icon
icon
article hero

8 Kota di Sepanjang Tol Trans Jawa untuk Mampir dan Wisata Kuliner

AvatarName

Tiara  •  Mar 24, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Tol Trans Jawa kini menjadi pilihan utama untuk jalur mudik ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jalan bebas hambatan ini pun diperkirakan akan kembali ramai pada fase mudik Lebaran 2021. Jika kamu berencana mudik via tol Trans Jawa, jangan lupa mampir ke beberapa kota berikut ini untuk menikmati wisata atau kulinernya!
Cirebon
Pemberhentian pertama di tol Trans Jawa adalah kota Cirebon. Kalau kamu tiba di waktu makan siang, langsung saja cari kuliner nasi jamblang khas Cirebon. Selain makan, kamu pun bisa sekalian membeli beberapa oleh-oleh makanan untuk bekal selama perjalanan. Salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Keraton Kasepuhan Cirebon. Setelahnya, kamu bisa mampir ke Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang megah untuk shalat sebelum melanjutkan perjalanan.
Tegal
Lanjutkan perjalana tol Trans Jawa kamu dengan mampir di kota Tegal. Sambil keliling kota, kamu bisa jajan tahu pletok khas Tegal dan menikmati sepiring Kupat Glabed yang gurih. Kota Tegal juga bisa menjadi tempat menginap pertama selama road trip Jawa Tengah ini. Kalau kamu mau sedikit berusaha, kamu bisa menginap di kawasan Pemandian Air Panas Guci. Di sini, kamu bisa menginap dengan suasana pegunungan yang sejuk dan bermain di kebun stroberi.
Pekalongan
Lewat tolTrans Jawa belum lengkap kalau tidak mampir ke Kota Batik. Selain berbelanja di sentra batik di sana, kamu juga bisa mampir ke Museum Batik. Museum ini memiliki lebih dari 1.000 koleksi batik, mulai dari yang tradisional hingga yang modern. Kalau kamuingin belanja batik, beberapa tempat yang paling terkenal antara lain adalah International Batik Center (IBC), Pasar Grosir Setono, dan Pasar Banjarsari.
Semarang
Lanjutkan perjalanan di tol Trans Jawa sejauh 100 kilometer menuju kota Semarang. Setibanya di Semarang, tentu saja kulineran jadi target utama. Nasi ayam, lumpia, sampai kue chiffon pelangi khas Semarang adalah makanan yang harus kamu coba. Kalau masih ada kesempatan, kamu bisa mengikuti tur malam Gedung Lawang Sewu yang bersejarah. Kamu pun bisa mampir ke Klenteng Sam Poo Kong dan Dusun Semilir yang Instagramable!
Solo
Kota kesultanan ini patut disinggahi dalam perjalanan kamu di tol Trans Jawa. Kamu bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di Solo yang kaya akan nilai sejarah dan budaya. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner Solo yang legendaris seperti Selat Mbak Lies, Sate Kambing Bu Hj. Bejo, dan Dawet Telash Bu Dermi!
Madiun
Pemberhentian pertama di Jawa Timur via tol Trans Jawa adalah kota Madiun. Ketika tiba di sana, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyantap nasi pecel khas Madiun. Beberapa depotmakan pecel yang paling legendaris antara lain Nasi Pecel Yu Gembrot di Jalan Imam Bonjol, Nasi Pecel Bu Mandung, atau Nasi Pecel Sri Tanjung di Jalan Cokroaminoto.
Mojokerto
Usai puas menjelajahi Madiun (dan membungkus beberapa porsi nasi pecel), saatnya melanjutkan road trip Jawa Timur ini menuju Mojokerto. Setibanya di sana, kamu bosa mampit ke kompleks Maha Vihara Mojopahit untuk melihat patung Buddha Gautama raksasa. Patung sepanjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter ini tercatat sebagai patung Buddha tidur terbesar ketiga di dunia setelah patung yang berada di Thailand dan Nepal!
Surabaya
Injak gas lagi dan lanjutkan road trip Jawa Timur ke ibukota setempat, kota Surabaya! Satu hal yang pasti, kota pahlawan ini akan memanjakan kamu dengan makanan enak yang wajib dicoba. Surabaya sendiri punya begitu banyak tempat wisata menarik, seperti Hutan Bambu Keputih, Monumen Kapal Selam, sampai Kebun Bibit Wonorejo yang asri. Simak juga rekomendasi wisata lain di sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur dalam artikel berikut ini: