icon
icon
article hero

6 Jenis Kurma Paling Populer di Indonesia, Kamu Suka yang Mana?

AvatarName

Sastri  •  May 05, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Sebagai buah yang identik dengan bulan suci Ramadhan, kurma digemari oleh umat Muslim maupun non-Muslim. Buah berbentuk lonjong dan bercita rasa legit ini memang baik untuk kesehatan. Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan umat Muslim untuk mengonsumsi kurma saat sahur dan berbuka puasa. Namun tahukah kamu, ada sekitar 400 jenis kurma dari berbagai belahan dunia. Sedikitnya ada 7 jenis kurma yang paling populer di dunia, termasuk Indonesia. Kamu bisa menemukan aneka kurma ini di supermarket maupun toko online! Baca juga: 7 Resep Olahan Kurma Sederhana untuk Takjil dan Kue Lebaran
1. Kurma Ajwa
Kurma Ajwa disebut juga kurma nabi, karena kurma jenis inilah yan dulu dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW. Kurma ini berwarna hitam kecoklatan dengan kulit luar yang keriput, dan rasanya tidak terlalu manis.
2. Kurma Safawi
Kurma Safawi bercita rasa legit dan sedikit berair. Kurma ini memiliki banyak serat sehingga dipercaya bisa melancarkan sistem pencernaan.
3. Kurma Sukari
Para raja Arab lebih suka menyantap Kurma Sukari. Kurma ini biasa disajikan segar atau dalam kondisi kering. Sukari basah memiliki tekstur lembut yang lumer di mulut. Konon, kurma ini memiliki khasiat untuk menambah stamina pria.
4. Kurma Khidri
Kurma Khidri adalah varian yang paling populer untuk memasak. Kurma ini juga merupakan yang paling banyak digunakan untukkurmagourmet dengan isian kacang-kacangan, cokelat, dan lain-lain.
5. Kurma Medjool
Kurma Medjool adalah salah satu jenis kurma yang paling besar, dengan isian daging yang banyak dan legit. Kurma dengan nama lain Bard Valley ini berasal dari California, Amerika.
6. Kurma Ruthob
Kurma Ruthob adalah kurma yang disebut sebagai buah istimewa pemberian Allah SWT untuk para wanita. Kurma ini disebut-sebut memiliki khasiat untuk kesuburan dan reproduksi wanita. Berbeda dengan jenis lain, kurma ruthob memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang tidak terlalu manis.