[DIPERBARUI 12 Mar 2019]

Begitu banyak yang berubah di Tokyo sejak kami mengunggah rekomendasi makanan halal kami yang pertama sekitar tiga tahun lalu. Nah, kini semakin banyak restoran ramah Muslim dengan berbagai jenis makanan, mulai dari yakiniku halal hingga sushi! Inilah waktu yang tepat untuk berkunjung dan menikmati berbagai kuliner otentik Jepang di sana.

[P.S. This article is also available in English: Your Complete Guide To Halal Authentic Japanese Food In Tokyo]

Kalau kamu berencana untuk jalan-jalan ke banyak kota selama di Jepang, cobalah Japan Rail (JR) Pass! Dengan kartu ini, kamu bebas naik semua jalur kereta Grup JR, kereta ‘Shinkansen’, bis, dan banyak pilihan lainnya selama 7,14, atau 21 hari. Pesan kartu ini di Klook sebelum bepergian dan ambil kartunya di Kantor Penukaran Kartu JR Rail di stasiun kereta JR yang besar!

Peringatan – Jangan membaca artikel ini dalam kondisi perut yang kosong!

#HHWT Tip: Sebagian besar restoran ini harus dipesan sekitar satu hingga tiga hari sebelum kedatangan, jadi jangan lupa untuk melakukan reservasi ya!

Cara terbaik untuk bepergian keliling Tokyo adalah dengan menggunakan kartu SUICA! SUICA adalah kartu prabayar yang dapat kamu gunakan di kebanyakan jalur kereta dan bis. Kamu juga dapat top-up kartu ini ketika isinya habis. Setelah kamu memesan kartu SUICA di Klook, kamu hanya perlu mengambilnya di terminal kedatangan Narita atau Haneda dengan mudah! Tidak perlu pusing lagi, kartunya sudah terisi dengan ¥1,500 ketika kamu mengambilnya. Deposit kartu sebanyak ¥500 dapat kamu ambil ketika kamu ingin pulang!

Kredit: Giphy

Gunakan kode promo kami untuk mendapatkan diskon spesial dalam pembelian pertamamu di Klook: TRAVELHHWTID (diskon IDR 50,000)

Ramen
1. Shinjuku Gyoen Ramen Ouka

shinjuku gyoen ramen ouka

Restoran ini menyajikan ramen yang unik karena disajikan bersama semangkuk nasi yang bisa kamu santap dengan kuah kaldu dari ramenmu! Porsi normalnya lumayan besar (meski ada pula pilihan ramen ukuran besar) DAN disajikan bersama ayam panggang serta yakitori khas Jepang. Saran kami, pastikan kamu datang ke restoran ini dalam keadaan lapar. Kalaupun tidak lapar, kamu juga bisa memilih porsi yang lebih kecil.

shinjuku-gyoen-ouka-ramen-halal-japanese-food-muslim-tokyo-vending-machine-menu

#HHWT Tip: Shinjuku Gyoen Ramen Ouka bisa dicapai dengan berjalan kaki selama 8 menit dari stasiun Shinjuku yang terhubung dengan berbagai rute kereta. Inilah alasan mengapa kami suka menginap di Shinjuku ketika berkunjung ke Tokyo. Jika kamu masih mencari tiket dan hotel untuk menginap, langsung saja cek Skyscanner!

shinjyuku-shinjuku-gyoen-ouka-ramen-halal-muslim-japanese-food-tokyo-storefront

Halal status: Pemiliknya Muslim

Kontak: +81 3-5925-8426
Jam operasional:
Senin sampai Kamis – 14.00 s.d 22.00
Jumat – 18.00 s.d 22.00
Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional – 13.00 s.d 22.00
Alamat: 1 Chome-11-7 Shinjuku, Tokyo 160-0022, Jepang

2. Naritaya (Asakusa)

Satu lagi kedai ramen di Asakusa yang patut dicoba! Ramen Naritaya memadukan kuah kaldu ayam dan mi segar yang dibuat di pabrik mereka sendiri. Seperti kedai ramen di Jepang pada umumnya, kamu bisa memesan makananmu lewat vending machine yang ada di dekat pintu masuk. Sangat otentik dan khas Jepang, ya! Untuk penggemar makanan pedas, jangan lupa untuk menambahkan pasta cabai ke dalam ramenmu!

naritaya-asakusa-tokyo-japan-muslim-friendly-halal-ramen

#HHWT Tip: Di sini ada tempat untuk salat –silakan bertanya kepada staf!

Halal status: Tersertifikasi Halal (oleh Japan Islamic Trust)

Kontak: +81 3-428-9806
Jam operasional:
Senin sampai Sabtu – 11.00 s.d 22.00
Minggu – 11.00 s.d 22.00
Alamat: 2 Chome-7-13 Asakusa, Taito, Tokyo 111-0032, Jepang

3. Menya Kaijin

Bosan dengan kuah ramen kaldu ayam atau miso? Nah, ini saatnya kamu mencoba ramen seafood ala Menya Kaijin! Kaldunya terbuat dari ikan dan seafood, terlihat bening dan ringan, namun penuh rasa. Selain itu, lokasinya pun berada di jantung kawasan Shinjuku, Tokyo, jadi sangat mudah dijangkau.

Halal status: Menyediakan varian seafood. Karena restoran ini belum tersertifikasi halal, pertimbangan untuk makan di restoran ini kami kembalikan kepada kamu. Jangan lupa untuk memberitahu kepada staf restoran untuk tidak menambahkan ayam di pesananmu, ya!

Kontak: +81 03-3356-5658
Jam operasional:
Senin sampai Jumat – 11.00 s.d 15.00, 16.30 s.d 23.30
Sabtu dan Hari Libur Nasional – 11.00 s.d 23.30
Minggu – 11.00 s.d 23.00
Alamat: 3-35-7 Shinjuku, Shinjuku-ku, Tokyo 160-0022

Jangan sampai lupa kunjungi Tokyo Disneyland atau Disneysea ketika kamu di Tokyo! Pesan tiketnya di Klook sebelum bepergian agar kamu tidak perlu mengantri untuk beli tiket di sana!

4. Honolu Ebisu


Kredit: @karienass on Instagram

Jika kamu sedang berkunjung ke Shibuya, mampirlah ke Honolu Ebisu untuk menikmati aneka varian ramen ayam yang menggugah selera. Kamu bisa mencoba ramen ayam apapun yang kamu suka – pedas, dengan kecap asin, atau dengan ayam goreng. Kaldunya yang kental dan kaya rasa akan membuat kamu ketagihan. Selain ramen, kamu pun bisa memesan makanan ringan seperti gyoza dan takoyaki! Semangkuk ramen hangat nan gurih ini dijamin akan menghangatkan perut dan hatimu!

Status halal: Tersertifikasi Halal (oleh Malaysia Halal Corporation)

Kontak: +81 3-5734-1667
Jam operasional:
Makan siang – 11.30 s.d 14.30 setiap hari
Makan malam – 17.00 s.d 22.00 setiap hari
Alamat: 1 Chome-23-1 Shibuya, Ebisuminami, Tokyo 150-0022, Jepang

5. Ayam-YA Okachimachi


Kredit: Ayam-YA Okachimachi Tokyo on Facebook

Kuah kaldu ayam ramen halal Ayam-ya yang kaya rasa adalah hal yang kamu butuhkan setelah seharian menjelajahi kota! Ditambah lagi, lokasinya sangat mudah dijangkau karena terletak di daerah populer dan terhubung dengan stasiun Ueno.


Kredit: Ayam-YA Okachimachi Tokyo on Facebook

Kalau kamu suka rasa yang lebih kuat, kamu bisa memilih versi ramen yang lebih pedas. Oh iya, selain ramen, Ayam-ya juga menyediakan tsukemen (ramen celup dingin) dan aneka menu nasi (rice bowls).

Status Halal: Tersertifikasi Halal (oleh Malaysia Halal Corporation)

Kontak: +81-3-3834-6656
Jam Operasional:
Makan siang – 11.30 s.d 15.00 setiap hari (pemesanan terakhir jam 14.30)
Makan malam – 17.00 s.d 22.00 setiap hari (pemesanan terakhir jam 21.30)
Alamat: 4 Chome-10-1 Taito, Tokyo 110-0016, Jepang

6. (BARU!) Taizan Sakura


Kredit: @shifanne on Instagram

Kedai ramen ini bisa dijangkau dengan berjalan kaki dari stasiun Asakusa. Salah satu menu andalannya adalah Sakuraebi Oroshisoba, mi dengan kuah kaldu ayam dan udang serta disajikan dengan taburan sakuraebi (udang kecil khas Jepang) di atasnya.


Kredit: @sarah__eats__on Instagram

Selain itu, hidangan khas mereka lainnya adalah tsukemen (mi celup) kari. Tidak seperti kari Jepang yang bercita rasa manis, Taizan Sakura menggunakan kari gurih yang mirip dengan masakan Asia Selatan. Inilah bentuk makanan fusion yang lezat! Jika kamu menginginkan makanan yang serupa, kamu bisa memesan hidangan fusion lainnya seperti nasi kari keema, roti naan, dan ramen kari dengan keju.

Pssst, mereka juga menyediakan celemek (bib) sekali pakai supaya pakaianmu tidak kotor karena terkena kuah ramen!

Status halal: Tersertifikasi halal.

Kontak: +81 3-5811-1933
Jam operasional: Meski jam buka regulernya belum tercatat di internet, salah satu penulis kami berkunjung saat jam makan siang pada Desember 2018 lalu. Sepertinya restoran ini mulai beroperasi saat jam makan siang, namun perlu dicatat bahwa beberapa restoran tutup sementara di siang hari untuk bersiap melayani makan malam.
Alamat: 1 Chome-33-8A1 building 1F, Taito-ku, Tokyo 11-0032, Jepang.

Yakiniku
7. Gyumon

halal japan tokyo yakiniku gyumon beef

Terletak di jalanan Shibuya yang sibuk, Gyumon menyajikan yakiniku halal yang otentik. Restoran ini adalah tempat yang sempurna untuk makan malam yang mengenyangkan setelah berbelanja di Shibuya!

halal japan tokyo yakiniku gyumon beef slices

Cara memesannya pun mudah, kamu cukup memilih potongan daging yang kamu inginkan dan mereka akan mengantarkannya kepada kamu. Daging yang disajikan hanya dimarinasi dengan sedikit lada dan garam. Dengan demikian, kamu bisa menikmati kelembutan dan rasa asli dagingnya. Di sini kamu bisa menikmati serunya pengalaman makan sambil memanggang daging di atas batu bara.

View this post on Instagram

Happy to be back at our favourite yakiniku store. Watch me grill some meat 🤗 – Mikhail #havehalalwilltravel #hhwt #日本の旅行 #gyumon #gyumonshibuya #halaljapanesefood #halaljapan

A post shared by Have Halal, Will Travel (@havehalalwilltravel) on

Oh iya, daging tenderloinnya wajib kamu coba!

halal japan tokyo yakiniku gyumon main

Karena restoran ini tidak terlalu besar, jangan lupa untuk melakukan reservasi lewat telepon supaya kamu terhindar dari antrian panjang.

Status halal: Menyediakan daging halal. Menyajikan minuman beralkohol. Karena restoran ini belum tersertifikasi halal, pertimbangan untuk makan di restoran ini kami kembalikan kepada masing-masing pembaca.

Kontak: +81 03-5469-2911
Jam operasional:
Senin sampai Sabtu – 12.00 s.d 04.00
Minggu – 12.00 s.d 00.00
Alamat: 3 Chome-14-5 Shibuya, Tokyo 150-0002, Jepang
Petunjuk arah: Keluar melalui pintu selatan stasiun Shibuya lalu berjalan sekitar 8 menit ke arah seberang jembatan layang.

8. Sumiyakiya – Roppongi

Jangan terkejut jika kamu menemukan kimchi di restoran ini, ya! Berbeda dengan restoran yakiniku lain yang ada dalam artikel ini, restoran yang terletak di Roppongi (dekat dengan Roppongi Hills) menyajikan perpaduan makanan Jepang dan Korea.


Kredit: @farnamals on Instagram

Sumiyakiya menyajikan daging sapi herba khas prefektur Miyazaki. Artinya, sapi-sapinya diberi makan aneka dedaunan dan herba. Ada beberapa paket yang bisa kamu pilih, namun perhatian kami langsung tertuju kepada menu paket seharga ¥6.500. Siapa yang bisa menolak wagyu A5 (alias kelas terbaik) ini?


Kredit: @edfza on Instagram

Jangan lupa untuk melakukan reservasi sehari sebelumnya, ya!

Halal status: Menyediakan daging halal. Karena restoran ini belum tersertifikasi halal, pertimbangan untuk makan di restoran ini kami kembalikan kepada masing-masing pembaca.

