icon
icon
article hero

Liburan Hemat 7 Hari 6 Malam di London, Kurang dari Rp 500 Ribu Per Hari!

AvatarName

Aditya Mulyawan  •  Nov 29, 2019

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Shasha Dania. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Bermimpi untuk melihat Buckingham Palace, Tower Bridge, atau bus dua tingkat merah yang ikonik tersebut tetapi khawatir kantongmu jebol? Jangan khawatir, kami pun merasakan hal yang sama sebelumnya. Kota-kota di Eropa Barat termasuk menjadi yang cukup mahal untuk dikunjungi, tak terkecuali London! Meskipun banyak atraksi yang gratis, tetap diperlukan perencanaan yang baik untukmu yang memiliki bujet terbatas.
Credit: Giphy Oleh karena itu kami telah menyiapkan itinerary 7 hari 6 malam untuk berpetualang dengan hemat di London! Kamu tidak akan menghabiskan lebih dari Rp 800 ribu per harinya, dan kami telah menyiapkan beberapa tips untuk mendapatkan penerbangan dan penginapan murah tanpa harus mengorbankan kenyamanan mu.
Tiket Pesawat
Liburan hemat tentunya dimulai dengan mencari tiket pesawat semurah mungkin! Berhubung perjalanan akan memakan waktu yang cukup lama (sekitar 8-9 jam setiap terbang dengan sekali transit), kamu bisa memulai liburanmu tanpa penderitaan dengan menemukan pilihan penerbangan yang nyaman sekaligus murah. Bagaimanakah caranya?
Hasil pencarian tiket termurah dari Jakarta ke London, Januari 2020 adalah waktu yang tepat untuk ke sana! Kamu bisa merencanakan dari awal dan menentukan waktu perjalanan secara lebih mudah dengan memanfaatkan situs agregator sepertiSkyscanner. Kamu dapat mencari bulan termurah, lalu menentukan tanggal yang harga tiketnya sesuai dengan bujetmu! Meski pada umumnya tiket pesawat lebih murah jika dipesan 3-6 bulan sebelumnya, jangan heran jika harganya tetap mahal di masa-masapeak season seperti bulan Juli-Agustus dan November-Desember!
Pilihan transit dalam penerbangan Emirates, Singapore Airlines, dan Qatar Airlines. Jika kamu belum menentukan tanggal perjalananmu, kamu bisa memangkas ongkos perjalanan dengan pilihan transit yang ada. Pada umumnya semakin murah tiket pesawat, akan semakin lama pula waktu transitnya. Akan tetapi jika bandara tempat kita transit memiliki fasilitas yang baik dan nyaman, menunggu selama 15 jam pun tidak menjadi masalah. Kamu mungkin bisa menikmati waktu transit dengan berkeliling di sekitar bandara - tetapi jangan lupa untuk menimbang kelebihan dan kekurangannya ya sebelum kamu memutuskan untuk booking tiket pesawat. #Tips HHWT: Cek juga tips untuk mendapatkan tiket pesawat murah disini ya! Jangan lewatkan juga berbagai promo yang diadakan oleh maskapai penerbangan
Penginapan
Akomodasi di London mungkin menjadi hal termahal kedua dalam bujet liburanmu - lokasi yang nyaman dan mudah diakses tidaklah murah! London terbagi dalam berbagai zona, dimana pusat kota merupakan zona 1, dan masing-masing zona akan semakin jauh dari sana. Semakin jauh dari pusat kota, semakin murah pula hargaakomodasinya - akan tetapi resikonya, kamu juga akan semakin jauh dari berbagai atraksi dan destinasi wisata yang terkenal.
Kredit foto: YHA London Oxford Street di Facebook Jika kamu berencana untuk mengunjungi destinasi ikonik seperti Buckingham Palace, Trafalgar Square, Soho, dan Big Ben (semuanya berada di kawasan Wesminster di zona 1), mungkin kamu akan mempertimbangkan penginapan yang berada di zona 1 atau 2 seperti YHA di Oxford St yang harganya mulai dari £27/Rp 460 ribu per malam. Kamu bisa menghemat biaya transportasi dan waktu! Namun, jika kamu berencana untuk berencana ke luar kota atau tidak tertarik dengan destinasi wisata biasa, kamu bisa mencari pilihan akomodasi murah lainnya di sekitar kota. P.S. Cek juga penginapan murah yang berada di dekat tempat makan halal disini!
Hari ke-1: Westminster
Saat kamu mendarat di Heathrow, ada banyak pilihan transportasi yang tersedia menuju penginapan mu. Pastikan cek panduan ini untuk mengetahui pilihan transportasi terbaik untukmu! Jika kamu masih bingung apakah harus membeli Oyster Card atau Travelcard, panduan berpetualang dengan hemat di London dari kami akan membantumu (cek poin #3, #6, dan #7)! Untuk liburan selama 7 hari seperti pada itinerary ini, Travelcard seharga £35.10/Rp 600 ribu (hanya berlaku di zona 1-2) akan menjadi pilihan tepat - pastikanuntuk mencari tahu mana yang terbaik untuk rencana perjalananmu! Mulailah pengalaman terbaikmu di London dengan tur berjalan kaki di sekitar kota (2-3 jam)
  • Saat kamu telah menaruh tasmu di penginapan, kamu bisa mengikuti tur gratis. Free Tour By Foot adalah grup pemandu tur dari London yang menawarkan jasa tur mengelilingi kota tanpa mematok biaya tertentu. Kamu tidak perlu membayar untuk mengikuti tur ini dan dapat memberi tip “seikhlasnya” kepada sang pemandu jika kamu menikmati perjalanannya!
  • Ada berbagai tur yang terjadwal secara reguler untuk mengelilingi Westminster, museum Harry Potter, street art, hingga museum lokal. Ini bisa menjadi cara terbaik untuk menemukan berbagai destinasi yang seru di London sekaligus mengetahui berbagai kisah menarik di belakangnya!
  • Tur berjalan kaki menjadi salah satu cara terbaik untuk membiasakan diri dengan jalanan dan pemandangan London, membuatmu semakin tenggelam dalam nuansa dan atmosfir kota yang unik ini.
  • Pastikan untuk mengecek jadwal tur terlebih dahulu karena kamu membutuhkan reservasi untuk mengikutinya! Kami merekomendasikan untuk mengikuti tur Westminster yang akan melewati berbagai lokasi ikonik seperti Westminster Abbey, Buckingham Palace, St James Palace, dan masih banyak lagi!
  • Jika kamu mengikuti tur Westminster, kamu akan mengakhiri perjalanan di Parliament Square atau Jewel Tower. Kedua lokasi tersebut berada di dekatRumah Sakit St Thomas, cukup berjalan kaki sebentar menyebrangi Sungai Thames.
  • Rumah sakit ini memiliki ruangan ibadah multi-agama yang dapat digunakan untuk shalat, bahkan ada area khusus untuk mengambil wudhu! Hal yang perlu diperhatikan adalah meski area wudhu pria dan wanita terpisah, tempat beribadahnya menyatu. Oleh karena itu, kamu perlu membawa sarung atau mukena dan sajadah sendiri (sajadah disediakan dengan jumlah terbatas).
Jam Operasional: 8 pagi - 8 malam setiap hari. Alamat: Ground floor, South Wing (dekat Central Hall), St Thomas’ Hospital, Westminster Bridge Road, London SE1 7EH Makan di Ned’s Noodle Bar (30 menit - 1.5 jam)
  • Setelah selesai shalat, berjalanlah ke arah utara menuju Ned’s Noodle Bar. Restoran ini menyajikan berbagai macam makanan Asia dengan harga yang terjangkau. Semua daging mereka halal, tetapi yang perlu menjadi catatan adalah mereka menyajikan minuman beralkohol secara terpisah. Kamu bisa memesan ‘Ned’s Box’ (disajikan dalam box khas chinese food dengan sentuhan gaya barat) yang hanya seharga £5.95/Rp 100 ribu!
Status halal: Hanya menggunakan daging dan bahan makanan yang tersertifikasi halal, namun minuman beralkohol disajikan secara terpisah. Harga: Makanan utama mulai dari £5.95/Rp 100 ribu, cemilan mulai dari £1.90/Rp 35 ribu, menu anak mulai dari £2.75/Rp 45 ribu.Jam Operasional: Senin - Sabtu: 11 pagi - 11.30 malam Minggu: 11 pagi - 10.30 malam Alamat : 3E Belvedere Road, London SE1 7GQ Menikmati berbagai pertunjukan di Southbank Centre  (1.5-3 jam)
  • Setelah makan, berjalanlah di sepanjang Sungai Thames menuju destinasi selanjutnya - Southbank Centre! Centre merupakan pusat kesenian terbesar di Inggris yang sering mengadakan berbagai acara seperti pertunjukkan panggung, pembacaan puisi, dan pameran seni. Tentunya termasuk pameran gratis juga!
Jam Operasional: Tergantung kebijakan pengelola gedung Harga: Gratis (beberapa workshop atau pertunjukan mungkin memerlukan tiket) Alamat: Southbank Centre, Belvedere Road, London SE1 8XX
  • Jika kamu ada disana saat akhir pekan, pastikan untuk mengunjungi Weekend Market di Centre dimana terdapat berbagai jenis kedai makanan yang menghadirkan ragam skena street food London!
  • Cobalah makanan vegan Ethiopia dari Ethiopiques, street food vegetarian khas India di Horn OK Please, dan tutuplah wisata kulinermu dengan dessert coklat yang lezat dari Choco Fruits.
Status Halal: Pilihan seafood, vegan, dan vegetarian tersedia di berbagai kedai. Namun, kami tidak dapat memverifikasi apakah mereka menggunakan daging halal atau tidak. Kami menyarankan untuk bertanya kepada penjual apakah mereka menggunakan alkohol dalam proses memasaknya. Catat juga jika beberapa kedai menjual minumanberalkohol.Harga: Bervariasi Jam Operasional: Jum’at: 12 siang - 8 malam Sabtu: 11 pagi - 8 malam Minggu: 12 siang - 6 malam Senin (bank holiday): 12 siang - 6 malam Akhiri petualanganmu dengan berbelanja bahan makanan (30 menit-1 jam)
  • Mampirlah ke supermarket dan beli bahan makanan untuk beberapa hari ke depan! Apabila penginapanmu tidak terdapat dapur, kamu bisa membeli roti atau cemilan untuk sarapanmu. Makanan di London relatif mahal, dan memiliki cemilan seperti kacang atau buah-buahan untuk menemanimu berjalan-jalan dapat membantu untuk berhemat!
  • Beberapa supermarket yang harganya relatif terjangkau antara lain adalah Lidl, Aldi, dan Morrisons. Bahkan Lidl memiliki kebijakan ramah lingkungan dimana kamu bisa membeli satu dus makanan yang kualitasnya tak begitu baik tapi masih layak untuk dikonsumsi dengan harga £1.50/Rp 25 ribu!
Hari ke-2: Kensington
Menikmati indahnya bunga-bunga di St James Park (1 jam)
  • Mulai hari kedua mu di London dengan mengunjungi destinasi alam di pagi hari. London mungkin merupakan salah satu kota tersibuk di dunia, tetapi disana ada banyak sekali kebun dan taman untuk menghirup udara segar.
  • Apa yang lebih menarik dikunjungi selain St James Park? Berada di dekat Stasiun Westminster, taman ini dikelilingi oleh bangunan-bangunan ikonik seperti Buckingham Palace danWhitehall.
  • Jika kamu berjalan di taman, kamu akan menemukan Buckingham Palace Gardens dimana terdapat hamparan bunga yang menghiasi istana sepanjang tahun! Hamparan bunga bermekar begitu indah, bahkan disaat musim dingin dimana beberapa bunga musiman akan ditanam di waktu reguler.
Menyaksikan upacara pergantian penjaga istana (45 menit - 1 jam)
  • Sekarang kamu telah tiba di Buckingham Palace, saatnya untuk menyaksikan upacara pergantian penjaga istana! Hal ini merupakan momen yang tidak boleh kamu lewatkan saat mengunjungi London. Upacara ini dimulai pada 10.45 pagi (berlangsung selama 15 menit, dimana penyerahan dilakukan pada pukul 11 pagi).
  • Berhubung upacara ini bebas untuk disaksikan siapapun, lebih baik jika kamu datang lebih awal untuk mendapatkan spot terbaik sebelum dipenuhi oleh banyak orang yang ingin menyaksikan upacara ini!
Makan siang lebih awal di Wrap It Up! (30-45 menit)
  • Berada di dekat St James Park dan St James Palace, kedai ini menyajikan wrap (seperti kebab) yang terinspirasi dari masakan internasional dengan harga terjangkau. Berbagai rasa yang direpresentasikan dengan berbagai negara pun tersedia mulai dari Meksiko dan Turki, hingga yang lebih inovatif seperti Korea, Portugal, dan India.
Status Halal: Menggunakan daging halal Harga: Makanan utama mulai dari £4.95/Rp 85 ribu, tambahan hotpot/side dishmulai dari£1/Rp 17 ribuJam Operasional: 9.30 pagi - 6.30 malam (Senin-Jumat), tutup di hari Sabtu dan Minggu Alamat: 15-16 Crown Passage, London SW1Y 6PP Shalat di Mayfair Islamic Centre (30 menit - 1 jam)
  • Berada di antara Buckingham Palace Gardens dan Hyde Park, Mayfair Islamic Centre menjadi tempat untuk para Muslim melakukan ibadahnya.
Jam Operasional: 24 jam Alamat: Hertford St, Mayfair 19, London W1J 7RU Tenggelamkan dirimu dalam dunia seni dan desain di V&A (2-3 jam)
  • Setelah makan siang, naiklah tube menuju Stasiun South Kensington untuk mengunjungi museum pertama di daftar ini - V&A! Namanya diambil dari Ratu Victoria dan suaminya Albert, V&A merupakan museum monumental yang didedikasikan untuk memamerkan artefak, karya seni, dan desain dari seluruh dunia.
  • Terdapat 2.3 juta objek seni dalam koleksi permanen museum ini. Jadi apapun yang kamu nikmati disini, baik itu pertunjukan seni, fotografi, maupun lukisan akan membuatmu tercengang.
Jam Operasional: Sabtu - Minggu: 10 pagi - 5.45 sore Jumat: 10 pagi - 10 malam Harga: Gratis (pameran khusus mungkin membutuhkan tiket masuk) Alamat: Victoria and Albert Museum, Cromwell Road, London, SW7 2RL Banting setir menuju dunia sains di Science Museum (2-3 jam)
  • Setelah menenggelamkan dirimu kedalam dunia seni dan desain, berikan kesempatan untuk separuh otakmu sedikit bekerja dengan mengunjungiScience Museum yang letaknya berdekatan.
  • Rangkaian koleksi lengkap mulai dari jam dan arloji, hingga pesawat bersejarah. Duniamu akan berputar saat mengetahui kisah-kisah yang ada di balik barang-barang bersejarah tersebut.
  • Anak-anak pun dapat menikmati pameran interaktif yang menyajikan teka-teki untuk diselesaikan oleh mereka, atau simulasi penerbangan (harga tiket antara £2/Rp 34 ribu - £5/Rp 85 ribu) dimana mereka dapat merasakan sensasi di dalam pesawat dan jet yang sesungguhnya!
Jam Operasional: 10 pagi - 6 malam (batas terakhir masuk pukul 5.15 sore) Harga: Gratis (pameran khusus mungkin membutuhkan tiket masuk) Alamat: Science Museum, Exhibition Road, South Kensington, London SW7 2DD Manjakan lidahmu dengan lezatnya gyros di Bosphorus Kebabs’ (30 menit - 1 jam)
  • Akhiri harimu dengan menyantap makan malam di Bosphorus Kebabs yang tak jauh dari lokasi sebelumnya
  • Kedai kebab di Kensington ini mungkin tampak sederhana, tetapi mereka menyajikan gyros dan kebab paling terkenal di London. Kedai ini telah berdiri selama lebih dari 40 tahun, dan menjadi salah satu tempat untuk mendapatkan makanan yang mengenyangkan di area kelas atas Kensington dengan harga kurang dari £10/Rp 170 ribu!
Status Halal: Hanya menggunakan bahan-bahan halal Harga: Sekitar £8/Rp 135 ribu - £10/Rp 170 ribu Jam Operasional: 11 pagi - 11:30 malam setiap hari Alamat: 59 Old Brompton Road, London, England SW7 3JS
Hari ke-3: British Museum, Chinatown, dan Trafalgar Square
Mulai hari dengan cerah dan lebih awal di British Museum (2-3 jam)
  • British Museum adalah salah satu tempat dimana kamu telah seharian mengelilingi galeri, namun tetap saja sulit untuk melihat semua yang ada disana! Terbagi dalam 10 departemen, museum ini menyimpan berbagai artefak dan benda bersejarah dari seluruh dunia.
  • Jika waktumu terbatas tetapi ingin kunjunganmu kesini menjadi pengalaman yang tak terlupakan, pastikan untuk melihat Rosetta Stone (galeri 4 di lantai dasar), mumi (Egyptian Room, galeri 62-63), dan patung Easter Island (ruangan 24 di lantai dasar)
Jam Operasional: Sabtu - Kamis: 10 pagi – 5.30 sore Juma’at: 10 pagi – 8.30 malam Harga: Gratis (pameran khusus mungkin membutuhkan tiket masuk) Alamat: The British Museum, Great Russell Street, London, WC1B 3DG Wisata kuliner di Chinatown (1-1.5 jam)
  • Berada di arah selatan museum, kamu akan terkejut melihat banyaknya makanan ramah-muslim yang ada di Chinatown!
  • Cicipilah ayam crispy di Good Friend, kedai masakan Taiwan yang menyajikan cemilan dan makanan lainnya! Porsinya yang cukup besar begitu mengenyangkan hingga waktu makan malam nanti, jangan lewatkan jugaVolcanic Cheesy Chicken yang akan lumer di lidahmu (hanya seharga £7.50/Rp 130 ribu)!
Status Halal: Menggunakan daging yang tersertifikasi halal. Tidak menyajikan babi dan alkohol Harga: From £4.50/Rp 75 ribu - £10/Rp 170 ribu Jam Operasional: 11.45 siang – 11 malam Alamat: 14 Little Newport St, London WC2H 7JJ Menikmati nuansa klasik di National Gallery (2-3 jam)
  • Setelah menikmati pagi hari dengan berbagai artefak, saatnya untuk mengeksplorasi sejarah seni Eropa dari abad ke-13 hingga awal abad ke-20 di National Gallery. Dengan lebih dari 2.300 koleksi lukisan, ini adalah saatnya untuk menikmati karya dari berbagai pelukis ternama Eropa seperti Michelangelo, Van Gogh, Rembrandt, dan Boticelli dari dekat!
  • Museum ini juga menghadirkan beberapa pameran temporer di waktu-waktu tertentu yang mungkin beberapa di antaranya gratis! Pastikan untuk mengecek kalender pameran mereka untuk mengetahui lebih lanjut.
