icon
icon

7 Kawasan Pecinan di Indonesia untuk Melihat Suasana Imlek yang Meriah

AvatarName

Tiara  •  Jan 15, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Menjelang tahun baru Imlek, ada beberapa tradisi Imlek yang dilakukan oleh warga keturunan China. Salah satunya adalah menghias rumah dengan pernak-pernik berwarna merah. Kemeriahan ini pun begitu terasa jika kamu mengunjungi wilayah pecinan. Kawasan pecinan di Indonesia sudah ada sejak abad ke-11. Pecinan hadir akibar banyaknya pedagang yang singgah ke Indonesia pada masa lalu dan akhirnya menetap. Hingga kini, jejak sejarah tersebut masih bertahan dalam bentuk kawasan pecinan yang tersebar di seluruh Indonesia. Jika kamu ingin merasakan atmosfer Imlek yang meriah, maka kamu bisa datang ke beberapa kawasan pecinan berikut ini.
Semarang
Jejak kebudayaan China begitu jelas terlihat di kota ini. Selain keberadaan klenteng Sam Poo Kong yang Instagramable, pecinan Semarang pun menjadi surganya makanan. Salah satunya adalah Pasar Semawis. Pasar malam ini awalnya hanya diselenggarakan setahun sekali, tepatnya beberapa hari menjelang Imlek. Namun, kini Pasar Semawis dibuka setiap akhir pekan mulai hari Jumat hingga minggu.
Surabaya
Pecinan Surabaya berada di kawasan Kya-Kya. Di sini, kamu bisa melihat arsitektur bangunan klasik bergaya China dan menjajal sejumlah kuliner khas China. Selain itu, ada pula Masjid Cheng Ho Surabaya yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu ke sana, jangan lupa mampir untuk mencicipi kuliner khas Surabaya, ya!
Singkawang
Kawasan pecinan di Kalimantan Barat ini terkenal akan festival Cap Go Meh tahunannya yang meriah. Singkawang juga dijuluki sebagai Kota Seribu Klenteng. Jika kamu berkunjung ke sana, sempatkan diri untuk mampir ke klenteng Sam Poo Kong yang menyimpan jangkar serta kemudi milik Laksamana Cheng Ho.
Lasem
Lasem merupakan tempat pertama kali mendaratnya pendatang China di tanah Jawa. Tidak heran jika di kawasan ini banyak pecinan di berbagai lokasi. Di sisi lain, Lasem juga dikenal sebagai kota santri karena banyaknya pesantren bersejarah yang masih ada hingga saat ini. Kedua budaya ini pun berpadu dan menciptakan tatanan masyarakat yang harmonis. Lasem juga memiliki patung Buddha tidur berlapis emas yang bisa kamu kunjungi.
Medan
Pecinan Medan dikenal dengan kulinernya yang kaya. Puluhan kedai makan khas China bisa kamu temukan berjajar di kawasan Asia Mega Mas, mulai dari aneka mi, kwetiau, nasi hainan, hingga bebek ada di sini. Di sinilah kamu bisa menemukan kemeriahan restoran China dengan segala kesibukannya. Namun, hati-hati jika kamu makan di sini. Pastikan makanan yang kamu pesan bebas dari unsur non halal. Kamu juga bisa mampir ke beberapa tempat untuk menikmati kuliner Medan lainnya.
Batam
Pecinan Batam dikenal dengan nama Bukit Nagoya yang merupakan pusat komunitas keturunan China di kota ini. Suasananyapun khas dengan sejumlah bangunan berarsitektur klasik yang berdampingan dengan gedung modern. Lebih baik lagi, kawasan ini juga dikenal sebagai surga belanja!
Jakarta
Selain dikenal sebagai pusat elektronik, kawasan Glodok merupakan  kawasan pecinan yang populer di Jakarta. Salah satu daya tariknya adalah Wihara Dharma Bhakti, tempat ibadah bagi umat Buddha. Usai melihat suasana di klenteng ini, kamu pun bisa mampir ke kedai Kopi Es Tak Kie. Kedai kopi legendaris ini sudah ada sejak tahun 1927 dan bertahan dengan kedainya yang klasik. Kamu pun bisa jalan-jalan ke pasar tradisional di sekitar sini dan menemukan berbagai barang unik yang diperjualbelikan. Tahukah kamu bahwa Tahun Baru Imlek awalnya dirayakan untuk menyambut datangnya musim panen dan musim semi? Menjelang datangnya Tahun Baru Imlek, HHWT mengajak kamu untuk turut serta menikmati kemeriahannya dalah Hello Spring Festival 2021!
Ada apa saja di festival ini?
Akan ada berbagai booth virtual yang menarik, termasuk dari JR West, Klook, dan Singapore Tourism Board. Kamu juga bisa bergabung dalam program siaran live menarik dengan berbagai tema, seperti pengalaman para mualaf yang merayakan Tahun Baru Imlek, tradisi dan kebiasaan di Tahun Baru Imlek, dan kiat agar acara makan bersama keluarga lebih menyenangkan. Kamu juga bisa memenangkan Lucky Draw berupa empat voucher GrabFood senilai masing-masing Rp 200.000 dan Grand Lucky Draw masing-masing satu voucher staycationdi Hotel Pullman Jakarta Thamrin dan Central Park! Daftar sekarang juga di halaman ini. Sampai ketemu di Hello Spring Festival 2021! Simak juga informasi dan rekomendasi seputar Imlek lainnya dalam artikel berikut ini: