icon
icon
article hero

6 Ide Seru untuk Habiskan Libur Tengah Minggu di Jakarta

AvatarName

Tiara  •  Dec 07, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Pemerintah menetapkan hari Rabu, 9 Desember 2020 sebagai hari libur nasional dalam rangka penyelenggaraan pilkada. Bagi warga Jakarta, libur tengah minggu ini bak oase di tengah gurun pasir. Supaya bisa kembali bekerja dalam keadaan segar Kamis nanti, kamu bisa melakukan hal menyenangkan pada libur tengah minggu ini. Bukan hanya pergi jalan-jalan ke luar kota, ada berbagai alternatif kegiatan seru yang bisa kamu lakukan seharian tanpa harus meninggalkan ibukota.
Walking tour
Selain hemat dan mudah, walking tour di Jakarta akan membawa kamu melihat lebih dekat sisi lain ibukota yang jarang kamu singgahi. Lebih baik lagi, walking tour ini bisa kamu lakukan sendiri tanpa pemandu. Cukup ajak beberapa teman, siapkan peta dan kamera, maka kamu pun siap menjelajahi Jakarta dengan walking tour atau bersepeda. Bahkan, ada beberapa rute walking tour yang bisa kamu lakukan sendiri.
Museum hopping
Berpindah dari satu museum ke museum lain adalah ide liburan di Jakarta yang mudah dan murah. Meski tanggal merah, kondisi tidak akan terlalu ramai karena tidak semua instansi libur. Selain museum, kamu pun bisa mampir ke beberapa tempat bersejarah lainnya seperti Masjid Istiqlal, Lapangan Banteng, dan monumen lainnya.
Belanja di tempat unik
 Selagi libur, manfaatkan waktu untuk belanja bulanan. Supaya lebih berkesan, kamu bisa mencoba berbelanja di supermarket unik di Jakarta. Misalnya di K-Mart Dharmawangsa yang menjual aneka bahan makanan Korea dan punya teokbokki yang lezat. Atau, kamu bisa ke supermarket Jepang untuk membeli aneka bahan segar khas Negeri Sakura. Kalau kamu ingin yang terjamin kehalalannya, kamu bisa belanja di Lulu Supermarket.
Staycation 
Kalau kamu ingin menghabiskan libur tengah minggu ini dengan bersantai, langsung saja pesan kamar hotel untuk staycation. Jakarta punya banyak pilihan hotel untuk staycation. Mulai dari hotel Instagramable, hotel ramah anak, sampai hotel dengan infinity pool!
Piknik
Manfaatkan hari libur tengah minggu ini dengan  menikmati udara luar. Bawa makanan kesukaanmu, ambil tikar, dan tancap gas ke ruang terbuka hijau terdekat untuk piknik! Ada banyak pilihan taman untuk piknik di Jakarta. Kalau kamu berangkat pagi-pagi, bukan tidak mungkin untuk piknik di pinggiran Jakarta seperti di Bogor atau Sentul untuk menghirup udara yang lebih segar.
Mencoba resep istimewa
Untuk kamu yang 'mager' dan hanya ingin di rumah saja, kamu bisa mentraktir diri sendiri dengan makanan enak. Eits, bukan pesan antar, melainkan memasak sendiri. Kapan lagi kamu bebas berkreasi di dapur dengan resep yang mudah dibuat. Kalau kamu berencana maraton drakor, buat saja jajanan Korea mudah sebagai teman nonton. Kalau kamu mau mengundang teman-teman, gelar saja Korean barbecue rumahan supaya lebih meriah. Ada berbagai cara untuk menikmati hari libur. Kalau kamu memilih untuk keluar rumah, jangan lupa untuk selalu memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan ya. Simak juga rekomendasi seru di Jakarta lainnya dalam artikel berikut ini: