Karang berlokasi di Jl. Pluit Karang Molek, RT.12/RW.18, Pluit, Jakarta Utara.
5. Ketoprak Purwa Bharata
Sesuai dengan namanya, Ketoprak Purwa Bharata terletak di sebelah tempatpertunjukan wayang, Gedung Purwa BharataJalan Kalilio No. 15, Senen, Jakarta Pusat. Meskipun tempatnya tidak terlalu besar, gerobak ketoprak ini tidak pernah sepi pengunjung karena kelezatannya yang sudah terkenal. Bumbu kacangnya manis dan gurih selain itu kamu juga bisa menambahkan sate kulit dan sate ati ampela, loh!