Jam Operasional: Sabtu - Kamis: 10 pagi – 6 malam Jumat: 10 pagi – 9 malam Harga: Gratis (pameran khusus mungkin membutuhkan tiket masuk) Alamat: Trafalgar Square, London WC2N 5DN Hirup udara segar di Trafalgar Square (1-2 jam)
  • Tepat berada di luar National Gallery, terdapat Trafalgar Square. Kawasan ini biasanya penuh di akhir pekan (atau saat para warga London melakukan demonstrasi), tetapi tempat ini sangat cocokuntuk beristirahat sejenak setelah hari yang panjang. Kamu dapat melihat monumen Nelson’s Column yang begitu menakjubkan di tengah kawasan ini, ditemani oleh patung singa yang konon katanya hadir untuk melindunginya.
  • Saat kamu berada di kawasan ini, mampirlah ke kantor Malaysia Tourism dan minta izin untuk sholat di ruangan ibadah mereka! Jam operasional kantor mereka adalah pukul 9 pagi - 5 sore di hari kerja, dan tutup di akhir pekan.
Cicipi burger halal di Siirgista Bros yang terkenal (1-1.5 jam)
  • Akhiri hari panjangmu dengan santap malam lezat di Siirgista Bros. Sebelumnya dikenal dengan nama Burgista Bros, kedai burger halal ini menyajikan burger dengan berbagai topping mulai dari mexican cheese, halal turkey bacon, buffalo sauce, hingga telur goreng!
  • Pastikan untuk mencicipi Nacho Libre Beef Burger mereka yang berisi smoked mexican cheese, keripik nacho, paprika, dan onion salsa di atas potongan daging tebal!
Status Halal: Hanya menggunakan daging yang tersertifikasi halal, terdapat pula pilihan vegan. Tidak menyajikan babi dan alkohol Harga: Mulai dari £5.28/Rp 90 ribu Jam Operasional: 11.45 siang – 11 malam Alamat: 14 Little Newport St, London WC2H 7JJ
Hari ke-4 : Belanja, belanja, dan belanja!
Berpetualang di Borough Market (1-2 jam)
  • Borough Marketdikenal sebagai destinasi untuk pecinta kuliner di London. Lebih dari 70 kedaihadir disana, menyediakan berbagai bahan makanan segar dan santapan nikmat. Atmosfernya terasa hidup, dan aroma makanan yang menggoda pun kian menghipnotismu.
  • Jika kamu ingin mencicipi kuliner disini, mampirlah ke Ethiopian Flavours dan cicipi sepiring dada ayam, nasi, roti injera, serta dua side dish yang bisa dipilih hanya dengan harga £4/Rp 70 ribu saja!
  • Jika kamu tidak menemukannya, mampirlah ke kedai Wrap It Up! terdekat untuk mencicipi pilihan rasa lain yang tak kalah fantastis.
Borough Market Jam Operasional: Beroperasi Penuh: Kamis-Jum’at (10 pagi – 5 sore), Sabtu (10 pagi – 6 malam), Minggu (8 pagi – 5 sore) Hanya untuk Makan Siang: Senin-Selasa (10 pagi – 5 sore) Tutup di hari Jum’at Alamat: 8 Southwark St, London SE1 1TL Wrap It Up! Jam Operasional: Senin - Jum’at: 9 pagi – 11 malam Sabtu: 11 pagi – 11 malam Minggu: 12 siang – 11 malam Alamat: 85-87 Borough High Street, London SE1 1NH Berburu barang-barang vintage di Petticoat Lane Market (1-2 jam)
  • Dari Borough Market, naiklah tube dari Stasiun London Bridge menuju Stasiun Aldgate. Dari sana, jalanlah ke utara menuju Petticoat Lane Market.
  • Disana kamu bisa menemukan banyak produk kulit, pakaian bermerek dengan harga murah, barang-barang antik, dan bermacam-macam aksesorisyang akan membuat penampilanmu semakin keren!
Jam Operasional: 8 pagi – 6 malam Alamat: Sekitar Middlesex St (Minggu), Wentworth St (Senin-Jum’at) Beristirahat sejenak di Hummingbird Bakery (30-45 menit)
Kredit foto:
Hummingbird Bakery di Facebook
  • Hummingbird Bakery yang bergaya Amerika ini adalah tempatmu untuk menikmati beragam kue seperti brownies, cheese cake, kue pai dan masih banyak lagi! Mampirlah sebentar untuk beristirahat seraya menikmati kue yang lezat untuk memberimu tambahan energi.
Status Halal: Semua kue mereka cocok untuk vegetarian dan tidak mengandung gelatin/rennet/daging. Terdapat label khusus pada produk yang menggunakan alkohol, kami menyarankan untuk bertanya kepada pegawai toko sebelum membeli. Harga: Mulai dari £2.60/Rp 45 ribu Jam Operasional: Senin-Jumat: 8.30 pagi – 6.30 malam Sabtu: 11 pagi – 6 malam Minggu: 11 pagi – 5 sore Alamat: 11 Frying Pan Alley, London, E1 7HS Jelajahi Old Spitalfields Market yang legendaris (1-2 jam)
  • Pertama-tama, mampirlah ke Brick Lane Mosque untuk melaksanakan shalat!