Kontak: +81 03-3403-5397
Jam operasional:
Senin sampai Sabtu – 17.00 s.d 22.30
Tutup di hari Minggu
Alamat: Nishiazabu 3 Chome-20-16, Minato-ku, Tokyo 106-0031, Jepang
Petunjuk arah: Sekitar 10 menit berjalan kaki dari pintu keluar 1a Stasiun Roppongi atau 5 menit berjalan kaki dari Roppongi Hills.

9. Gyu-Kaku – Akasaka Branch

Gyu-Kaku adalah salah satu rangkaian restoran yakiniku populer dari Jepang yang memiliki berbagai cabang di Jepang dan negara lainnya (termasuk Indonesia)! Dibuka pada 17 April 2017, cabang Akasaka merupakan cabang Gyu-Kaku pertama yang menyediakan versi halal, hore!


Kredit: Gyukaku

Jadi, ada apa saja di menunya? Gyu-Kaku menyediakan paket Muslim-Friendly Course seharga US$41 dan paket yang lebih mewah yakni Muslim-Friendly Wagyu Course (termasuk daging sapi, ayam, dan seafood) seharga US$60. Kedua paket ini memberikan berbagai pilihan sayuran dan daging, serta yang paling penting, tidak terkontaminasi atau disiapkan dengan unsur yang mengandung babi atau pun alkohol! Kamu benar-benar dimanjakan dengan berbagai pilihan ketika bersantap di sini.


Kredit: Gyukaku

Seluruh peralatan makan dan perabot masak disediakan khusus untuk menyiapkan hidangan yang ramah Muslim serta telah tersertifikasi halal oleh Islamic Center Japan. Bahkan tempat saus dan wadah minumannya pun telah tersertifikasi halal! Untuk menjaga prinsip halal tersebut, semua piring, gelas, dan alat memasak untuk makanan halalnya dicuci dengan tangan secara terpisah dari peralatan yang digunakan Gyu-Kaku untuk hidangan non-halal. Jadi, jika kamu sedang berada di daerah Akasaka, jangan lupa untuk mampir ke restoran ini!

#HHWT Tip: Hidangan ramah Muslim ini hanya tersedia di cabang Akasaka. Jangan lupa untuk melakukan reservasi (bisa melalui telepon) paling tidak tiga hari sebelum kunjunganmu.

Halal status: Menyediakan daging halal dan seafood. Karena restoran ini belum tersertifikasi halal, pertimbangan untuk makan di restoran ini kami kembalikan kepada masing-masing pembaca.
Kontak: +81 03-5545-5029
Jam operasional: Setiap hari mulai jam 11.30 s.d 03.00
Alamat: Akasaka 3 Chome-12-11, Central Akasaka Building 2nd Floor, Minato-ku, Tokyo 107-0052, Jepang.

10. Yakiniku Panga

Pergi ke Jepang tidak akan lengkap rasanya tanpa mencicipi daging wagyu. Salah satu restoran yakiniku yang wajib didatangi adalah Yakiniku Panga yang bisa ditempuh dengan perjalanan singkat dari Asakusa!

Puaskan indera perasamu dengan potongan daging wagyu yang lezat dan berkilau. Sensasinya pun semakin terasa ketika kamu menyaksikan daging terpanggang sempurna di hadapanmu. Percayalah, Yakiniku Panga adalah salah satu restoran yakiniku yang tidak akan kamu lupakan!

Status halal: Tersertifikasi halal (oleh Japan Halal Foundation)

Kontak: +81 3-3839-8929 atau reservasi lewat Hotpepper
Jam operasional:
Senin sampai Sabtu – 11.30 s.d 14.00, 17.00 s.d 22.30
Minggu – 17.00 s.d 22.00
Alamat: 3 Chome-27-9 Taito, Taito, Tokyo 110-0016, Jepang

N.B. Kalau kamu berencana untuk mengunjungi Gunung Fuji, kami menyarankan untuk memesan day trip melalui Klook. Akan jauh lebih mudah, karena perjalanan ke Gunung Fuji dengan transportasi umum akan memakan waktu yang lama dan lumayan ribet.

Shabu-shabu
11. Origami Asakusa


Kredit: Origami Asakusa on Facebook

Origami Asakusa terletak di salah satu pusat keramaian dan tempat favorit para turis di Tokyo (sekitar 2 menit berjalan kaki dari stasiun subway Asakusa). Restoran ini menjadi salah satu surga makanan bagi traveller Muslim yang berkunjung ke Jepang karena menyediakan makanan halal yang unik dan otentik. Beberapa menu yang yang patut kamu coba adalah Chicken Sukiyaki Nabe, Beef Shabu Shabu, Japanese Black Beef Steak, dan masih banyak lagi.


