icon
icon
article hero

5 Proyek Pribadi yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah Sambil WFH

AvatarName

Tiara  •  Jul 09, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Bagi sebagian orang, beraktivitas dari rumah tidak lebih mudah daripada kegiatan normal di luar rumah. Rasa bosan kerap berujung pada stres dan mengganggu kesehatan mental. Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat proyek yang menyenangkan di rumah. Kalau kamu belum punya hobi yang spesifik, proyek pribadi ini bisa kamu coba. Baca juga tips untuk beraktivitas selama pandemi dalam artikel berikut ini:

Hidroponik

Bercocok tanam menjadi salah satu hobi baru selama pandemi yang digemari. Selain baik untuk lingkungan, hidroponik juga mendorong ketahanan pangan di rumah. Selain membeli satu set alat hidroponik, kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan paralon dan wadah bekas air minum kemasan. Beberapa tanaman hidroponik yang populer untuk pemula antara lain adalah selada hijau, kangkung, sawi hijau, pakcoy, dan tomat. Temukan kepuasan tersendiri ketika masa panen nanti!

Macrame

Macrame juga menjadi hobi baru yang dimulai sejak pandemi. Seni kerajinan tangan dengan teknik simpul ini populer pada tahun 1970an dankembali naik daun seiring dengan tren dekorasi bernuansa tropis dan boho. Untuk membuatnya, kamu hanya butuh tongkat, tali katun, gunting, dan meteran. Sisanya, kamu bisa mengikuti tutorial di YouTube atau kelas kerajinan tangan online. Selain sebagai hiasan dinding, macrame juga bisa digunakan untuk alas gelas, gantungan pot bunga, sampai selimut!

Quran journaling

Menulis adalah sebuah bentuk terapi. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, Quran journaling bisa menjadi pilihan. Menulis jurnal Al Quran pada dasarnya adalah menuliskan kembali ayat-ayat Al Quran yang kamu baca dan menjadikannya refleksi mendalam. Pilih satu ayat Al Quran yang ingin kamu tulis. Pilihlah ayat yang sangat berhubungan dengan kondisi kamu saat menulis. Misalnya, ketika kamu baru saja  menerima kabar yang kurang baik, kamu bisa membaca dan menjurnal surat Al Baqarah ayat 216. Kamu pun tidak perlu menuliskan aksara Arabnya, cukup artinya saja. Tulis, lafalkan, dan refleksikan maknanya dalam kondisi kamu saat ini. Dengan demikian, kamu pun bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Simak cara Quran journaling selengkapnya di halaman ini.

Room makeover

Selama WFH, tidak jarang rumah menjadi berantakan karena area kerja bercampir dengan area pribadi. Kalau sudah begitu, sekalian saja lakukan proyek makeover untuk kamar atau rumah. Selain untuk mengganti suasana, kamu pun bisa menyalurkan energi berlebih dan mengalihkan pikiran dari rasa tidakmenyenangkan. Tidak perlu sekaligus, lakukan saja perlahan-lahan. Jika perlu, buat jadwal harian dan mingguan apa saja yang ingin kamu rapikan atau ubah susunannya. Di akhir minggu (atau bulan), rumah kamu sudah menjadi tempat dengan wajah baru!

Diary memasak

Untuk kamu yang sudah terbiasa memasak, kamu pun bisa menjadikannya lebih menyenangkan. Diary memasak ini bukan hanya membantu kamu menyusun menu harian, namun juga bisa membantu orang lain yang butuh inspirasi. Mulailah dengan menyusun menu mingguan, lalu lakukan meal prep alias menyiapkan bahan masakan sesuai jadwal. Jangan lupa, dokumentasikan prosesnya supaya bisa diunggah ke media sosial. Dengan demikian, kamu bisa bikin konten sambil mengerjakan tugas rutin di rumah!