  • London memiliki banyak pasar yang bersejarah, dan Old Spitalfields merupakan salah satunya. Tempat yang menjadi ikon di kawasan London Timur ini menghadirkan banyak toko yang menyajikan bahan makanan segar, produk-produk kreatif, hingga berbagai merek lokal independen.
  • Meski kamu berusaha untuk berhemat dengan mengurangi porsi belanja,kamu tetap wajib untuk mampir kesini untuk mengetahui hal-hal terbaru dan yang sedang menjadi tren di London. Siapa tahu, kamu bisa mendapatkan satu atau dua buah suvenir disini!
Brick Lane Mosque Jam Operasional: 24 jam Alamat: 59 Brick Lane, Shadwell, London E1 6QL Old Spitalfields Market Jam Operasional: Bervariasi (klik disini untuk informasi lengkapnya) Alamat: Old Spitalfields Market, 16 Horner Square, London, E1 6EW Akhiri harimu dengan Fish n Chips London yang ikonik (1-1.5 jam)
  • Pastikan untuk mencicipi cita rasa lokal London yang ikoni di Poppie’s Fish and Chips - jangan khawatir, karena disini ikannya dimasak dengan minyak kelapa dan adonannya tidak mengandung bir!
Status Halal: Pilihan seafood tersedia, ikan dimasak dengan minyak kelapa dan adonannya tidak menggunakan bir. Berhubung daging non-halal dan alkohol disajikan disana, pertimbangan untuk makan disana kami kembalikan kepada pembaca. Harga: Mulai dari £13.95/Rp 240 ribu Jam Operasional: Senin-Kamis: 11 pagi – 11 malam Jum’at-Sabtu: 11 pagi  – 11.30 malam Minggu: 11 pagi – 10.30 malam Alamat: 6-8 Hanbury Street, London E1 6QR
Hari ke-5: Stasiun King’s Cross dan Camden
Nikmati petualangan seru di Stasiun King’s Cross St Pancras (1-1.5 jam)
  • Tahukah kamu jika King’s Cross dan St Pancras sebenarnya merupakan 2 stasiun yang berbeda? Namun, karena kedua stasiuntersebut letaknya saling bersebelahan, sehingga hampir semua orang menyebutnya ‘King’s Cross St Pancras’.
  • Fans Harry Potter pasti ingin sekali mengunjungi tempat ini karena terdapat Platform 9 ¾ yang ikonik. Platform ini menjadi salah satu atraksi wisata yang selalu penuh sesak oleh pengunjung, terutama di saat akhir pekan. Jangan lupa untuk mampir ke toko Platform 9 ¾ untuk membeli merchandise Harry Potter!
  • Selain platform tersebut, kamu juga bisa berkeliling di sekitar stasiun ikoni ini sebelum berangkat ke tujuan selanjutnya. Kamu bisa melihat Olympic Ring dari ajang olimpiade yang diselenggarakan di London pada 2012 silam!
Shalat di London Central Mosque (30 menit - 1 jam)
  • Dari Stasiun King’s Cross St Pancras, naiklah tube menuju Stasiun Baker Street. Berjalanlah beberapa meter ke utara menuju masjid, kamu akan melewati 22B Baker’s Street - yang merupakan alamat tokoh fiksi terkenal, Sherlock Holmes!
  • Abadikan foto di depan bangunan ikonik tersebut sebelum melanjutkan perjalanan ke masjid. Masjid ini mampu menampung 5.000 orang dan menjadi salah satu yang terbesar di London. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi tempat dialog antar-agama dan kegiatan-kegiatan positif lainnya.
  • Disini juga terdapat pameran yang akan menggambarkan perjalanan menuju keyakinan Islam. Pameran ini bertujuan untuk menciptakan dialog positif nan damai diantara para pengunjung dari berbagai kepercayaan dan agama.
Jam Operasional: 24 jam Alamat: 146 Park Rd, Marylebone, London NW8 7RG Kunjungilah Camden Town, pusat kreativitas di kota London (1 jam)
  • Setelah dari masjid, berjalanlah melewati Regent Park yang luas menuju Camden Town. Kawasan unik ini merupakan tempat lahirnya subkultur anti-kemapanan punk di London. Saat ini Camden tetap menjadi “rumah” untuk berbagai acara musik dan toko independen, sehingga kawasan ini dikenal sebagai tempatnya orang-orang kreatif di London.
  • Kamu akan menemukan berbagai usaha kecil yang menjual banyak hal, mulai dari makanan vegan, vintage streetwear, hingga kerajinan tangan klasik.
Cobalah kuliner vegetarian yang lezat di Mildred’s (1-1.5 jam)
  • Mildred’s memiliki beberapa restoran yang vegetarian/ramah-vegan di sekitar London. Makanan yang ada disini terinspirasi dari berbagai kuliner internasional. Kamu bisa mencicipi kari Sri Lanka, hummus, tumisan gochujang, dan berbagai masakan berbasis sayur lain yang begitu lezat!
Status Halal: Sajian mereka cocok untuk vegetarian dan tidak mengandung gelatin/rennet daging dan beberapa di antaranya ramah-vegan. Minuman beralkohol disajikan disini dan alkohol digunakan untuk beberapa menu seperti Dashi Dumplings, Wood Roasted Mushroom And Ale Pie, dan Carribean Jerk Tofu. Kami menyarankan untuk bertanya terlebih dahulu kepada staf sebelum memesan disana. Harga: Mulaidari £12/Rp 205 ribu untuk makanan utamaJam Operasional: Senin-Jumat: 12 siang – 11 malam Sabtu: 10 pagi – 11 malam Minggu: 10 pagi – 10 malam Alamat: 9 Jamestown Road, London NW1 7BW Berpetualang di Camden/Camden Lock Market (1.5-2 jam)
  • Setelah perut terisi, saatnya menuju Camden dan Camden Lock Markets yang terkenal di London! Rasakanlah nuansa kreatif dan eklektik dan temukan pakaian vintage, karya seni dan kerajinan tangan, musik, hingga street food dari seluruh belahan dunia disini!
  • Camden Lock akan menarik perhatianmu dengan rangkaian gang berbatu yang memukau saat kamu mengelilinginya. Mengunjunginya adalah salah satu cara untuk menikmati Londo seperti para warganya.
  • Nikmati makan malam di Makatcha yang menyajikan rendang khas Asia Tenggara! Dibangun dan dikelola oleh pasangan suami istri asal Indonesia, tempat ini sangat sempurna untuk mengobati kerinduan akan masakan di kampung halaman.
Camden Market Jam Operasional: 10 pagi – larut malam Alamat: Camden Market, Camden Lock Place, London NW1 8AF Makatcha Status Halal: Menggunakan daging halal. Harga: Mulai dari £6/Rp 13 ribu Jam Operasional: Senin-Kamis: 11 pagi – 6 malam Jum’at-Minggu: 11 pagi – 7 malam Alamat: West Yard, Camden Lock Place, London NW1 8AF Nikmati pemandangan terbaik London di puncak Primrose Hill (1 jam kedepan)
Kredit foto:
Richard Kaby di Flickr
  • Siapa bilang kita harus ke Shard untuk menikmati pemandangan terbaik kota London? Primrose Hill berada di Camden Town, tidak memerlukan tiket masuk, dan dapat memberikan pemandangan London yang sangat menakjubkan!
  • Hal yang sering dilakukan oleh para turis dan warga London disini adalah dengan duduk di atas rumput, menikmati santapan piknik seraya menyaksikan tenggelamnya matahari. Kamu juga bisa melihat London Eye dari kejauhan sebelum malam menjelang!
Hari ke-6 : Duo Tates
Mengeksplorasi dunia seni terbaik Inggris di Tate Britain (1.5-3 jam)
  • Mulai hari-harimu di London dengan mengunjungi Tate Britain. Seringkali tertukar dengan Tate Modern yang memang masih terafiliasi satu sama lain, museum di Westminster ini sangat layak untuk dikunjungi karena memiliki beragam koleksi karya dari seniman-seniman terbaik Inggris. Beberapa di antaranya adalah lukisan “Ophelia” dari Sir John Everett Millais dan “The Lady of Shalott” dari John William Waterhouse.
  • Tak hanya koleksi karya yang berkelas, museum ini juga memiliki desain interior yang sangat menawan. Banyak sekali spot keren untuk difoto seperti lantai ubin hitam-putih yang geometris, bangunan bulat yang terbuat dari kaca, hingga tangga spiral yang ada di museum ini.
  • Dari Tate Britain, kamu bisa menuju Rumah Sakit St Thomas untuk shalat (seperti di hari ke-1) atau mencoba tempat baru,naiklah bus menuju Baitul Aziz Islamic Cultural Center. Masjid ini dapat menampung hingga 2.500 orang dan juga berada di dekat Stasiun Elephant and Castle yang terkenal!
Tate Britain Jam Operasional: 10 pagi – 6 malam setiap hari Harga: Gratis (pameran khusus mungkin membutuhkan tiket masuk) Alamat: Millbank, London SW1P 4RG Baitul Aziz Islamic Cultural Centre Jam Operasional: 24 jam setiap hari Alamat: 1 Dickens Square, London SE1 4JL Menikmati karya seni kontemporer di Tate Modern (1.5-3 jam)
  • Akhirnya, kita sampai juga di Tate Modern yang bersebelahan dengan Sungai Thames. Tempat ini merupakan museum seni kontemporer yang paling populer di dunia dan selalu dipenuhi oleh pengunjung. Disini, kamu bisa melihat karya dari nama-nama populer seperti Marina Abramovic, Yoko Ono, dan Andy Warhol.
Jam Operasional: Minggu-Kamis: 10 pagi – 6 malam Jumat-Sabtu: 10 pagi – 10 malam Harga: Gratis (pameran khusus mungkin membutuhkan tiket masuk) Alamat: Bankside, London SE1 9TG Menikmati cita rasa yang familiar di Roti King (1-1.5 jam)
  • Naiklah bus atau tube menuju Euston untuk makan mala di Roti King. Restoran ini menyediakan masakan khas melayu seperti Nasi Lemak dan Roti Canai yang pastinya menjadi pilihan sempurna untuk malam terakhirmu di London.
  • Restoran ini seringkali penuh, jadi mungkin kamuperlu menunggu sebentar untuk mendapatkan meja!
Status Halal: Semua daging yang ada disini halal dan tidak menyajikan babi. Pelanggan boleh membawa minuman beralkohol dari luar, tetapi restoran ini tidak menyediakannya. Harga: Mulai dari £5/Rp 85 ribu Jam Operasional: Senin-Jumat: 12 siang – 3 sore, 5 sore – 10.30 malam Sabtu: 12 siang – 10.30 malam Tutup di hari Minggu Alamat: 40 Doric Way, London NW1 1LH Nikmati suasana malam dengan mengelilingi Covent Garden (2 jam kedepan)
  • Sebelum pulang, pastikan untuk mampir ke Covent Garden yang ada di West End untuk menikmati nuansa bersejarah yang ada di kawasan ini.
  • Kamu bisa menyaksikan Royal Opera House, mampir ke toko desainer independen, dan melihat-lihat berbagai toko merek terkenal, semua ada di satu tempat!
  • Berhubung lokasi ini dekat dengan Chinatown, mampirlah ke Good Friend untuk makan ayam goreng, atau mencoba semangkuk mie di P.F. Chang seharga £.9.95/Rp 170 ribu saja!
Status Halal: Menggunakan bahan-bahan yang halal, minuman beralkohol disajikan secara terpisah. Harga: Mulai dari  £.9.95/Rp 170 ribu untuk makanan utama Jam Operasional: Minggu-Rabu: 11 pagi – 11 malam Kamis-Sabtu: 11 pagi – 12 malam Alamat: 10 Great Newport Street, London WC2H 7JA
Hari ke-7: Kensington Palance & Little Venice
Mengunjungi keluarga kerajaan di Kensington Palace (1-1.5 jam)
  • Di hari terakhir liburanmu, mampirlah ke Kensington Palace. Meskipun sebagai kediaman resmi Pangeran dan Putri Cambridge dan anak-anaknya, istana ini merupakan destinasi populer bagi para turis untuk mengintip kehidupan para keluarga kerajaan, termasuk Ratu Victoria. Meski kamu perlu membayar tiket masuk ke istana, kamu bisa mengeksplorasi Kensington Palace Garden secara gratis!
  • Di balik istana ini pun terdapat Hyde Park dimana kamu bisa menghirup udara segar dan menikmati pemandangan indah setelah perjalanan panjang.
  • Nikmati waktu-waktu terakhirmu di London dengan menaiki tube menuju Stasiun Angel dan berjalanlah di sekitar Regent’s Canal sebelum kembali ke bandara. Dikenal sebagai ‘Little Venice’, kawasan ini tidak tampak seperti kota London! Tempat ini akan menjadi penutup sempurna bagi petualanganmu di kota yang historis sekaligus kosmopolitan ini.
Total Pengeluaran
Akomodasi: £27/Rp 465 ribu per malam Transportasi:  £35.10/Rp 605 ribu (Travelcard untuk 7 hari di zona 1 dan 2) Makanan:  £86.13/Rp 1,5 juta (tidak termasuk belanja bahan makanan) Atraksi: Gratis! (jika kamu tidak datang ke pameran khusus atau membeli banyak barang) Rata-rata pengeluaran per hari: Kurang lebih  £20/Rp 345 ribu (di luar tiket pesawat dan akomodasi) Kesimpulannya, menghabiskan kurang dari  £50/Rp 850 ribu atau bahkan £30/Rp 500 ribu di London sangatlah mungkin! Itinerary ini kami rancangsedemikian rupa untuk sehemat mungkin, tetapi kamu bisa memanjakan diri dengan makan mewah ataupun berjalan-jalan lebih jauh lagi jika memiliki uang tabungan lebih! Ada banyak sekali hal yang bisa kamu nikmati di London tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun, jadi pastikan untukmelihat panduan perjalanan di London dan beri tahu kami jika itinerary ini membantumu!