Kredit: Origami Asakusa on Facebook

Mereka juga menyediakan sushi dan kids meal! Origami memiliki ruangan salat lengkap dengan tempat wudu, jadi kamu bisa datang untuk makan, beristirahat, dan beribadah dengan nyaman setelah seharian berjalan-jalan di Asakusa.

Mereka juga menyediakan sushi dan kids meal! Origami memiliki ruangan salat lengkap dengan tempat wudu, jadi kamu bisa datang untuk makan, beristirahat, dan beribadah dengan nyaman setelah seharian berjalan-jalan di Asakusa.

Status halal: Tersertifikasi Halal (oleh Japan Islamic Trust)

Kontak: +81 03-5811-1755
Jam operasional:
11.30sd 15.00, 17.30 s.d 21.00 setiap hari
Alamat: Hanakawado 1 Chome-2-8, Taito-ku, Tokyo 110033, Jepang

12. (BARU!) Asakusa Nagomi

Asakusa Nagomi adalah pendatang baru dalam daftar restoran shabu-shabu halal yang terus bertambah dan menyajikan daging wagyu premium A5 di area Asakusa yang sibuk. Ini adalah tempat yang sempurna untuk kamu datangi setelah berkunjung ke kuil Sensoji!


Kredit:しゃぶしゃぶ 浅草 和み on Facebook

Asakusa Nagomi tidak hanya menyajikan satu jenis wagyu A5, namun juga 4 jenis lain yang bisa kamu nikmati! Plus, tersedia pula tempat salat dan tempat wudu di restoran ini. Artinya, kamu bisa makan dan beribadah dengan nyaman.

Status halal: Tersertifikasi Halal
Kontak: +81 3-6802-7730
Jam operasional: 10.00 s.d 22.00 setiap hari
Alamat: Asakusa 2 Chome-14-17, Taito-ku, Tokyo 111-0035, Jepang

Sushi
13. Sushiken

Restoran sushi yang terletak di Asakusa ini baru saja mulai menyajikan masakan yang ramah Muslim! Sushi Ken menyajikan makanan yang dibuat dari bahan-bahan terbaik dan seafood yang paling segar. Jika kamu fans berat sushi, kamu tidak boleh melewatkan restoran ini!


Kredit: Faizzuddeen Anu on Facebook 

Tersedia berbagai pilihan set menu yang bisa dipilih serta cocok untuk selera kamu dan teman-temanmu.

sushiken-asakusa-halal-sushi-set-menu

sushiken-halal-course-and-set-menu-halal-sushi

#HHWT tip: Seperti restoran Jepang pada umumnya, harga makanan di restoran ini pun lebih murah saat waktu makan siang, berkisar antara ¥1.300 hingga ¥1.800.

sushiken-halal-lunch-set-menu

Status halal: Tersertifikasi halal (oleh Japan Halal Foundation)

Kontak: +81 03-5246-6547
Jam operasional:
Senin sampai Sabtu – 11.30 s.d 16.00, 16.00 s.d 23.30 (pemesanan terakhir jam 23.00)
Minggu dan hari libur nasional – 11.30 s.d 15.00, 15.00 s.d 22.00 (pemesanan terakhir jam 21.30)
*Tutup setiap tanggal 31 Desember
Alamat: 2 Chome-11-4, Asakusa, Taito-ku, Tokyo 111-0032, Jepang.

14. Akasaka Saryo Ouka


Kredit: Akasaka Saryo Ouka on Facebook

Akasaka Saryo Ouka adalah kafe ala Jepang pertama di Tokyo. Saryo Ouka menyajikan sushi segar (seperti gambar di atas) dan juga makan berat seperti Wagyu Beef Rice, makanan yang cocok untuk mengisi perutmu setelah lelah berjalan-jalan.


Kredit: Akasaka Saryo Ouka on Facebook

Tak hanya itu, restoran ini juga menyajikan berbagai hidangan pencuci mulut khas Jepang, termasuk matcha pancake! Jangan tinggalkan kafe ini tanpa mencoba pancake-nya!

Status halal: Pemiliknya Muslim

Kontak: +81 3-5346-6547
Jam operasional:
Senin sampai Sabtu – 12.45 s.d 15.00, 18.00 s.d 21.00
Tutup di hari Minggu
Alamat: 2 Chome-11-4, Asakusa, Taito-ku, Tokyo 107-0052, Jepang.

Udon/Soba/Tempura
15. Homemade Udon Noodles KINEYA MUGIMARU

6---narita-airport-halal-muslim-friendly-udon-tokyo

Jika kamu bepergian melalui Bandara Narita di Tokyo dan mempunyai waktu luang, jangan lupa untuk mencoba udon halal yang ada di bandara, ya! Salah satu penulis kami sempat mencobanya dan mengatakan bahwa itu adalah beef udon paling enak yang pernah ia coba! Mi nya kenyal dan kaldunya pun pas – tidak terlalu asin, sesuai dengan seleranya. Benar-benar memuaskan keinginannya akan udon yang lezat!

#HHWT Tip: Slurp! Menyeruput mi adalah tradisi Jepang yang menandakan bahwa makanan itu lezat!

7---Narita_Udon_menu-halal-tokyo

Untuk cara pemesanan, pilih ukuran udon dan topping yang kamu mau. Semangkuk udon dan topping pilihanmu akan tersaji bersama kuah kaldunya. Kemudian, pilih sendiri onigiri dan tempura yang kamu inginkan. Lakukan pembayaran, lalu ambil sendiri saus dan pelengkap sebanyak yang kamu suka.

#HHTW Tip: Di lantai yang sama terdapat tempat ibadah untuk semua agama! Jangan lupa untuk membawa sendiri sajadah dan mukenamu.

Status halal: Tersertifikasi halal (oleh Malaysia Consultation & Training Agency)
Kontak: +81 476-32-7877
Jam operasional: 7.30 s.d 21.00 (pemesanan terakhir jam 20.30)
Alamat: Terminal 1 Bandara Internasional Narita, Lantai 5

16. Yoshitomoan Soba


Kredit: @i.nori_jp on Instagram

Soba adalah salah satu jenis mi Jepang yang populer. Perjalanan ke Jepang pun tak akan lengkap jika tidak mencoba soba otentik! Meski Yoshitomoan bukanlah restoran soba yang paling mudah dijangkau (perjalanan kereta selama 12 menit dari stasiun Shinjuku), tapi jika kamu punya waktu, maka kami sangat merekomendasikan kamu untuk datang ke sana dan mencoba soba yang disajikan bersama tempura ini!

Ada tiga pilihan menu ramah Muslim yang tersedia – Tamagotoji (telur) Soba Set, Agemochi (mochi goreng) Soba Set, atau Kake (regular) Set. Semua disajikan dengan tempura, tahu dingin, dan warabimochi sebagai hidangan pencuci mulut!

Status halal: Tersedia pilihan menu vegetarian. Menyediakan minuman beralkohol. Karena restoran ini belum tersertifikasi halal, pertimbangan untuk makan di restoran ini kami kembalikan kepada masing-masing pembaca.

Kontak: +81 3-3235-7177
Jam operasional:
Selasa sampai Minggu – 12.00 s.d 14.30, 18.00 s.d 21.00
Tutup di hari Senin serta hari Minggu pertama dan ketiga setiap bulannya.
Alamat: 10 Nandomachi,  Shinjuku-ku, Tokyo

17. Tentei

Kredit: @hiroki_imaoka on Instagram

Ingin makan tempura sebelum terbang kembali ke rumah? Pastikan kamu mengunjungi Tentei di Terminal 2 Narita Airport untuk mencoba tempura lezat yang disajikan dengan soba atau nasi sebelum kamu meninggalkan Jepang!


Kredit: @skeatravelife on Instagram

Tempuranya garing dengan adonan kulit yang tipis, sangat cocok dengan soba dingin. Jika kamu dalam keadaan lapar, kamu bisa memilih set menu yang disajikan dengan soba dingin dan tempura di atas nasi! Jika masih kurang, mereka juga menyediakan makanan Jepang lainnya seperti sashimi.

Status halal: Dapurnya tersertifikasi halal (oleh Malaysia Halal Consultation & Training Agency). Perlu diingat bahwa restoran ini juga menyajikan alkohol, namun semua gelasnya disimpan terpisah. Pertimbangan untuk makan di restoran ini kami kembalikan kepada masing-masing pembaca.

Kontak: +81 476-34-6133
Jam operasional: 7.30 s.d 21.00 setiap hari (pemesanan terakhir jam 20.30)
Alamat: Terminal 2 Bandara Internasional Narita, Lantai 4

Japanese Curry
18. La Toque

la toque japanese halal curry tokyo narita airport muslim
Kredit: @hudaaothman on Instagram

Butuh alasan lain untuk terbang dari atau menuju Bandara Narita? Well, selain udon halal dan tempura, Narita juga memiliki resto kari Jepang otentik – La Toque! Kamu tidak perlu khawatir jika kamu mendarat di Bandara Narita dalam keadaan perut kosong karena ada begitu banyak pilihan! Dari kari dengan potongan ayam hingga kari salmon, kamu pasti bisa menemukan makanan yang kamu suka di La Toque!

#HHWT Tip: Jika kamu ingin mencoba kari jepang di Tokyo, pastikan kamu mengunjungi Ippin di Asakusa. Selain ramen halal, mereka pun menyajikan kari spesial Ippin!

Status halal: Tersertifikasi halal (oleh Japan Halal Asosciation)
Kontak: +81 476-34-6193
Jam operasional: 7.30 s.d 20.30 setiap hari (pemesanan terakhir jam 20.00)
Alamat: Terminal 2 Bandara Internasional Narita, Lantai 4

19. CoCo Ichibanya (Akihabara and Shinjuku)

Sekarang kamu bisa menikmati kari Jepang halal CoCo Ichibanya Curry House! Outlet Akihabara dan Shinjuku ini merupakan cabang CoCo Ichibanya yang pertama kali mendapatkan sertifikasi halal! Outlet di Akihabara buka pada September 2017 lalu, sementara outlet Shinjuku baru saja dibuka pada tahun 2018.

Keduanya menerima sertifikasi dari Nippon Asia Halal Association (NAHA). Ayo, ingat kembali betapa nikmatnya nasi kari yang mereka sajikan.


Kredit: @mohammadazry on Instagram

Cek menu lengkap Coco Curry House untuk melihat menu kari apa saja yang bisa kamu nikmati! Kami tidak keberatan pergi ke Tokyo hanya untuk mencobanya, bagaimana denganmu?

Outlet Akihabara:
Status halal: Tersertifikasi halal (oleh Nippon Asia Halal Association)
Kontak: +81 3-6260-8667
Jam operasional: 11.00 s.d 22.00 setiap hari
Alamat: 1 chome-6, 1F Kanda Matsunagacho, Chiyoda-ku, Tokyo 101-0023

Outlet Shinjuku:
Status halal: Tersertifikasi halal (oleh Nippon Asia Halal Association)
Kontak: +81 3-6457-3782
Jam operasional: 11.00 s.d 22.30 setiap hari
Alamat: Kabukicho Shotengai Shinkou Kumiai Building B1, 1 Chome-19-3 Kabukicho, Shinjuku-ku, Tokyo 160-0021

Traditional Japanese Cuisine
 20. Minokichi – Cabang Ikebukuro

Siapa yang bisa menolak Kyoto Kaiseki di tengah kota Tokyo? Kaiseki adalah sajian tradisional Jepang yang terdiri dari beberapa jenis makanan. Setiap hidangannya dipersiapkan dengan teknik dan kemampuan khusus serta disajikan dengan tampilan yang menonjolkan rasa dan bahan khas musim itu. Berkat Minokichi, kamu bisa mencobanya di Ikebukuro. Tak hanya presentasinya yang cantik, bahan-bahan yang digunakan pun merupakan bahan terbaik musim itu sehingga kesegarannya terjamin!

Status halal: Minokichi telah tersertifikasi sebagai restoran ramah Muslim oleh Kyoto Council of Sharia and Halal Affairs. Reservasi untuk menikmati makanan halal di restoran ini harus dilakukan lima hari sebelum kedatangan.
Kontak: +81 03-3980-8855
Jam operasional:
Senin sampai Sabtu – 11.00 s.d 23.00
Minggu dan hari libur nasional – 11.00 s.d 22.00
*Tutup saat malam tahun baru serta hari Rabu ketiga di bulan Februari dan Agustus
Alamat: Spice Ikebukuro Tobu 15F, 1 Chome-1-25, Nishiikebukuro, Toshima-ku, Tokyo
Petunjuk arah: Sekitar 6 menit berjalan kaki dari jalur JR, Subway, atau Tobu Tojo stasiun Ikebukuro, keluar melalui pintu barat di Tobu Department Store.


21. Kappou Yama


Kredit: Halal Japanese restaurant Kappou Yama 割烹やま~ハラル和食~ on Facebook

Restoran ini memang terletak di Saitama yang berada di luar kota Tokyo. Namun, jika kamu benar-benar menyukai makanan Jepang, Kappou Yama wajib untuk kamu kunjungi! Orang-orang di balik Kappaou Yama mendedikasikan diri mereka untuk memperkenalkan makanan Jepang kepada umat Muslim. Mereka telah mencoba berbagai hal dan telah memasukkan sebanyak mungkin makanan Jepang populer kedalam daftar menu. Kamu hanya bisa bersantap di restoran ini jika telah melakukan reservasi, jadi jangan lupa untuk merencanakannya baik-baik, ya!

Status halal: Tersertifikasi halal (oleh Japan Halal Foundation)
Kontak: +81 04-8711-4119
Jam operasional: 19.00 s.d 21.00 (hanya dengan reservasi), tutup setiap hari Minggu
Alamat: 3 Chome-15 Uemine, Chuo-ku, Saitama-shi, Saitama, Tokyo 338-0014, Jepang

22. Sekai Cafe

Sekai memiliki misi untuk “melayani semua orang, termasuk orang yang memiliki batasan makanan terkait agamanya ataupun alergi”. “Sekai” berarti “dunia” dalam bahasa Jepang dan kafe ini ingin semua orang dari seluruh dunia untuk makan bersama di satu meja. Kafe nyaman yang terletak di Asakusa ini menyajikan berbagai makanan yang bisa dinikmati umat Muslim, vegetarian, orang dengan alergi, dan konsumen makanan organik! Kami suka sekali lamb steak dan pizza sayuran yang disajikan!

Sekai-Cafe-Lamb-Steak-halal-food-tokyo-asakusa

Sekai-Cafe-grilled-vegetable-pizza-halal-food-tokyo-asakusa

Jika kamu mencari souvenir, Sekai Café juga menyediakannya!

sekai-cafe-asakusa-muslim-friendly-souvenir
sekai-cafe-asakusa-interior-muslim-friendly

Baca juga review mendalam kami tentang kafe ini!

#HHWT Tip: Sekai juga menyediakan tempat untuk salat!

sekai-cafe-prayer-space-tokyo-muslim

Status halal: Menyediakan daging halal dan pilihan vegetarian
Kontak: +81 3-6802-7300
Jam operasional:
Minggu sampai Kamis – 9.30 s.d 20.00
Jumat, Sabtu, dan malam sebelum hari libur nasional – 9.30 s.d 22.00
Tutup di setiap hari Rabu kedua setiap bulannya.
Alamat: 1 Chome-18-8 Asakusa, Taito, Tokyo 111-0032, Jepang
Petunjuk arah: Jika kamu menuju Sekai Café dari Senso-ji, berjalanlah sekitar 50 meter di Nakamise Street dari arah Kaminarimon, lalu belok kiri. Di situ kamu bisa menemukan tanda Sekai Café yang berwarna biru-hijau.

Ketika kamu berkunjung ke Jepang, jangan lupa untuk mencari stiker #HHWT Recommends di berbagai restoran halal.

sekai-cafe-muslim-friendly-asakusa-hhwt-recommends-sticker

Semoga rekomendasi ini bermanfaat untuk perjalananmu di Tokyo! Beritahu kami kedai makanan Jepang halal apa lagi yang menurutmu layak untuk direkomendasikan. Jangan lupa untuk membagikan panduan ini ke keluarga dan teman-temanmu, ya!

*Restoran ramah Muslim – Meski restoran tersebut belum tersertifikasi halal, mereka memiliki sertifikasi ramah Muslim atau menu halal yang diciptakan dengan penuh pertimbangan akan tradisi Muslim. Namun, setiap restoran memiliki level dukungan yang berbeda, jadi silahkan konfirmasikan kembali dengan restoran tersebut sebelum kamu memutuskan untuk bersantap di sana.

Gunakan kode promo kami untuk mendapatkan diskon spesial dalam pembelian pertamamu di Klook: TRAVELHHWTID (diskon IDR 50,000).

 

There are no comments yet

Avatar
Plan trips better with our new mobile app!