icon
icon
article hero

Panduan ke Kawah Ratu Bogor: Lokasi, Harga Tiket Masuk, dan Tips Persiapannya

AvatarName

Sastri  •  Jul 13, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Nama Kawah Ratu baru-baru ini mencuat di kalangan netizen Indonesia. Betapa tidak, foto sebuah sungai dengan aliran air biru jernih layaknya Blue Lagoon di Islandia seliweran di media sosial. Banyak orang menyangka tempat ini berlokasi di luar negeri. Namun siapa sangka, Kawah Ratu merupakan salah satu tempat wisata unggulan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Mengutip situs resmi TN Gunung Halimun Salak, Kawah Ratu merupakan tempat wisata alam dengan fitur yang cukup lengkap. Kamu bisa menikmati air terjun, berkemah, serta panorama bekas letusan Gunung Salak yaitu Kawah Ratu itu sendiri. P.S. Kalau kamu mau eksplor Bogor, baca juga beberapa info di bawah ini!

Lokasi

Kawah Ratu berlokasi di STPN Wilayah III Sukabumi, TN Gunung Halimun Salak. Lokasi ini sejatinya merupakan kaki Gunung Salak di sisi lerang selatan. Secara administratif, Kawah Ratu berbatasan dengan Desa Cidahu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi ini mudahdicapai baik dengan kendaraan roda dua maupun empat. Dari arah Bandung, bertolaklah ke arah Kota Sukabumi dilanjutkan ke arah Bogor sampai perempatan Cidahu. Beloklah ke kiri kemudian lurus sampai lokasi wisata Kawah Ratu. Dari arah Jakarta, kamu bisa menempuh perjalanan lewat tol Jagorawi sampai ke Ciawi, kemudian lanjut ke jalur arah Sukabumi sampai di perempatan Cidahu.

Atraksi wisata

Ada beberapa atraksi wisata yang bisa kamu nikmati di Kawah Ratu. Pertama adalah area kemah atau camping ground, yang terdiri dari 3 blok. Jangan khawatir, tempat ini dilengkapi fasilitas toilet dan warung makan lho! Kemudian, kawasan wisata Kawah Ratu juga memiliki 7 air terjun dengan lokasi yang cukup tersebar. Namun jumlah air terjun yang mudah dikunjungi ada 5 yaitu Curug 1, 2, 3, Curug Dua Undak, dan Curug Ngumpet. Atraksi wisata ketiga tentu saja Kawah Ratu. Kawah ini merupakan bekas letusan Gunung Salak yang terakhir berlangsung pada 1938. Kawah Ratu memiliki luas 2 hektar, dan sampai saat ini masih kerap mengeluarkan uap dan air panas serta gas belerang. Kawah Ratu dapat dicapai melalui perjalanan pendakian dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam, dan jarak tempuh 3,5 km dari kantor Resort Kawah Ratu di Cidahu.

Jam operasional dan harga tiket

Kawah Ratu buka setiap hari pukul08.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk ke TN Gunung Halimun Salak adalah Rp 10.000 per orang. Untuk kendaran roda dua dikenakan karcis masuk Rp 5.000, dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Tips berkunjung ke Kawah Ratu 

  1. Butuh sedikit trekking untuk menuju tempat ini, sehingga ada baiknya kamu pemanasan terlebih dahulu dengan jalan atau lari pagi sebelum berkunjung.
  2. Pergilah saat musim kemarau, sehingga airnya jernih dan cuacanya bagus!
  3. Kamu bisa menyewa pemandu jika butuh. Terdapat beberapa jalan bercabang sehingga cukup membingungkan untuk para pengunjung yang pertama kali ke sini.
  4. Gunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat, serta sepatu yang nyaman untuk trekking
  5. Bawalah perbekalan, terutama snack untuk kamu makan sambil berjalan kaki menuju Kawah Ratu
  6. Jangan buang sampah sembarangan, dan tetap lestarikan alam! :)